Webinar Honda Kalbar Melakukan Edukasi Safety Riding

Pada hari Rabu kemarin tepatnya 26 Agustus 2020 Astra Motor Pontianak melakukan edukasi safety riding dengan target peserta siswa dan siswi SMK N 7 Pontianak pada yang berjalan secara webinar melalui aplikasi google meet. Dalam edukasinya honda kalbar mendapat banyak pertanyaan unik dari siswa dan siswi SMK N 7 Pontianak, siswa yang aktif memberikan kesan tersendiri ketika melakukan webinar.
Astra Motor Pontianak melakukan edukasi safety riding melalui webinar terhadap siswa siswi SMK N 7 di Pontianak, tak ketinggalan Honda Kalbar selalu mencari cara agar edukasi keamanan berkendara selalu dapat dilakukan demi memberikan informasi dan pengetahuan mengenai berkendara dengan baik.

Webinar Honda Kalbar Menjadi Salah Satu Cara Melakukan Edukasi Safety Riding
Webinar Honda Kalbar Menjadi Salah Satu Cara Melakukan Edukasi Safety Riding

Tingginya angka kecelakaan dapat karena jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya dan juga karena kelalaian manusia yang menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas. Data Kepolisian RI menyebutkan, pada 2012 terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang, dengan potensi kerugian sosial ekonomi sekitar Rp 203 triliun – Rp 217 triliun per tahun (2,9% – 3,1 % dari Pendapatan Domestik Bruto/PDB Indonesia). Sedangkan pada 2011, terjadi kecelakaan sebanyak 109.776 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 31.185 orang.

Hal ini sebaiknya kita cermati dengan seksama, yang mana kewaspadaan berkendara adalah menjadi hal yang utama, dan sebaiknya sebelum melakukan berkendara sepeda motor wajib mengasah skill dan kemampuan dan juga pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar atau safety riding.
Mengutamakan kesehatan saat melakukan edukasi safety riding saat ini, Honda Kalbar tak hilang akal untuk bisa melakukan edukasi secara tepat sasaran terhadap sekolah sekolah yang berada di Kalimantan Barat.
Dengan menggunakan aplikasi meeting online honda kalbar dapat melakukan edukasi dengan baik terhadap pesertanya, dengan memberikan hadiah pulsa terhadap siswa yang aktif dalam edukasi memberikan daya tarik sendiri pada siswa yang ikut edukasi untuk tetap aktif bertanya, menjawab dan memperatikan edukasi.
Selain melakukan edukasi safety riding secara daring Honda kalbar juga memberikan informasi menarik terkait AHMBS yaitu lomba karya tulis yang dapat di ikuti oleh SMA, SMK, MA, dan MAK yang berhadiahkan ratusan juta rupiah bagi mereka yang mendapat juara.

Febri Andrian yang merupakan Instruktur Safety Riding Kalimantan Barat mengungkapkan melakukan edukasi safety riding secara daring merupakan salah satu dari beberapa strategi Honda Kalbar untuk melakukakan edukasi keselamatan dalam berkendara agar tepat sasaran. “edukasi safety riding terhadap Sekolahan dilakukan secara daring demi tetap menjaga kesehatan para peserta edukasi, inilah salah satu cara kami melakukan edukasi dengan aman saat ini.” tutur Febri.

Mengendarai sepeda motor dengan aman dan selamat (safety riding) memang membutuhkan penguasaan teknik berkendara yang mumpuni. Hal tersebut tentunya harus dilandasi dengan perilaku berkendara yang baik dengan tetap mentaati peraturan berlalu lintas di jalan. Mengikuti pelatihan safety riding merupakan salah satu cara untuk para pengendara berlatih menguasai kendaraan ketika berkendara.

Pentingnya mengikuti pelatihan safety riding dimaksudkan juga untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat berkendara di jalan raya. Menurut Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani, kebanyakan pengendara di jalan saat ini bisa mengendarai kendaraan secara otodidak tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.

“Umumnya orang belajar naik sepeda motor secara otodidak, yang hanya sekedar bisa mengendarai sepeda motor saja tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar,” ungkap Agus Sani dikutip dari situs resmi Astra Honda Motor.

Kurangnya pengetahuan menguasai kendaraan, bisa jadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan. Catatan kecelakaan yang dimiliki oleh Korlantas Polri saat ini 73 persen kecelakaan yang terjadi di jalan melibatkan para pengguna sepeda motor. Faktor manusia atau ‘human error’ jadi faktor penyebab kecelakaan tertinggi. Faktor manusia bisa disebabkan oleh pelanggaran aturan berlalu lintas dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menguasai kendaraan di jalan.

Pelatihan safety riding jadi sarana yang baik, agar pengendara bisa mengetahui langkah-langkah bagaimana berkendara yang benar agar terhindar dari kecelakaan. Beberapa kategori pelatihan akan memberikan pengetahuan juga pengalaman bagi pengendara agar lebih siap sebelum memulai perjalanan dengan kendaraannya.

Terdapat dua kategori pelatihan safety riding, yaitu teori dan praktek. Dalam pelatihan teori diberikan materi pengetahuan dasar berkendara, materi seputar aturan berlalu lintas di jalan. Dalam pelatihan ini peserta diharapkan lebih waspada saat berkendara, memahami dasar-dasar berkendara dan bisa mematuhi aturan berlalu lintas.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *