4G LTE XL, Layani masyarakat di 45 kota/kabupaten di seluruh Sulawesi

Perluasan infrastruktur jaringan 4G LTE oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus dilakukan di wilayah Sulawesi dan kepulauan sekitarnya. Kini masyarakat di Sulawesi Tengah dan Gorontalo bisa ikut memanfaatkan layanan internet berkecepatan tinggi tersebut. Dengan demikian, saat ini total 45 kota/kabupetan di seluruh Sulawesi telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini. Keberadaan layanan 4G LTE di kedua provinsi di Sulawesi ini merupakan upaya XL Axiata dalam meningkatkan kualitas layanan serta merealisasikan komitmen untuk menyediakan jaringan data bagi masyarakat hingga ke pelosok-pelosok Tanah Air. Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE ini di Palu, Kamis (14/12).

BTS XL Axiata di Palu
4G LTE XL Axiata Kini Hadir
di Sulawesi Tengah dan Gorontalo
Layani masyarakat di 45 kota/kabupaten di seluruh Sulawesi

Desy mengatakan, “Sulawesi Tengah dan Gorontalo merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang besar dan dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan pembangunan yang sangat berarti. Hal ini pun tercermin dari tingginya peningkatan trafik layanan data di kedua area yang mencapai lebih dari 100% dalam setahun terakhir. Untuk itu, penyediaan jaringan layanan 4G LTE ini sekaligus juga merupakan jawaban atas harapan pelanggan dan masyarakat di kedua daerah untuk bisa segera memanfaatkan berbagai keunggulan dari layanan internet berkecepatan tinggi ini.”

 

Sementara itu, Group Head – Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, untuk wilayah Sulawesi Tengah, layanan 4G LTE sudah masuk di area Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Sigi yang didukung dengan total lebih dari 50 BTS 4G. Di Gorontalo ada area Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan total sekitar 40 BTS 4G. Perluasan berikutnya ditargetkan akan menjangkau juga Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pahuwato. Total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang menopang layanan di 45 kota/kabupaten mencapai lebih dari 600 unit BTS 4G dan masih akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan untuk perluasan yang peningkatan kualitas layanan seiring dengan terus bertambahnya pelanggan di masa mendatang.

Dalam perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi Tengah dan Gorontalo ini, XL Axiata menyesuaikan dengan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang yang sangat gencar dilaksanakan pemerintah. XL Axiata berharap tersedianya infrastruktur 4G LTE akan bisa mendukung percepatan pembangunan di bidang lainnya. Perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi masih akan terus dilakukan di tahun depan yang ditujukan untuk lebih menjangkau ke kota/kabupaten lainnya. Apalagi, di berbagai wilayah di Sulawesi terdapat daerah-daerah dengan potensi sumberdaya alam yang besar, baik pertambangan, pertanian dan perikanan, perkebunan, juga pariwisata. Layanan internet cepat 4G LTE akan mampu mendukung produktivitas bagi pelaku ekonomi di berbagai bidang industri dan tingkatan yang ada di kedua provinsi.

BTS XL Axiata di Palu
4G LTE XL Axiata Kini Hadir
di Sulawesi Tengah dan Gorontalo
Layani masyarakat di 45 kota/kabupaten di seluruh Sulawesi

Permintaan layanan Data yang berkualitas memang terus tumbuh di seluruh area Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Dalam setahun terakhir, trafik Data meningkat hingga lebih dari 170% di wilayah Sulawesi Tengah dan lebih dari 100% di wilayah Gorontalo. Tingkat penggunaan smartphone terutama 4G  oleh pelanggan di kedua provinsi, juga terus meningkat dan kini mencapai masing-masing lebih dari 50% dari total pelanggan di Sulawesi Tengah dan lebih dari 48% di Gorontalo. Sementara itu di seluruh Sulawesi, jumlah pelanggan dengan smartphone 4G terus meningkat dan kini telah mencapai 60%. Jumlah ini diyakini akan terus tumbuh di masa mendatang mengingat masyarakat setempat yang cukup adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

Saat ini secara nasional sebanyak 347 kota/kabupaten di seluruh Indonesia telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE (melebihi dari target 300 kota/kabupaten), termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara itu, hingga akhir Oktober 2017 pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat seiring dengan bertambahnya pelanggan yang menggunakan smartphone yang mencapai 70% dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai lebih dari 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total hampir mencapai 100 ribu BTS, termasuk lebih dari 44 ribu BTS 3G dan lebih dari 16 ribu BTS 4G.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

3 thoughts on “4G LTE XL, Layani masyarakat di 45 kota/kabupaten di seluruh Sulawesi

    Rani S

    (January 18, 2018 - 10:43 am)

    Mantap, LTE sudah sampai sulawesi

    YAHONSU

    (January 19, 2018 - 9:40 am)

    mantap nih pelayanan xl, 4G nya sampai tempat terpencil….

    Wahyumy Hiemmaningsih

    (March 30, 2018 - 1:31 am)

    Tidak hanya di sulawesi di lombok juga ada 4 G LTE XL…
    Apakah tidak loading lama di sulawesi? Soalnya di lombok sering banget loading lama..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *