Alasan Harus Memiliki All New Honda Scoopy

Jelang akhir tahun salah satu motor skutik besutan PT Astra Honda Motor (AHM) meluncur dengan tampilan baru yaitu All New Honda Scoopy. Motor skutik ini mendapatkan perubahan menyeluruh mulai desain, mesin, rangka, serta penambahan fitur canggih.

Alasan Harus Memiliki All New Honda Scoopy
Alasan Harus Memiliki All New Honda Scoopy

All New Honda Scoopy hadir dengan desain terbaru dan garis bodi S (shape) serta desain lekukan modern yang semakin menguatkan kesan unik dan berbeda. Desain lampu depan dan belakang juga mengalami perubahan yang semakin memperkuat simbol khas dari Honda Scoopy. Skuter matik ini banyak mengalami ubahan, baik dari sisi penampilan, rangka, hingga mesin. Selain itu, Honda menyematkan banyak teknologi terkini pada skuter matik yang sudah 10 tahun dipasarkan di Indonesia ini. All New Scoopy tipe Stylish yang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Key System atau keyless. Fitur serupa ini juga dapat ditemukan di varian Prestige. Sedangkan dua varian lainnya, Sporty dan Fashion, masih menggunakan anak kunci.

Medan yang digunakan untuk test ride adalah area terbuka dengan permukaan aspal. Area ini didesain sedemikian rupa dengan beragam jalur, mulai dari jalur lurus untuk menguji akselerasi mesin, hingga tikungan patah ke kiri maupun kanan dengan sudut sempit.

Area untuk menguji All New Scoopy ini cukup menantang, terutama untuk membuktikan bahwa skuter matik ini telah mendapatkan penyempurnaan pada rangka atau frame yang diklaim lebih stabil saat digunakan untuk bermanuver.

Fitur Baru Berlimpah
Penyematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan. Juga terdapat USB Charger model terbaru pada console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. Kombinasi terbaru panel meter digital kini hadir dengan layar LCD yang lebih besar. Mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time.

Juga tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis. Fitur unggulan lain pada All New Honda Scoopy juga dipertahankankan. Seperti desain pijakan kaki terbaru untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi. Model baru ini juga mengaplikasikan velg baru dual 5 spokes, 12 inch dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara.

Kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm Scoopy. All New Honda Scoopy memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

Kelebihan
Kelebihan paling utama dari All New Honda Scoopy yaitu penampilannya. Desainnya unik dari skutik kebanyakan. Seluruh aspek eksteriornya mengusung tampilan retro, berperawakan klasik nan elegan. Terlihat dari bodi serbabulat dipadu lampu senada, lengkap dengan beragam aksentuasinya. Grafis yang diberikan juga ikut mendukung unsur klasik.
Variabel fitur yang lebih lengkap juga menjadi kelebihan dibanding skutik lain di kelasnya. Pertama ia punya lampu depan LED yang disajikan dengan proyektor. Menghasilkan cahaya lebih terang dan lebih fokus ketika digunakan untuk mengemudi di siang atau malam hari. Pengisi daya atau power outlet 12W, berguna untuk mengisi daya gadget atau smartphone saat mengemudi. Berbekal fitur ini Anda tidak perlu takut kehabisan baterai gawai saat bepergian jauh. Kemudian ia memiliki bagasi luas dengan kapasitas 15,4 Liter, bisa untuk menyimpan barang berdimensi kecil macam sarung tangan, kacamata, botol minuman serta jas hujan.

Tidak kalah menarik, dirinya dibekali spidometer modern yang menggabungkan panel meter digital dan analog. Juga dilengkapi dengan Indikator ECO yang dapat menjadi panduan untuk mengemudi secara ekonomis. Ia juga memiliki fitur yang sama dengan mobil, yakni alarm untuk menghindari pencurian. Alarm terintegrasi dengan fitur Answer Back System yang membantu Anda menemukan posisi kendaraan saat berada di tempat parkir.

Kapasitas mesin Scoopy memang tidak sebesar skutik Yamaha Fino yang menggunakan kapasitas mesin 125 cc. Namun dibalik itu, sepeda motor ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dan telah didukung oleh teknologi eSP dan PGM-FI. Keiritan motor ini tidak lepas dari teknologi Idling Stop System (ISS) yang membuat mesin Scoopy dapat mati secara otomatis ketika berhenti selama lebih dari 3 detik. Anda cukup menarik tuas gas, maka mesin hidup kembali dengan suara yang sangat halus, berkat teknologi ACG Starter. Berbekal itu, konsumsi bahan bakarnya jadi lebih efisien.

Sistem pengeremannya sudah berteknologi Combi Brake System, ini juga menjadi kelebihannya. Memungkinkan rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Alhasil berkendara lebih aman dan nyaman. Kemudian ukuran bannya lebih kecil dibanding generasi sebelumnya. Ia menggunakan roda ring 12 inci dan dioptimalkan dengan ban tubeless tapak lebar yang memiliki ukuran 100 / 90 di depan dan 110 / 90 untuk belakang.

Masing-masing varian Scoopy punya karakter yang kental. Bedanya Stylish lebih elegan dengan paduan warna cokelat di bagian dek dan jok, sementara Sporty punya warna lebih berani yang dihiasi corak meriah. Secara total, All New Honda Scoopy hadir dalam delapan pilihan warna dan grafis; sporty black, white dan red serta stylish white red, matte brown, black, matte red dan white.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *