Anggota PCA mengikuti Pelatihan Publikasi Produk Kreatif dari Bekraf

Bekraf sedang gencar menggandeng asosiasi di bidang ekonomi kreatif dan  pengusaha muda untuk berkarya dengan memberikan pelatihan sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap perkembangan dunia wirausaha di Indonesia. Kali ini, tepatnya Pontianak, Kalimantan Barat yang mendapat kesempatan emas. Bekraf mengadakan pelatihan pelatihan “Publikasi Produk Kreatif” yang berlangsung selama dua hari di Hotel Harris, Pontianak. Saya beserta beberapa anggota PCA dan 100 orang wirausaha yang hadir sangat antusias mengikuti acara yang berbobot ini. Mendatangkan Danu Sofwan sang Radja Cendol dan Mafirza selaku ketua PCA (Pontianak Creative Association) Kalimantan Barat serta perwakilan dari pemerintah daerah Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Kartius.

Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif
Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif

Pelaku usaha ekonomi kreatif/UKM adalah jantung penggerak perekonomian Indonesia. Bisnis ini banyak kontribusi serta andil bagi badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara nasional. Pemerintah mengakomodir dengan melakukan kegiatan penambah ilmu pengetahuan pengusaha agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat. Para pelaku usaha ekonomi kreatif saat ini juga telah banyak berkembang dengan adanya platform media sosial  yang dihasilkan sebagai sarana promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif. Selanjutnya perlu dukungan bagi mereka untuk menggunakan dan pemanfaatan digital agar terus terhubung. Tidak hanya dari segi produk yang kreatif, tapi juga bagaimana cara pemasaran yang kreatif agar bisa menjadi lebih unggul dan tercipta ekosistem kompetisi yang sehat.

Saat kemajuan era teknologi seperti ini, para pelaku usaha harus mampu membidik peluang secara tepat dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, untuk mengembangkan pemasarannya agar menjangkau pasar yang lebih luas yakni dengan melibatkan media sosial. Maka dari ini Bekraf memandang perlu mengadakan pelatihan Publikasi Produk Kreatif

Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif
Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif

Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif

Publikasi product kreatif sangat penting untuk pemasaran kreatif. Usia produktif diperkirakan 60% dan 27%nya adalah orang muda. Penduduk muda Indonesia berpotensi menjadi pelaku kreatif. Akses teknologi informasi dan komunikasi sudah menjangkau lbh dari 90% populasi. Pelaku kreatif harus lebih mengoptimalkan teknologi utk kegiatan pemasaran produk kreatif. Pelaku kreatif harus merumuskan strategi. Pd tahun 2030 diperkirakan 135juta pnduduk Indonesia akan memiliki penghasilan bersih diatas US $ 3600. Jangan sampai ketinggalan. Pastikan bahwa kita menggerakkan ekonomi lewat inovasi yang kreatif. Mari bersemangat dan jadikan kesempatan ini bagi pengusaha muda bangkit

Data statistik mengatakan total populasi Indonesia 262 juta dengan pengguna internet aktif mencapai 51% atau sebesar 132 juta lebih. Untuk data pengguna sosial mencapai 106 juta sedangkan pengguna mobile phone mencapai 92 juta jiwa. Data lain yang mendukung adalah, Netizen di Indonesia merupakan yang teraktif di dunia. Menonton TV dengan lama waktu 132 menit/hari, smartphone 181 menit/hari, laptop 171 menit/hari dan tablet 110 menit/hari. Dari perkiraan perhitungan data statistik maka pengguna media sosial akan terus meningkat hingga119 juta orang. Sungguh angka yang menjanjikan untuk terus digarap.

Pelatihan Bekraf Publikasi Produk Kreatif
Anggota PCA mengikuti Pelatihan Publikasi Produk Kreatif

Kenapa pengusaha harus mulai melirik ke media sosial? Sudah banyak perubahan yang terjadi, Media sosial saat ini sudah bisa digunakan sebagai senjata menggapai keuntungan. Dengan media sosial, pengusaha dapat melek kebutuhan dan perkembangan pelanggan. Publikasi bisnis juga lebih mudah dengan sosial media, apalagi saat ini media sosial dapat dijadikan penghubung dan memperbaiki hubungan dengan costumer. Jumlah pengguna media sosial yang besar, dapat dijadikan lahan untuk peningkatan penjualan dan tentu akhinya meningkatkan brand awareness.

Pengusaha harus mampu mengamati tren yang ada dan tentunya juga harus mampu menyediakan konten berkualitas untuk sarana promosinya. Kemampuan melakukan analisa yang tepat dan melakukan prediksi menjadi hal wajib bagi pengusaha masa kini yang saling bersaing. Semoga pemerintah melalu Bekraf dan institusi lain terus mendukung pergerakan pengusaha muda untuk menjadi penjaga perekonomian Indonesia. Perjuangan baru dimulai. Maju terus pengusaha muda Indonesia.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

3 thoughts on “Anggota PCA mengikuti Pelatihan Publikasi Produk Kreatif dari Bekraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *