Aplikasi Untuk Nelayan “Laut Nusantara”

Kolaborasi antara Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah berhasil melahirkan aplikasi digital bernama “Laut Nusantara” yang bisa membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja masyarakat nelayan Indonesia. Aplikasi berbasis Android yang 100% buatan Indonesia ini mendapatkan dukungan data kelautan yang sahih dan real time. Setelah lebih dulu dikenalkan kepada komunitas nelayan beberapa waktu yang lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meluncurkannya di tengah-tengah komunitas nelayan Bali di Jembrana, Rabu (10/10). Launching ditandai dengan penyerahan secara simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara yang terdiri dari smartphone yang berisi aplikasi Laut Nusantara, sim card dengan paket data 1GB dan satu buku panduan penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada tiga nelayan Pengambengan, Bali.

Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan  Aplikasi Untuk Nelayan “Laut Nusantara”
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ( tengah ) bersama dengan Head Social Innovation Project, Siti Siswandari ( kiri ) dan Sekretaris Jenderal KKP, Nirlanto Perbowo (kanan) dalam acara peluncuran aplikasi digital Laut Nusantara dan penyerahan simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara yang terdiri dari smartphone yang berisi aplikasi Laut Nusantara, sim card dengan paket data 1GB dan satu buku panduan penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada tiga nelayan Pengambengan di Jembrana, Bali.

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc mengatakan bahwa aplikasi Laut Nusantara menyediakan berbagai informasi yang paling dibutuhkan oleh nelayan kecil, baik mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut. Menurutnya, aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi para nelayan kecil perorangan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini sangat mengandalkan hasil tangkapan untuk menopang kehidupan keluarganya sehari-hari. Informasi mengenai kondisi cuaca juga cukup lengkap yang akan menjadi panduan sekaligus peringatan bagi para nelayan untuk mempertimbangkan keselamatannya.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Aplikasi “Laut Nusantara” ini dibangun selama kurang lebih 5 bulan. Ini adalah aplikasi untuk nelayan yang kedua diluncurkan oleh XL Axiata, setelah sebelumnya disebut aplikasi “mFish”. Yang membedakan aplikasi “Laut Nusantara” dengan aplikasi sebelumnya adalah basis informasi yang lebih lengkap dan real time, serta sumber data sepenuhnya disuplai oleh data resmi dari BROL.

BROL sendiri merupakan satuan kerja pada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penelitian dan observasi sumber daya laut di bidang fisika dan kimia kelautan, daerah potensial penangkapan ikan, dan perubahan iklim, serta pengkajian teknologi kelautan.Riset kelautan terdiri dari tiga pilar, yaitu research excellent, masyarakat industri dan education. Hasil keluaran riset harusnya bukan hanya berwujud tulisan, tapi implementasinya harus sampai pada masyarakat, terutama nelayan sehingga manfaatnya dapat dirasakan dengan nyata. Adanya peluncuran Laut Nusantara yang merupakan bentuk hilirisasi produk unggulan BROL ini, dapat dikatakan merupakan dukungan terhadap terwujudnya tiga pilar tersebut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan  Aplikasi Untuk Nelayan “Laut Nusantara”
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ( tengah ) bersama dengan Head Social Innovation Project, Siti Siswandari ( kiri ) dan Sekretaris Jenderal KKP, Nirlanto Perbowo (kanan) dalam acara peluncuran aplikasi digital Laut Nusantara dan penyerahan simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara yang terdiri dari smartphone yang berisi aplikasi Laut Nusantara, sim card dengan paket data 1GB dan satu buku panduan penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada tiga nelayan Pengambengan di Jembrana, Bali.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus. Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.

Aplikasi “Laut Nusantara” sudah bisa dimanfaatkan sejak 30 Agustus 2018. Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data. Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator. Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai. Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Berikut fitur-fitur informatif yang tersaji di aplikasi Laut Nusantara:

1. Daerah penangkapan ikan

· Sebaran ikan

· Potensi sebaran ikan

· Data cuaca (arah angin, kecepatan angin, cuaca, tinggi gelombang pada koordinat tertentu)

· Status (aman, waspada dan bahaya) untuk melaut

2. Lapor Tangkapan

· Nelayan melaporkan hasil tangkapannya ke dinas dan pihak terkait

· Jenis Ikan

· Berat ikan yang ditangkap (kg)

3. Gelombang Perairan

· Informasi Gelombang Perairan Indonesia dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tentang arah

· Gelombang dan ketinggian gelombang.

4. Informasi angin

· Informasi arah angin perairan Indonesia dari BMKG

5. Informasi harga ikan pelabuhan

· Menampilkan data harga ikan dari data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan, Direktorat Jenderal

· Perikanan Tangkap, KKP, hal yang berkaitan dengan update data terbaru tidak berasal dari aplikasi ini.

6. Nama ikan dari 3 penamaan

· Nama Daerah

· Nama Inggris

· Nama Latin

7. Cuaca Perairan

§ Arah angin

§ Kecepatan angin

§ Curah hujan,

§ Kondisi cuaca

§ Tinggi gelombang pada koordinat tertentu

§ Anjuran (aman, waspada dan bahaya) untuk melaut

8. Informasi Pelabuhan

9. Perkiraan BBM

· Simulasi perkiraan BBM yang dibutuhkan bila ingin menuju titik tertentu.

· Simulasi besar biaya yang diperlukan bila ingin menuju titik tertentu

10. Chatting

§ Sarana untuk percakapan antarpengguna

Selain informasi berbasis data untuk meningkatkan produktivitas kerja, aplikasi Laut Nusantara juga menyajikan informasi yang bersifat edukasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya. Informasi dan data tersebut antara lain mencakup keberadaan terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran. XL Axiata dan BROL akan terus mengembangkan aplikasi ini sehingga manfaatnya bisa menjadi lebih luas lagi.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

15 thoughts on “Aplikasi Untuk Nelayan “Laut Nusantara”

    Okti Li

    (October 19, 2018 - 7:17 pm)

    Wah aplikasi bagus ini. Bukan hanya bermanfaat bagi nelayan tapi juga masyarakat umum. Keren ya inovasi Bu Susi dan instansi terkait. Semoga ini menambah wawasan kita serta menambah kesejahteraan para nelayan. Amin…
    Shih dari Agustus saya baru tahu akhir Oktober ini. Ketinggalan saya. Trims infonya Mas Don…

    Hotlas Mora

    (October 20, 2018 - 4:24 am)

    Wah ini penting banget nih. Masalah pangan di Indonesia jadi terpantau kalau gini. Nelayan pun jadi terbantu kalau diajarin aplikasi ini. Semoga bisa dipakai dengan baik oleh masyarakat. Coba ah download Laut Nusantara

    Rani Yulianty

    (October 20, 2018 - 9:02 am)

    Bangga banget dengan XL yang sudah membuat aplikasi nelayan laut nusantara sebagai bentuk peduli XL terhdap para nelayan, dengan aplikasi ini tentunya membantu para nelayan yang akan bertugas ke laut ataupun sedang bertugas di laut

    Nefertite Fatriyanti

    (October 20, 2018 - 1:21 pm)

    Keren ya, ada aplikasi buat nelayan,. dengan fitur selengkap itu.
    Pastinya akan meningkatkan pendapatan nelayan, karena ada peningkatan produktivitas.
    Semoga nelayan Indonesia makin maju

    Kurnia amelia

    (October 20, 2018 - 2:27 pm)

    Apliaksinya sangat bermanfaat ya terutama bagi nelayan. Ehh buat kita juga berguna sih jadi tau harga2 ikan juga hehe.

    Ida Tahmidah

    (October 20, 2018 - 7:47 pm)

    Wah keren ada aplikasi kayak gini buat nelayan, pertanyaannya apakah nelayan sdh banyak pke aplikasi2 online kyk gini mas…?

    Dzulkhulaifah

    (October 21, 2018 - 1:43 am)

    Whaaa keren banget aplikasi Laut Nusantara, beneran lengkap yaa dari daerah tangkapan sampai arah mata angim, curah hujan, dan lainnya. Kalau di darat kita pakai maps untuk tau jalanan mana yang lancar untuk menghindari macet, ternyata di laut para nelayan juga bisa dapat info area mana yang banyak ikannya. Sekali lagi, ini aplikasinya super keren!!

    Awan

    (October 21, 2018 - 2:36 am)

    Bagus juga ya Mas adanya aplikasi Laut Nusantara ini, jadi nelayan bisa mendapatlan informasi mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut. Keren nih, semoga banyak nelayan yang menggunakan aplikasi ini.

    Elly Nurul

    (October 21, 2018 - 3:55 pm)

    Kolaborasi yang apik, jaman digital memang harus diimbangi juga dengan kemudahan akses informasi yang aktual dan uptodate, semoga kolaborasi seperti ini bisa diikuti oleh kementerian yang lain

    Elly Nurul

    (October 21, 2018 - 4:04 pm)

    Sebuah kolaborani yang apik antara pihak swasta dengan pemerintah. Era digital seperti sekarang ini memang membutuhkan akses informasi yang cepat, tepat dan aktual, hingga memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkini. Semoga kolaborasi seperti ini juga diikuti oleh kementerian yang lain

    Tika Samosir

    (October 21, 2018 - 4:52 pm)

    Yang mana mas aplikasinya?
    Keren ya sekarang ini sudah ada aplikasi untuk laut.

    Novitania

    (October 22, 2018 - 12:00 am)

    Wah makin kesini makin kerennnnn. Salut deh. Mudah mudaha membawa perubahan ke arah lebih baik untuk nelayan indonesia

    Valka

    (October 22, 2018 - 3:18 am)

    Sebagai negeri kelautan, memang sudah seharusnya kita menjaga dan memanfaatkannya dengan sebaik2nya. Salah satunya ya melalui nelayan. Saya yakin bahwa dengan hadirnya aplikasi “Laut Nusantara” akan memberikan perubahan positif ke depannya. Mantap!

    Ira Hamid

    (October 22, 2018 - 4:19 am)

    lengkap yaa, fitur dari aplikasi Laut Nusantara ini. Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini tangkapan nelayan semakin banyak sehingga meningkatkan kesejateraan mereka, amiiin

    Elvina Yanti

    (October 29, 2018 - 2:40 am)

    Serius banget ini, Saya Buka pecinta Ikan, ataupun penikmat ikan bahkan jarang makan ikan. Awalnya malah nggak suka sama sekali. Tapi semakin kesini, di kasi ikan terus sama Ibuk jadinya suka dan emang untuk beberapa jenis saja. Sebelum di tenggelamkan Ibu Susi mari makan ikan xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *