Apresiasi Sales People Terbaik, Astra Motor Ajak Tour ke Malaysia

Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda menggelar acara “Sales People Awards Night 2019” untuk seluruh sales people terbaiknya. Bertempat di Gedung SMESCO jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, sebanyak 500 sales people Astra Motor menerima penghargaan yang berasal dari 12 jaringan Astra Motor di seluruh Indonesia yang meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kalimantan Barat, Balikpapan, Samarinda, Makassa (Sulselbartra-Ambon) dan Papua.

Apresiasi Sales People Terbaik, Astra Motor Ajak Tour ke Malaysia
Apresiasi Sales People Terbaik, Astra Motor Ajak Tour ke Malaysia

Acara awarding yang pertama kali dilaksanakan Astra Motor khusus untuk 500 sales people terbaik ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi serta meningkatkan kualitas dalam bekerja sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen setia motor Honda.

Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala mengatakan bahwa sebagai ujung tombak dari bisnis penjualan sepeda motor Honda, sales people Honda telah memberikan kinerja terbaiknya dan berhasil menghadapi berbagai macam konsumen di lapangan.

“Sales people yang telah menunjukkan performa terbaik, dipilih untuk menghadiri acara ini sebagai penghargaan atas kontribusinya terhadap penjualan sepeda motor Honda di jaringan Astra Motor selama ini,” ungkap Sigit Kumala.

Sigit Kumala juga menambahkan bahwa penghargaan ini digelar khusus bagi counter sales dan salesman yang fokus terhadap penjualan reguler, Sport Winning Army Team (SWAT) fokus pada penjualan disegmen sport serta Wing Sales People (WSP) fokus penjualan pada segmen premium sepeda motor Honda.

500 sales people terbaik pun dipilih berdasarkan kinerja penjualan selama 1 tahun terakhir, kemampuan dalam penguasaan product knowledge serta hasil training development yang telah diikuti para sales people selama ini. Penghargaan untuk sales people ini pun dibedakan menjadi 2 kategori yaitu kategori silver dan gold.

Setelah melalui tahapan seleksi, Astra Motor menentukan 400 sales people menerima penghargaan kategori silver sekaligus diajak untuk berkunjung ke pabrik Astra Honda Motor yang berlokasi di Cikarang serta menikmati destinasi wisata di kota Jakarta, Ancol.

Apresiasi Sales People Terbaik, Astra Motor Ajak Tour ke Malaysia
Apresiasi Sales People Terbaik, Astra Motor Ajak Tour ke Malaysia

Astra Motor juga memberikan apresiasi kepada 100 sales people terbaik penerima kategori Gold dengan mengajak sales people Tour ke Malaysia yang didampingi langsung oleh TOP Manajemen Astra Motor.

“Kami berharap, penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi sales people untuk terus berkreasi, bekerja keras dan berinovasi untuk memberikan melayani konsumen setia motor Honda”, tutup Sigit Kumala.

Strategi Pemasaran Penjualan Motor

Adapun strategi yang diambil antara lain, pertama sales person harus mengerti setiap hal tentang jenis motor yang akan ditawarkan. Sebagai sales person harus tahu tentang kelemahan dan kekuatan jenis motor yang ditawarkan, agar nantinya dapat menjawab pertanyaan konsumen. Seorang yang bertugas dalam penjualan juga harus mampu menjelaskan keunggulan motor yang ditawarkan, dibandingkan dengan merk lain.

Percaya diri juga harus dimiliki tenaga penjualan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda yakin jika motor yang Anda tawarkan memang layak untuk dijual. Sikap tersebut pada akhirnya juga akan berpengaruh pada proses penjualan. Konsumen akan merasa terkesan dan akhirnya yakin untuk membeli motor tersebut. Sales person juga harus pandai merayu, ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan konsumen.

Strategi sales motor juga dapat dilakukan dengan meyakinkan kepada konsumen bahwa motor yang ditawarkan ini produk terbaik. Jika perlu, lakukan juga promo harga, sehingga konsumen merasa bahwa mereka dapat membeli produk terbaik dengan harga rendah. Langkah ini juga dapat mendatangkan pelanggan, karena mereka yakin terhadap motor yang ditawarkan.

Memaksimalkan penjualan juga dapat dilakukan dengan rajin melakukan promosi. Hal ini dapat dilakukan melalui media sosial, pengadaan pameran, atau datang langsung ke lingkungan masyarakat misalnya pasar atau pusat perbelanjaan lainnya yang memungkinkan dilakukan penawaran. Media sosial dipilih sebagai salah satu sarana untuk promosi karena sebagian besar orang telah mengenal media ini, sehingga akan memungkinkan untuk orang melihat iklan promosi penjualan motor melalui media ini.

Promosi yang dilakukan di pusat perbelanjaan, kemungkinan besar akan menarik banyak konsumen. Pusat perbelanjaan ini merupakan tempat banyaknya orang berlalu lalang. Sehingga diharapkan akan ada banyak konsumen yang melihat adanya promosi ini. Kemudian akan memunculkan ketertarikan konsumen terhadap produk motor yang ditawarkan.

Sales motor juga dapat dimaksimalkan dengan memperbaiki kerja tenaga penjualannya. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan pelatihan. Tenaga penjualan dilatih sedemikian rupa, diberikan bekal mengenai cara penjualan yang baik. Penjualan yang lebih mengutamakan pelayanan konsumen, akan lebih banyak menarik konsumen untuk datang.

Tenaga penjualan juga sebaiknya diberikan pengetahuan mendalam mengenai motor yang akan ditawarkan. Jika dari pihak penjualan saja tidak mengerti mengenai jenis motor, manfaat, kekuatan, dan kelemahan motor tersebut, bagaimana mungkin akan meyakinkan konsumen. Ini merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki seorang tenaga penjualan, agar dapat menjawab pertanyaan dari konsumen.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *