Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Astra Motor Pontianak sebagai Main Dealer Sepeda Motor Honda di Kalimantan Barat kembali mengadakan Ajang tahunan yang bergengsi  Astra Honda Technical Skill Contest ke 26, Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui serta meningkatkan skill para mekanik dalam melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda serta meningkatkan skill berkomunikasi serta layanan seorang Service Advisor ( SA ) ke konsumen. Di mana kegiatan ini di bagi menjadi 3 tahap proses penyaringan sampai di dapat yang Terbaik… Tahap penyisihan di mulai tanggal 22 – 27 April yg di ikuti 93 mekanik dengan prasyarat minimal telah memegang Sertifikat TTL2 & 15 Service Advisor, tahap ini peserta wajib megikuti Ujian Teori Online di masing2 AHASS yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat.

Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019
Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Tahap berikutnya di laksanakan di Main Dealer Training Centre Astra Motor Pontianak, Peserta di dapat dari hasil penyisihan di mana sebanyak 33 Mekanik lolos mengikuti Sub Regional dengan Ujian Teori Online & Praktek Meja pada tanggal 17 – 18 Juni 2019…

Kemudian sebanyak 11 Mekanik & 5 Service  Advisor lolos Mengikuti Technical Skill Contest Regional di Main Dealer Training Centre Astra Motor Pontianak, di mana pada tingkat ini mekanik harus melewati beberapa Ujian Teori, Praktek Meja Serta Trouble Shooting dan Untuk Service Advisor Juga Sama tetapi ada tambahan roleplay untuk melihat skill seorang SA dalam berkomunikasi dalam melayani konsumen.

Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019
Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Sehingga di dapatlah Mekanik & Service Advisor Terbaik di kalimantan barat yang nanti nya akan mewakili Mekanik & Service Advisor Kalimantan Barat tampil di ajang tingkat Nasional… Mereka akan bertarung melawan Mekanik & Service Advisor terbaik Se Indonesia, Sehingga mohon dukungan serta support semua pihak agar Mekanik & Service Advisor kita dapat mengharumkan nama Kalimantan Barat   di kancah Nasional.

Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019
Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Para Pemenang Astra Honda Technical Skill Contest Regional Kalimantan Barat 2019

Kategori Mekanik :

  1. Ridwan

AHASS Bintang Motor Pontianak

  1. Khairul Kabri

AHASS Rizky Motor Sambas

  1. Suherman

AHASS Astra Motor Imam Bonjol

Kategori Service Advisor :

  1. Mohamad Rivaii

AHASS Daya Motor Sekadau

  1. Tino

AHASS Astra Motor Singkawang

  1. Stevanus Prasasto Eko Wahyudi

AHASS Tri Mandiri Sejati Pontianak

Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019
Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Uji Kompetensi Sesuai Perkembangan Teknologi

Kompetisi ini tentu saja memberikan kesempatan bagi semua teknisi untuk unjuk gigi dan diakui kemampuannya. Ini demi pelayanan kepada konsumen agar lebih baik dan terus terstandar. Setiap kelas yang dilombakan pada kompetisi AH-TSC 2018 mengadopsi pembaharuan uji kompetensi sesuai perkembangan teknologi sepeda motor Honda. Uji kompetensi dirancang dengan mengacu pada impelementasi Injeksi PGM-FI Honda dan teknologi motor Honda terbaru. Kalibarasi pengujian untuk teknisi meliputi uji teori, analisa masalah, pratik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, serta bongkar pasang, dan penanganan masalah pada kendaraan. Untuk para Service Advisor, mereka diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan serta sisi praktik melayani konsumen.

Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019
Astra Honda Adakan Technical Skill Contest 2019

Banyak sekali tantangan yang dirasakan oleh para peserta. Paling besar adalah tantangan mental. Paling sulit pengerjaan yang belum biasa dikerjakan, seperti HISS (Honda Ignition Security System), karena belum ada kejadian kunci motor hilang. Di sini harus dipraktikkan bagaimana caranya mengganti kunci yang hilang. Jarang dikerjakan karena motor cenderung masih baru. Kuncinya adalah sabar, sabar menghadapi segala macam karakter konsumen. Pokoknya jangan memotong konsumen bicara. Biarkan dia keluarkan unek-unek semuanya. Setelah itu baru kita kasih informasi dan masukan. Pokoknya kita harus tenang, jangan ikut kepancing emosi saat konsumen komplain, anggap mereka teman.

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *