Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura  

Team Honda Safety Riding Astra Motor bersaman Satlantas Pontianak Kota berikan sosialisasi edukasi Safety Riding kepada siswa/i SMPN 20 Pontianak Utara , Rabu (17/07) yang dihadiri sekitar 50 an siswa/i. Edukasi safety riding yang dilakukan Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat, Astra Motor gencar melakukan kampanye #Cari_aman ke berbagai golongan masyarakat mulai dari TK hingga perguruan tinggi, komunitas sepeda motor, dan berbagai perusahaan.

Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura   
Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura

Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya. “Dalam hal edukasi kami tidak pandang bulu, seluruh golongan masyarakat kami upayakan mendapat edukasi safety riding. Khusus bagi siswa/I Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pontianak Utara, kami berupaya menanamkan benih pemahaman agar ketika dewasa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas,” papar Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor.

Lebih lanjut dikatakan Dony, langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor. “Kami berharap pelajar sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor, untuk itu kami menghimbau orang tua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia,” kata Kompol Salbiyah selaku Kasat Lantas Pontianak Kota

Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura   
Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura

Dalam kegiatan ini juga pihak astra motor memberikan Helm dan Jaket #Cari_aman kepada Siswa/I SMPN 20 Pontianak Utara yang beruntung bisa menjawab pertanyaan dari Kasat Lantas Pontianak Kota Ibu Kompol Syf Salbiyah nanti nya bisa digunakan saat berpergian ke luar rumah menggunakan kendaraan.

Hampir semua orang bisa mengendarai sepeda motor, tapi tak semua orang memahamai cara mengendarai sepeda motor dengan benar dan aman. Banyaknya kecelakaan yang melibatkan para pengendara roda dua, akhirnya kembali mencuatkan aksi untuk berkendara secara aman di jalanan. Bermunculannya pusat pelatihan safety riding, terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura   
Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura

Seluruh materi yang diberikan oleh instruktur, ternyata cukup berguna bagi para pemotor ketika sedang mengendarai sepeda motor di jalanan. Materi safety riding bagi pengendara sepeda motor secara umum yang diberikan pada para peserta terdiri dari slalom, pengereman, melewati papan titian, dan juga rintangan bergelombang. Berikut ini merupakan manfaat dari pelatihan safety riding

Latihan-latihan untuk safety riding bisa dilakukan oleh semua pengendara motor di area terbuka yang luas, tanah lapang, atau area parkir. Sementara itu, ada dua hal tambahan yang patut diperhatikan di luar dari materi pengajaran, yaitu pengecekan kondisi sepeda motor dan memerhatikan kondisi tubuh pengendara sepeda motor.

Pengecekan Kondisi Sepeda Motor

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk selalu mengecek kondisi sepeda motor Anda. Aspek kondisi sepeda motor juga termasuk ke dalam materi safety riding. Sepeda motor dikatakan dalam kondisi fit apabila rem dan lampu-lampu, termasuk lampu sein, berfungsi dengan baik. Selain itu, cek juga tekanan angin di kedua ban agar sesuai dengan yang dianjurkan. Pergunakan dua buah kaca spion yang asli dan bukan tempelan, karena spion berfungsi untuk melihat dengan jelas posisi kendaraan lainnya yang ada di belakang. Selanjutnya, cek kelengkapan sepeda motor lainnya, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

Periksa Kondisi Tubuh

Aspek yang tak kalah penting dari safety riding yaitu soal kondisi tubuh yang prima. Selain melakukan pengecekan kondisi sepeda motor, ada baiknya untuk memastikan kondisi tubuh dalam kondisi yang baik sebelum berkendara. Kondisi tubuh yang prima, sanggup menghindari terjadinya kejadian yang tak diinginkan saat sedang berkendara. Selain itu, kondisi tubuh yang fit membuat Anda merasa aman dan nyaman ketika sedang berkendara. Hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum berkendara adalah melihat kelengkapan surat-surat, seperti SIM dan STNK.

Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura   
Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura

Jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian ( Hp. 085249819160 ). TANPA DI PUNGUT BIAYA

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *