Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP – PGRI Pontianak

Dalam rangka meningkatkan tertib berlalu lintas di kalangan mahasiswa, Satlantas Kapolresta Pontianak Kota bekerjasama dengan Astra Motor Pontianak beserta jajaran terkait di pemerintahan Kota Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Goes To Campus dengan tema “ Kampus Pelopor Tertib Berlalu Lintas “ untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada mahasiswa/i yang datang dari perwakilan fakultas IKIP-PGRI. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 11 Desember 2018 di Halaman IKIP – PGRI Pontianak yang diikuti oleh 100 an mahasiswa/i.
Kegiatan ini peserta yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan mulai apel gabungan pagi yang di ikuti mahasiswa, dinas perhubungan Kota Pontianak, PT. Jasa Raharja Kalbar serta anggota Lantas Poresta Pontianak Kota, Diskusi Panel Keselamatan, Layanan perpanjangan SIM, pemeriksaan kesehatan gratis serta Praktek Safety Riding yang di pandu oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor dan di lanjutkan pemasangan PIN Pelopor Tertib Berlalu Lintas kepada Mahasiswa/i Kampus IKIP – PGRI Pontianak.

Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP  PGRI Pontianak
Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP PGRI Pontianak

Dalam kegiatan ini Mahasiswa/I yang hadir mengikuti pembekalan praktek keselamatan berkendara mulai dengan penggunaan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan, teknik berkendara yang benar serta postur tubuh yang disarankan saat berkendara.
Tak lupa team Honda mendatangkan layanan Service Mobile guna membantu pengecekan perawatan sepeda motor para mahasiswa/I yang hadir secara gratis bagi mahasiswa/I yang menggunakan motor Honda dalam kegiatan tersebut.

Instruktur Safety Riding Astra Motor, Dony Adrian mengatakan mahasiswa/i memiliki peranan penting dalam upaya mengkampanyekan keselamatan berkendara untuk menekan angka kecelakaan lalulintas. Mahasiswa/i memiliki sikap yang cenderung homogen dan mudah dalam memberikan pengaruh kepada rekan mahasiswa/i lainnya. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan mahasiswa pelopor keselamatan berkendara yang hadir dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada mahasiswa/i lainnya ” ungkap Dony.

Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP  PGRI Pontianak
Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP PGRI Pontianak

“ Kita sebagai mahasiswa/i yang taat hukum, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Windi salah satu peserta.

Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP  PGRI Pontianak
Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP PGRI Pontianak

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Safety Riding
Mengendarai sepedamotor dengan aman dan selamat (safety riding) memang membutuhkan penguasaan teknik berkendara yang mumpuni. Hal tersebut tentunya harus dilandasi dengan perilaku berkendara yang baik dengan tetap mentaati peraturan berlalu lintas di jalan. Mengikuti pelatihan safety riding merupakan salah satu cara untuk para pengendara berlatih menguasai kendaraan ketika berkendara.

Pentingnya mengikuti pelatihan safety riding dimaksudkan juga untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat berkendara di jalan raya. Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, kebanyakan pengendara di jalan saat ini bisa mengendarai kendaraan secara otodidak tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.
“Umumnya orang belajar naik sepeda motor secara otodidak, yang hanya sekedar bisa mengendarai sepeda motor saja tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar,” ungkap Agus Sani.

Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP  PGRI Pontianak
Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP PGRI Pontianak

Kurangnya pengetahuan menguasai kendaraan, bisa jadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan. Catatan kecelakaan yang dimiliki oleh Korlantas Polri saat ini 73% kecelakaan yang terjadi di jalan melibatkan para pengguna sepeda motor. Faktor manusia atau ‘human error’ jadi faktor penyebab kecelakaan tertinggi. Faktor manusia bisa disebabkan oleh pelanggaran aturan berlalu lintas dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menguasai kendaraan di jalan.
Pelatihan safety riding jadi sarana yang baik, agar pengendara bisa mengetahui langkah-langkah bagaimana berkendara yang benar agar terhindar dari kecelakaan. Beberapa kategori pelatihan akan memberikan pengetahuan juga pengalaman bagi pengendara agar lebih siap sebelum memulai perjalanan dengan kendaraannya.

Terdapat dua kategori pelatihan safety riding, yaitu teori dan praktek. Dalam pelatihan teori diberikan materi pengetahuan dasar berkendara, materi seputar aturan berlalu lintas di jalan. Dalam pelatihan ini peserta diharapkan lebih waspada saat berkendara, memahami dasar-dasar berkendara dan bisa mematuhi aturan berlalu lintas.
Pada pelatihan praktek, peserta akan dihadapkan dengan materi pelatihan Braking, Slalom Course dan Narrow Plank. Di pelatihan Braking, peserta akan diajarkan teknik melakukan pengereman yang aman dan efektif. Pada Slalom Course peserta pelatihan diminta untuk menguasai pengendalian dan keseimbangan sepeda motor dengan melintasi area track khusus yang sudah dipersiapkan tanpa menyentuh garis batas dan menurunkan kaki.
Pada materi pelatihan Narrow Plank atau papan keseimbangan, merupakan materi pelatihan yang dirasa cukup sulit. Pasalnya, para peserta diminta melintasi sebuah lintasan titian yang dibuat dari plat logam dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 30 centimeter. Di papan keseimbangan ini para peserta harus menjaga keseimbangan mengendarai sepeda motor dengan lambat.

Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP  PGRI Pontianak
Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP PGRI Pontianak

“Semakin lambat dan bisa menjaga keseimbangan dengan tidak menurunkan kaki saat melintasi narrow plank, poin yang didapat pun semakin tinggi. Patokan waktu untuk melintasi narrow plank adalah 30 detik,” jelas Agus Sani.
“Belajar keseimbangan itu penting dan amat bermanfaat waktu di jalan. Termasuk untuk menghadapi kemacetan lalu lintas maupun manuver lain seperti menikung atau mendahului,” imbuh Agus Sani.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “Astra Motor Edukasi Safety Riding IKIP – PGRI Pontianak

    […] Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat, Astra Motor gencar melakukan kampanye #Cari_aman ke berbagai golongan masyarakat mulai dari TK hingga perguruan tinggi, komunitas sepeda motor, dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *