Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak ( Astra Motor ) mempersiapkan agent safety riding dengan mengajak perwakilan Community Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community) untuk mengikuti pelatihan  Safety Riding Astra Motor. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 yang berlokasi di Halaman Gudang Astra Motor Pontianak ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan community Honda di Kalimantan Barat.

Kegiatan ini merupakan program Astra Motor untuk mengurangi resiko kecelakaan di kalangan komunitas motor serta mencetak Agent safety riding dari Community Honda di Kalbar. Seluruh peserta di bekali dengan berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kesadaran dalam berkendara. Untuk selanjutnya, mereka yang sudah teredukasi dapat menularkan virus keselamatan kepada member club lainnya.

Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community
Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian mengatakan, Community mempunyai peran yang penting dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli untuk keselamatan biker lainnya dilingkungan community. Advisor Safety Riding dari Community nanti nya akan menjadi duta Safety Riding Honda dan menjadi role model untuk bagi Community lainnya.

Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community
Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

“Pelatihan Safety Riding Ini merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan/skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error. ” ungkap Dony.

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti pelatihan dan kompetisi. Mulai dari pengetahuan mengenai peraturan lalulintas, praktek yang meliputi tehnik menikung, tehnik berbelok, tehnik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan di jalur yang sudah disiapkan.  “Ini merupakan pelatihan yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam pelatihan ini.“ Ungkap Febri salah satu peserta kompetisi.

Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community
Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

Nah. Apa yang harus dilakukan saat berkendara di Jalan raya, saya punya tips menarik yang bisa dilakukan di jalan raya

Ikuti Arus Lalu Lintas

Pengendara yang disiplin harus ikuti arus jalan raya dan ramb-rambu yang benar sesuai dengan ketentuan. Karna bila anda tidak mematuhi ketentuan jalan raya mungkin saja kamu dijerat pasal hukum serta Undang-undang tentang Transpotasi. Tidak cuma itu saja, dengan menaati ketetapan jalan raya yang ada kamu akan terlepas dari banyak hal yg tidak diinginkan.Atur Kecepatan Berkendara

Berkendara dengan kecepatan tinggi memang bisa tapi cermati pengendara lain yang berada di samping kanan kiri, Mereka juga memerlukan jalan sebagia kendaraan mereka.

Seringkali Check Kaca Spion Anda

KACA SPION berfungsinya untuk melihat kendaraan lain yang ada dibelakang, jika kalian ingin belok atau waktu kalian juga akan menyebrang ke persimpangan gunakan kaca spion.

Pakai Jalur Kanan Untuk Mendahului

Sudah jadi ketentuan jalan raya yang sudah di tentukan dalam Undang-undang Transportasi untuk menggunakan jalur kanan untuk mendahului mobil dan motor. Hal seperti ini memiliki maksud untuk mengindari yang namanya kecelakaan dan kemancetan.

Janganlah Menggunakan Hp

Janganlah menggunakan Hp saat berkendara karna bisa menggangu Konsentrasi anda saat dijalan raya. Berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk hindari kemancetan dan kecelakaan jika ingin menggunakan handphone.

Istirahat Bila Mengantuk

Jila anda merasa mengantuk serta capek sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Dan bisa teruskan perjalanan kembali jika badan sudah terasa fit.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *