Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman

Pada hari Senin tepatnya tanggal 26 Oktober 2020 Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman Kepada Siswa dan siswi SMK N 4 Pontianak dengan menggunakan sistem Webinar. Banyak pertanyaan dari siswa dengan bagaimana cara melewati musim hujan dengan #Cari_Aman, diskusi ringan dalam berkendara yang seharusnya dilakukan, serta kuis berhadiah.

Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman
Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman


Edukasi Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman menjadi topic edukasi untuk bulan Oktober ini di Kalimantan Barat, untuk mengurangi tingkat kecelakaan curah hujan di Indonesia Astra Motor Kalimantan Barat berkerja sama dengan Astra Honda Motor dalam mengedukasi masyarakat dari setiap rana sekolah, perusahaan, instansi, masyarakat umum, hingga komunitas Honda. Khusus pada kali ini Astra Motor Mengedukasi siswa dan siswi SMK N 4 Pontianak.
Dalam edukasi kali ini Astra Motor Kalimantan Barat selaku pelopor keselamatan dalam berkendara mengedukasi ringan tentang keselamatan berkendara bersama siswa dan siswi SMK N 4 Pontianak mengenai bagaimana Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman. Banyak siswa yang bertanya dalam edukasi pada kali ini yang menjadikan suasana edukasi lebih berwarna dengan segala pertanyaan yang beraneka ragam tentang keselamatan berkendara.


Edukasi yang dilakukan dengan cara Webinar Online ini menjadi pilihan terbaik agar penyampaian kepada peserta berjalan dengan baik dan untuk mendukung protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah. Dalam edukasinya Astra Motor Kalimantan Barat mengajak SMK N 4 Pontianak untuk bermain games berisi pengetahuan tentang keamanan berkendara agar Driver menjadi terbiasa dalam mengenal keamanan berkendara.
Antofany Yusticia yang merupakan Manager Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan dalam edukasi kali ini Astra Motor Kalimantan Barat mengangkat Lewati Musim Hujan Dengan #Cari_Aman Untuk siswa dan siswi SMK N 4 Pontianak agar para siswa dan siswi paham dan mengerti keselamatan berkendara walaupun saat hujan turun “Astra Motor Kalimantan Barat selalu melakukan eduakasi cari aman atau keselamatan berkendara setiap bulannya, dan khusus pada bulan ini kami mengedukasi safety riding dengan tema lewati musim hujan dengan #Cari_Aman agar siswa dan siswi tetap selalu #Cari_Aman ketika berada di jalan.” tutur Antofany Yusticia.


Nah berikut ini kita akan membahas mengenai tips aman berkendara sepeda motor saat hujan.

  1. Gunakan Jas Hujan Mode Single
    Menggunakan jas hujan model single menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikanya penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor. Dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor seperti saat tidak terjadi hujan.

Tidak ada salahya jika membawa jas hujan dobel daripada membawa jas hujan tandem yang mungkin juga tidak terlalu efektif untuk menangkal air hujan.

  1. Jangan Asal Rem Saat Hujan Turun
    Kondisi jalan ketika hujan sudah tentu basah bukan? Ketika kondisi jalan yang basah tentunya akan lebih licin daripada jalan yang kering. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Hal yang harus kamu hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah sebagai berikut:
    Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman. Jaga jarak dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak. Teknik rem yang benar saat hujan adalah dengan melepas tuas gas pada jarak aman kemudian sedikit demi sedikit rem ditekan sehingga berhasil memperlambat sepeda motor dengan aman.
  2. Pastikan Menyalakan Lampu
    Peraturan sekarang memang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya. Penggunaan lampu merupakan langkah yang baik agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.
  3. Lebih Baik Berhenti Jika Keadaan Memburuk
    Jika hujan yang turun terlalu lebat dan jarak pandang menjadi berkurang ada baiknya jika kamu berhenti saja bro. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat atau mengistirahatkan badan, hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya. Jarak pandang yang menjadi terbatas, sehingga membuat kewaspadaan kita menurun. Dengan begitu resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan akan menjadi lebih besar.
    Untuk itu solusi yang paling tepat adalah berhenti sejenak dan istirahat sejenak untuk menunggu hujan reda dan kondisi hujan membaik.
  4. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berkendara
    Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan yang ada akan tergenang air, dimana kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya kita wajib meningkatkan kewaspadaan kita dalam berkendara dalam kondisi hujan. Dengan menjadi lebih waspada tentunya kita menjadi lebih berhati – hati.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *