Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

Team Honda Safety Riding Astra Motor berikan sosialisasi edukasi Safety Riding kepada siswa/i MTsN 02 Pontianak , Selasa (22/01) yang dihadiri sekitar 70 an siswa/i.

Edukasi safety riding yang dilakukan Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat, Astra Motor gencar melakukan kampanye #Cari_aman ke berbagai golongan masyarakat mulai dari TK hingga perguruan tinggi, komunitas sepeda motor, dan berbagai perusahaan.

Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya.

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

“Dalam hal edukasi kami tidak pandang bulu, seluruh golongan masyarakat kami upayakan mendapat edukasi safety riding. Khusus bagi siswa/i Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Ptk, kami berupaya menanamkan benih pemahaman agar ketika dewasa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas,” papar Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor.

Lebih lanjut dikatakan Dony, langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor.

“Kami berharap pelajar sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor, untuk itu kami menghimbau orang tua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia,” kata Dony Adrian

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

Dalam kegiatan ini juga pihak astra motor memberikan Rambu Tangan Stop kepada PKS MTsN 02 Pontianak yang nanti nya akan digunakan untuk membantu pengaturan penyeberangan Siswa/I yang akan masuk sekolah maupun saat pulang sekolah.

Jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian ( Hp. 085249819160 ). TANPA DI PUNGUT BIAYA

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

Instruktur Rifat Drive Labs, Yudi Prasetyo, mengungkapkan ada empat sikap yang perlu diperhatikan dalam berkendara. Pertama, dia mengatakan bahwa pengendara harus memiliki tanggung jawab baik terhadap diri sendiri, orang di rumah, maupun orang lain di sekitar.

Selanjutnya adalah sikap sadar berkendara. “Sadar bahwa berkendara ini punya bahaya, sadar bahwa berkendara ini punya resiko yang besar untuk terjadi kecelakaan, jadi konsentrasi adalah hal yang mutlak ketika kita berkendara,”  Hal ini, menurut Yudi, sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, pasal 106 ayat 1 yang menyebutkan bahwa pengemudi harus berkendara dengan penuh konsentrasi. “Di sini lebih kepada paham bahwa ada bahaya yang kita hadapi, dan sadar bahwa berkendara ini punya risiko yang besar,” ujar dia. Sikap ketiga adalah sabar. Hal ini berkaitan dengan bagaimana pengendara bisa membaca situasi saat mengemudi. “Lebih berpikir ke depan lagi kalau kita terlalu terburu-buru kecenderungannya ngebut ini akan membuat risiko celaka lebih tinggi,” kata Yudi.

Terakhir, sikap empati, rasa memiliki dengan semua orang yang ada di sekeliling saat mengemudi. Untuk melindungi diri saat berkendara, pengemudi sepeda motor mutlak adalah helm. “Ini adalah sebuah kebutuhan yang sifatnya wajib, artinya helm ini kita pakai fungsinya untuk mengurangi risiko cedera ketika kepala terjadi benturan ketika terlibat dalam kecelakaan,” ujar Yudi. Safety gears secara keseluruhan, juga dianjurkan, seperti sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu. Protector tambahan juga disarankan jika memang diperlukan. Tak hanya soal sikap mengemudi, kendaraan juga perlu diperhatikan. Pemeriksaan, baik pemeriksaan yang rutin, maupun maintenance secara periodik bulanan, perlu dilakukan.

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

“Kita harus mampu menganalisa kendaraan siap enggak kita gunakan, misalkan kondisi ban, olinya, mesin, perangkat keselamatan yang lain harus diperhatikan,” kata Yudi.

“Kalau bicara soal perawatan ikuti sesuai dengan rekomendasi pabrik, kalau oli sendiri 2000-2500 atau satu sampai dua bulan, kemudian perangkat lainnya sama lakukan rutin sesuai dengan rekomendasi pabrik,” tambah dia.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

9 thoughts on “Astra Motor kampanyekan #Cari_aman di Madrasah Tsanawiyah

    Okti Li

    (January 29, 2019 - 12:32 pm)

    Sasaran yang tepat. Saat ini generasi milenial setarap SMP memang sudah mengendarai kendaraan sepeda motor ke sekolah. Apalagi di daerah saya yg sekolah pada jauh sementara tidak ada angkutan umum.
    Sosialisasi ini bagus ditetapkan pada anak usia mereka.

    gita siwi

    (January 29, 2019 - 10:45 pm)

    Aku nggak bisa naik motor lho hahahaha. Tapi senang ya edukasi edukasi seperti ini langsung diberikan pada masyarakat.

    Mildaini

    (January 30, 2019 - 1:22 am)

    nah, aku yang kurang ngerti dan ngeh soal perwatan, termasuk soal OLi ini, taunya kalo udah ada yang berubah atau macet aja, ke bengkel aja, hahaha. btw edukasinya keren ini kak

    Nia K. Haryanto

    (January 30, 2019 - 1:46 am)

    Keren nih kampanyenya. Pas dilakukan di sekolah-sekolah. Etapi, kenapa gak di SMA? SMP kan masih pada belom boleh naik motor? Kan belom punya SIM? Oooh… semua kalangan toh yang diedukasi. Dari TK sampai PT. Makin keren deh!

    unggulcenter

    (January 30, 2019 - 2:45 am)

    Nah memang betul, utk sosialisasi begini kayaknya di Indonesia kudu ke sekolah SMP/Madrasah Tsanawiyah karena anak2 ini nih yang suka naik motor (sdh belajar motor n bawa motor) tapi pasti gak punya (belum bisa bikin) SIM.

    unggulcenter

    (January 30, 2019 - 2:48 am)

    Nah benar nih anak SMP/Madrasah Tsanawiyah biasanya sudah bawa motor tapi lum bisa bikin SIM jadi harus diajari yang bener kayak gmana.

    Akarui Cha

    (January 30, 2019 - 4:15 am)

    Penting banget sih memang edukasi safety riding ini, apalagi buat remaja yang jiwa jiwa petualangnya itu masih menggebu-gebu banget. Biar tetap aman di jalan.

    TIAN LUSTIANA

    (January 30, 2019 - 7:49 am)

    Wah keren ini acaranya AStra, mudah2an menyebar ke sekolah – sekolah lainnya juga yah

    April Hamsa

    (January 30, 2019 - 9:16 am)

    Bagus nih program mengkampanyekan keamanan berkendara buat para ABG di sekolah2, mestinya sekalian sama ortunya ya diundang, biar ortu gak sembarangan kasi anak yg blm cukup motor. Kalau seusia SMA sih udah bolehlah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *