Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak

Dalam mendukung Program Millennial Road Safety Festival tahun 2019 dari Kepolisian, Team Honda Safety Riding Astra Motor dan Satlantas Pontianak Kota Pontianak beserta instansi terkait memberikan sosialisasi edukasi safety riding kepada siswa/i SMA Bina Mulia Pontianak , Selasa (12/03) yang dihadiri sekitar 100 an siswa/i SMA.

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak

Edukasi safety riding yang dilakukan Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat, Astra Motor gencar melakukan kampanye #Cari_aman kepada generasi Millennial khususnya pelajar sekolah menengah.

Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya.

Saat ini tingkat kecelakaan baik sebagai korban maupun pelaku masih banyak didominasi oleh kalangan pelajar. Untuk itu kita bersama instansi terkait bekerja sama dalam mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar melalui program Police Go To School, ungkap Ibu Syf. Salbiyah selaku Kasat Lantas Pontianak Kota. Selain itu juga Honda memberikan Service Gratis kepada guru yang menggunakan motor Honda di sekolah tersebut. Tak lupa PT. Jasa Raharja memberikan fasilitas pengecekan gratis kepada guru di Yayasan Bina Mulia Pontianak

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak

“Dalam hal edukasi kami tidak pandang bulu, seluruh golongan masyarakat kami upayakan mendapat edukasi safety riding. Khusus bagi siswa/i SMK-SMA, kami berupaya menanamkan benih pemahaman agar ketika dewasa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas,” papar Instruktur Safety Riding, Dony Adrian.

Lebih lanjut dikatakan Dony, langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor.

“Kami berharap pelajar sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor, untuk itu kami menghimbau orang tua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia,” kata Dony.

Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak
Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak

Jika ada pihak sekolah maupun instasi pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian (Hp. 085249819160).

Safety Riding adalah tata cara berkendara yang aman dan nyaman juga baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain. Karena kecelakaan tidak dapat dicegah, hanya bisa diminimalisir dan safety ridding juga berfungsi untuk meminimalisir cidera pada saat terjadi kecelakaan.

Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan selama perjalanan

  1. Jangan menikung atau menyalip kendaraan lain, jika anda tidak bisa melihat kondisi didepan anda.
  2. Waspadai dareah tidak terlihat oleh pengendara lain / Blank spot.
  3. Jaga kecepatan berkendara, disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. relative sepi, macet, dan banyak penyebrang jalan.
  4. Berada di sebelah kiri (kecuali menyalip/mendahului), jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walau tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan. Selalu waspada dengan kemunculan mendadak dari kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan.
  5. Berubah jalur jalan, sangat penting untuk memberi tanda kea rah yang anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelum anda merubah jalur. Perhatikan pula kaca spion untuk melihat keadaan disekitar dan memeriksa kendaraan dibelakang sebelum berubah jalur.
  6. Melewati persimpangan, ketika akan berbelok sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak anda tuju kepada pengguna jalan yang lain. Dianjurkan untuk tidak mengandalkan kaca spion untuk memastika kondisi lalu lintas karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan.
  7. Mengendarai dengan satu tangan, sangat tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan keseimbangan pada saat berkendara.
  8. Selalu berhenti di belakang garis putih pada saat berhenti di lampu merah/traffic light dan tidak memasuki jalur cepat yang bukan diperuntukan untuk sepeda motor.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “Astra Motor kampanyekan #Cari_aman SMA Bina Mulia Pontianak

    […] meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara.  Dalam bulan Ramadhan ini Team Safety Riding Astra Motor Pontianak bersama Satlantas Pontianak Kota edukasi safety riding buat pelajar SMA Abdi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *