ASTRA Motor Meluncurkan CRF250RALLY di Pontianak

Tukang Jalan Jajan diundang ASTRA untuk acara peluncuran CRF250RALLY. Peluncuran CRF250RALLY ini dilaksanakan di rumah Radakng. Motor besar khusus bagi pengguna yang hobi eksplorasi ini terlihat gagah dan tangguh untuk segala suasana. Tentu saja dipeluncurannya dihadiri oleh banyak media, blogger dan komunitas binaan Honda. Honda sendiri menghadirkan banyak sekali informasi mengenai produk ini saat press release. Marketing manager ASTRA Motor Pontianak, Thomas Pradu mengatakan, “secara fisik, motor ini mirip dengan yang digunakan Rally Dakar namun hanya berbeda CC saja, yang ini 250 dan yang digunakan rally 450cc”.

IMG_9797

Untuk medan extreme dan off road, kendaraan ini sudah dipastikan tangguh dan bisa diandalkan. Bagi yang memiliki hobi adventure dan berpetualang, CRF250RALLY bisa dijadikan sahabat. Bukan bearti kendaraan ini tidak bisa digunakan on-road. Untuk jalanan ibu kota juga bisa dipakai. Motor 250cc ini hadir dengan dua tujuan, yakni mudah pengendalian di jalanan perkotaan yang padat karena bobotnya yang ringan dan proporsi yang ramping, sedangkan untuk suspensi, jarak terendah dan ketinggian jok mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar. Disarankan untuk digunakan pria dengan tinggi badan minimal 175cm.

IMG_9823

khusus untuk pangsa pasar kelas sport memang Honda masih berada di kisaran 55,7 persen. Honda akan berusaha meraih pencapaian terbaik di kelas ini, hingga mencapai penguasaan pangsa pasar di angka sekitar 58 persen. Target realistis di pasang ASTRA agar bisa mengejar target ini. Paling tidak 20-an unit bisa terjual di tahun 2017 ini. Honda sendiri merasa optimis, Terlebih dengan semua keunggulan yang dibawa oleh unit sepeda motor advanture yang lahir dari konsep desain andalan Honda di ajang reli Paris Dakkar.

Mesin 250 cc Liquid-Cooled Single-Cylinder DOHC yang dibopong oleh Honda CRF 250 RALLY, mampu menghasilkan tenaga maksimum 18.2kW / 8.500 rpm dan torsi maksimum 22.6Nm / 6,750 rpm. Fitur lainnya, PGM-FI, menyuplai campuran udara melalui throttle body 38mm dan menarik udara dari airbox langsung melalui pipa penghubung. Bagian knalpot memiliki diameter 115mm dan dibekali dengan katalis dan dua ruangan. Sebuah downpipe besar membantu mesin bernapas dan membuat lebih banyak tenaga.

Selain itu, mesin juga menggunakan roller kompak (rocker arm) rangkaian katup dan kepala silinder, dengan bore dan stroke 76x55mm. Jurnal engkol menggunakan setengah-split, bearing metal press-fit sementara bantalan engkol menggunakan bushing besi tuang. Sehingga mampu kurangi berat, menghaluskan suara mesin dan memperkuat kekakuan case housing, serta meminimalkan perubahan diameter internal karena ekspansi termal.

Walaupun memiliki peforma mesin andal dan desain ciamik, CRF250 ini punya pasar terbatas karena harganya khusus bagi kelas menengah atas. Walaupun bergaya adventure, motor trail bergaya sporti ini diklaim cocok digunakan di segala jenis medan. Desain CRF250 Rally merujuk pada model HRC CRF450 Rally yang malang melintang di balap Dakar Rally. Oleh sebab itu, CRF250 Rally juga mengaplikasi part-part yang sama seperti floating screen, fairing upper/lower, shroud samping, termasuk handguards. Selain itu, ada juga under cover pelindung mesin dari benturan dan model tuas persneling yang dapat dilipat.

Hal menarik lainnya dari CRF250 Rally, model lampu depannya asimetris dengan teknologi LED. Selain itu, ada juga lampu belakang, LED indikator, dan dudukan plat nomor yang dapat dilepas. Sedang untuk panel meter digitalnya menampilkan speedometer, tachometer,  fuel gauge, dan jam. Dari fitur-fiturnya, kendaraan ini memang diseting untuk bisa digunakan di jalan raya.

CRF250 Rally bisa menampung bahan bakar sebanyak 10,1 liter (termasuk 1,6 liter bahan bakar cadangan). Dan diklaim mampu menempuh jarak Iebih dari 320km dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 33,4 km/Iiter. CRF250 Rally menganut sasis model semi double cradle. Bahannya terbuat dari besi baja. CRF250 Rally memiliki wheelbase sepanjang 1,455 mm.

CRF250 Rally mengusung basis mesin milik CBR250R, dengan kapasitas 250cc, liquid-cooled, single-cylinder, DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 24,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 22.6Nm  pada 6,750 rpm. Mesin tersebut telah menggunakan teknologi PGM-FI untuk pengabutan bahan bakarnya.

Warna yang diusung Honda CFR 250 RALLY adalah Extreme Red yang ada pada Februari 2017 ini. Harganya dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) di DKI Jakarta sekitar Rp 64.590.000,- per unitnya.

konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut dapat mendatangi langsung wing dealer Astra Motor, Honda Kalimantan Barat, Astra Motor Pattimura Pontianak. Untuk memesan juga bisa melalui www.astra-honda.com/crf250rally/indent/ di smartphone atau browser komputer dan lengkapi semua persyaratannya untuk proses pendaftaran inden Honda CRF250 Rally. Jangan lupa, siapkan juga uang mininum Rp 5 Juta sebagai booking fee. Pastikan data yang diisi sesuai dengan KTP.  Selanjutnya tinggal menunggu dihubungi oleh wing dealer Honda.

Post Author: Dony Prayudi

2 thoughts on “ASTRA Motor Meluncurkan CRF250RALLY di Pontianak

    Ahmad Qumayni

    (March 22, 2017 - 11:16 pm)

    pulang kampung pakai motor inj di pelosok ngabang mantap ni, hari2 bs ke rombo dait

      Dony Prayudi

      (April 27, 2017 - 6:02 am)

      Siap bang, semoga nanti makin hits saat pergi kelapang. jangan lupa foto2 hits nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *