BEDABOL (Bersama dalam Obrolan Online) Honda Kalbar

Tahukah kamu bahwa Saat ini, angka kecelakaan begitu tinggi di jalan raya yang disebabkan oleh kelalaian pengendara itu sendiri ataupun kondisi kendaraan yang tidak layak jalan. Sebagai pengguna jalan, tentunya setiap pengendara wajib memiliki tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Untuk itu kita perlu memperhatikan protokol keselamatan agar selamat berkendara di jalan raya

BEDABOL (Bersama dalam Obrolan Online) Honda Kalbar
BEDABOL (Bersama dalam Obrolan Online) Honda Kalbar

Pada hari sabtu tanggal 11 april 2020 jam 4 sore, Honda kalbar telah melaksanakan live instagram dengan acara BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online). Pada acara tersebut membahas mengenai Safety Riding, kebersihan Riding Gear, sharing mengenai service yang dapat dilakukan dirumah dengan layanan Honda Care serta sharing produk ADV 150 dengan para penonton. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan nuansa komedi yang di isi oleh selebgram akun instagram @pontigile alias Mak Mon dan @kamilonte alias Sukep, acara BEDABOL yang memang di setting dari Astra Motor memang disetting untuk menyampaikan edukasi safety riding secara online dan berharap mendapat antusias yang lebih dari masyarakat khususnya di Kalimantan Barat.

BEDABOL (Bersama dalam Obrolan Online) Honda Kalbar
BEDABOL (Bersama dalam Obrolan Online) Honda Kalbar

Berikut tips dalam merawat tips merawat riding gear agar tetap aman terhindar dari bakteri maupun virus.

  1. Helm

Untuk helm perawatan yang harus dilakukan ialah menjaga agar helm tidak basah dengan selalu memberikan perawat yang lebih karena hampir setiap hari kita pakai dengan cara mengangin-anginkan setelah dipakai, setiap minggu dicuci dan diletakan ditempat yang bersih dan tidak lembab.

  • Jaket

Jaket yang kita gunakan setelah berkendara harusnya selalu digantung dan jangan digantung bersamaan dengan pakaian lainnya agar bakteri yang terdapat pada pakaian dan jaket tidak tercampur, cuci jaket setidaknya seminggu sekali dan setiap jaket kotor agar jaket yang kita gunakan selalu bersih dan kita terhindar dari bakteri.

  • Sarung Tangan

Simpanlah sarung tangan dengan menempatkannya pada tempat yang bersih, dan cucilah sarung tangan jika sarung tangan telah digunakan selama perjalanan yang jauh karena diperjalan sarung tangan pasti terdapat bateri-bakteri yang menumpuk.

  • Celana Panjang

Yang pertama untuk berkendara pastikan kita menggunakan celana yang menutup lutut, gantilah dan cuci celana yang kita pakai setelah berkendara.

  • Sepatu

Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat berkendara. Untuk sepatu yang telah dipakai setidaknya taruhlah di ruang terbuka, cuci sepatu setidaknya 1 minggu sekali agar sepatu tetap awet dan bersih.

  • Masker

Gunakanlah masker yang sekali pakai atau gunakan yang jenis balaclava dan jangan lupa cuci sehabis digunakan, walaupun masker tidak wajib digunakan saat berkendara tapi masker berfungsi untuk melindungi kita dari virus dan debu yang bertebaran di jalan selama perjalan.

Pastinya selalu bersihkan riding gear telah kita gunakan dan jika riding gear yang dirasa sudah tidak layak segeralah diganti agar kemanan kita tetap terjamin.

Untuk menanggulangi berbagai hal tersebut, ada baiknya para pengendara selalu mengutamakan safety driving ketika berkendara, baik itu menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat, mematuhi peraturan lalu lintas, hingga memiliki surat izin mengemudi. Namun, patut disayangkan masih saja banyak yang lalai terhadap berbagai hal tersebut sehingga tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, agar Anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas, simak beberapa tips berikut ini agar Anda tetap aman dalam berkendara:

Gunakan Helm atau Sabuk Pengaman

Bagi Anda pengendara motor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang. Namun, tidak jarang masih banyak pengendara sepeda motor yang menyepelekannya. Demi meningkatkan keselamatan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu menggunakan helm saat berkendara sepeda motor sedekat apapun jaraknya.

Sama seperti helm bagi pengendara motor, menggunakan sabuk pengaman bagi pengendera mobil sangatlah penting. Jika terlanjur terjadi tabrakan atau kecelakaan, Anda akan terlindungi dari benturan terhadap stir  karena akan terlebih dahulu tertahan oleh sabuk pengaman yang terikat di badan. Gunakan sabuk pengaman dengan posisi yang benar saat berkendara untuk melindungi tubuh Anda sepenuhnya.

Hindari Menggunakan Telepon Genggam

Saat berkendara, masih banyak pengemudi yang menggunakan telepon genggamnya baik untuk berkomunikasi atau sekedar melihat notifikasi. Namun, nyatanya hal tersebut sangat berakibat fatal karena dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara. Tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengendara asik menggunakan telepon genggamnya saat berkendara. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak menggunakan telepon genggam sama sekali ketika berkendara karena akan membahayakan keselamatan Anda.

Periksa Kendaraan Secara Berkala

Layaknya tubuh manusia, kendaraan juga butuh pengecekan secara berkala. Lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisinya apakah layak jalan atau malah butuh dilakukan penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan.  Baca juga perawatan mobil berkala yang harus Anda lakukan disini.

Berkendara Secara Perlahan tapi Pasti

Saat berkendara selalu jagalah kecepatan secara stabil untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Namun, hindari juga melaju kendaraan Anda dengan kecepatan yang terlalu lambat sehingga menghambat pengendara lain. Dalam Permenhub No. 111 Tahun 2015 Pasal 3 menyatakan batas kecepatan di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam.

 Membawa Barang Seperlunya Saja

Jika kendaraan Anda membawa beban secara berlebihan, maka akan mempengaruhi konsumsi BBM yang semakin boros. Oleh karena itu, hindari membawa barang secara berlebihan ketika berkendara, baik Anda menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Bagi pengendara mobil yang menggunakan roof racks hindari melaju kendaraan Anda dengan kecepatan yang tinggi agar kendaraan tetap stabil ketika melaju di jalan.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *