Beli Motor Honda Bekas? Berikut Tipsnya

Motor bekas menjadi opsi banyak orang ketika ingin membeli memiliki kendaraan. Harga jual motor yang cukup tinggi menjadi alasan sebagian orang lebih memilih motor bekas. Namun, apakah harga murah akan menjamin kondisi motor? Memang, bisa dikatakan bahwa motor keluaran Honda memiliki purna jual yang baik. Pabrikan asal Jepang ini masih memiliki harga yang bersaing lantaran produk second dari Honda memiliki kualitas yang baik.

Beli Motor Honda Bekas? Berikut Tipsnya
Beli Motor Honda Bekas? Berikut Tipsnya

terkait dengan tips membeli motor bekas, tampaknya memang menjadi salah satu alternatif buat kawan-kawan semua sebelum membelinya. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali penjual motor bekas di mana kita belum tentu tahu apakah motor bekas yang dijual tersebut masih dalam kondisi prima atau justru sudah rusak parah..

Tentukan Motor yang Akan Dibeli

Menentukan jenis motor sebelum membeli adalah hal yang wajib Anda lakukan. Motor Honda sendiri terdiri dalam banyak varian, mulai dari Honda Vario, Honda Beat, Honda CBR, dan lain sebagainya. Pastikan Anda tahu motor mana yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mengetahui jenis motor akan membantu Anda menentukan patokan harga beli sesuai dengan pasaran.

Mengetahui Harga Pasaran

Sering kali terjadi pada pembeli yang membeli motor bekas mengalami overprice, alias harga yang kendaraan terlanjur lebih mahal dibandingkan dengan jenis dan kualitas kendaraan. Sebelum membeli, tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga motor tersebut di pasaran motor bekas. Anda bisa melakukan pengecekan di internet atau menanyakan kepada orang yang ahli.

Jika teman-teman sudah tahu tipe motor apa yang akan dibeli dan penjualnya pun sudah didapat maka tips membeli motor bekas selanjutnya yakni dengan melakukan analisis atau pengecekan harga pasaran dari motor yang akan dibeli. Meski sepele namun langkah ini sangat perlu dilakukan. Pasalnya, setiap tipe motor memiliki harga yang berbeda-beda dan tergantung dari kondisi motornya juga. Contohnya saja, jika keadaan motor masih bagus seperti baru baik dari segi mesin maupun bodi maka umumnya akan dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Tetapi, demikian pula sebaliknya jikalau kondisi motor tak seperti baru, mungkin mesinnya ada sedikit masalah atau bodinya banyak yang lecet maka akan memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, pengecekan harga pasaran ini sangat diperlukan agar kita tidak mudah ditipu dengan harga yang dipatok penjual.

Setelah mengetahui harga pasaran motor bekas, Anda tinggal menyesuaikan antara harga dengan kondisi barang. Jika terjadi kekurangan pada sepeda motor Honda yang ditawarkan, kamu dapat menawar harga motor sampai menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Cermat dalam Memilih Penjual

Memilih penjual motor yang benar juga merupakan salah satu dari sekian tips membeli motor bekas. Langkah ini dilakukan untuk mencegah atau menghindari penjual yang nakal dan suka menipu konsumennya. Nah, untuk mengetahui penjual mana yang benar, kawan-kawan bisa mencari tahu beberapa penjual motor yang sudah dikenal atau sudah terbukti dalam penjualannya tidak mengecewakan pelanggannya. Selain itu, bisa juga dengan mencari kawan yang memiliki kenalan penjual motor yang dapat dipercaya.

Teknologi memang tidak bisa dibendung. Banyak penjual motor yang sudah menggunakan internet untuk memasarkan dagangannya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua penjual yang berada di situs jual beli online adalah penjual yang tepercaya. Untuk menghindari penipuan di situs jual beli online, ada baiknya Anda meminta saran atau pendapat kepada orang yang lebih berpengalaman perihal jual beli kendaraan bekas.

Periksa Kelengkapan Surat

Sebelum melakukan transaksi, Anda harus melakukan pengecekan surat-surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui jenis, tipe motor, serta kecocokan antara nomor kerangka dan nomor mesin kendaraan. Kelengkapan surat juga digunakan untuk mengetahui identitas pemilik asli kendaraan. Hindari pembelian motor yang tidak memiliki kelengkapan surat karena hal ini bisa menjadi indikasi bahwa motor terlibat dalam sebuah tindak kejahatan seperti barang hasil curian.

Selain itu, pastikan juga bahwa pemilik motor sebelumnya membayarkan pajak kendaraan dengan tertib tanpa menunggak. Jika usia nomor kendaraan mendekati usia 5 tahun, itu berarti sebentar lagi giliran anda atau pembeli berikutnya yang akan membayar pajak kendaraan.

Periksa Kondisi Body Motor

Hal umum yang dilakukan calon pembeli sebelum membeli motor bekas yaitu dengan melihat kondisi bodi. Semua calon pembeli pasti mendambakan motor bekas yang masih terlihat mulus dan mengilap. Pastikan seluruh bodi motor dalam keadaan mulus tanpa goresan atau bahkan dempulan.

Jangan lupa tanyakan apakah suku cadang masih asli atau sudah diganti dengan yang imitasi. Suku cadang asli pastinya memiliki nilai lebih dibanding dengan suku cadang imitasi. Pastikan Anda menanyakan semua aspek untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan mudah tergiur karena hal ini bisa berdampak negatif pada Anda.

Periksa Oli dan Speedometer

Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada bagian panel indikator atau speedometer. Pastikan juga bahwa speedometer berjalan normal mengingat fungsinya yang cukup penting sebagai sumber informasi terkait kondisi motor saat dikendarai. Perlu diketahui, motor yang masih sehat dan baik sudah barang tentu memiliki speedometer, indikator bahan bakar atau bensin, indikator lampu, dan penghitung jarak masih berfungsi dengan baik. Nah, khusus motor gede atau motor spor, panel juga harus dilengkapi tachometer.

Hidupkan Mesin

Jika pengecekan mesin dengan kasat mata sudah kita teliti maka tips membeli motor bekas selanjutnya yaitu dengan menghidupkan mesin motor. Pastikan bahwa suara mesin berbunyi halus dan lembut serta teliti apakah ada bunyi kasar. Selain itu, untuk memeriksa kondisi suara mesin, usahakan untuk menyalakan mesin tanpa gas. Maksudnya, ketika mesin sudah menyala jangan terburu-buru mengegas kencang kencang. Biarkan dulu mesin berjalan tanpa digas. Pasrtikan apakah motor bisa langsam (tetap menyala pada putaran mesin rendah/tanpa digas). Hal ini untuk memastikan kondisi mesin masih baik atau tidak mengingat motor dengan keadaan mesin yang bermasalah tentu tak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *