Berbagi Cerita Lewat Karya Bersama Notebook ASUS

Saya sangat suka traveling dan mempelajari gastronomi.

Ini hobi dan passion yang saya tekuni beberapa tahun kebelakang ini dan tentu untuk berpuluh tahun kedepannya. Menikmati setiap proses belajar dan melahirkan ide-ide bagus tentu saja jadi tantangan tersendiri. Saya termasuk orang yang jarang berpetualang mencari ide dari tulisan orang lain karena kebanyakan yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja
ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja

Menulis bagi saya sebagai salah satu cara untuk menunjukkan jati diri, berbagi pengalaman serta melepas rasa stress yang mendera setelah lelah dengan segala hiruk pikuk kegiatan harian. Menulis itu melengkapi hidup karena bisa mengabadikan momen sepanjang waktu. Dulu, saya harus menulis dalam diari berbentuk buku tapi sekarang diari elektronik sudah tersedia di internet. Untuk mengabadikan cerita ada yang membuat blog, adapula yang membuat buku. Warisan yang tak akan habis dimakan jaman.

ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja
ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja

Bagaimana saya melakukan semuanya? Saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat.

Memilih Jenis Tulisan

Saya sendiri lebih suka menulis fiksi atau opini karena lebih nyaman. Kamu juga boleh memilih jenis tulisan yang disukai seperti menulis fiksi, menulis essai, menulis artikel berita, artikel opini, dan sebagainya. Karena setiap jenis tulisan mempunyai karakteristik sendiri dan tentunya akan membutuhkan pendekatan yang berbeda pula. Pilihlah yang paling mudah dan memang dikuasai.

Milikilah Tujuan Dalam Menulis

Mungkin banyak juga orang yang bingung harus memulai dari mana dan akan menulis apa. Saya selalu mencoba untuk menerapkan tujuan diawal, apa yang ingin saya capai. Ini membuat saya selalu berada dijalan yang benar tanpa melenceng dan tahu apa yang harus dituliskan. Menulis dengan ide cerita yang mengalir memang menyenangkan. Tentu sentuhan sentuhan sedikit cerita yang berhubungan dengan perasaan dan kemanusiaan jadi bumbu elok untuk memikat pembaca.

Peka Keadaan Sekitar

Menulis tentang hal-hal yang menjadi masalah pribadi dan kebutuhan orang banyak tentu bagus. Kebutuhan orang banyak biasanya menjadi ide cerita yang menarik. Saya sendiri menulis tentang keingintahuan orang banyak tentang tempat makan yang enak dan bagaimana rasa makanan yang ada di sana. Begitupun traveling, saya menjawab kebutuhan banyak orang bagaimana caranya untuk sampai kesana, apa saja yang dilihat dan berapa biaya yang dihabiskan.

Menulis Hal Yang Baru

Saat ini mesin pencari di Internet bisa digunakan siapa saja. Mencari ide baru tentu lebih mudah. Jika baru berkunjung kesuatu tempat, biasanya saya akan mencari tempat yang belum pernah dibahas. Jikalau tidak menemukan sesuatu yang baru maka tulislah menggunakan sudut pandang yang lain. Tulisan yang segar dan baru tentu menarik bagi pembaca

Jadilah Pembaca yang Baik

“Kita kan penulis, kok harus membaca?”. Ini berlaku global dan bisa diterapkan disemua lini. “Jika ingin menjadi penyiar profesional jadilah pendengar radio yang baik” inilah yang sering disampaikan mentor saya dulu. Banyak membaca tentu menjadikan kita tahu bagaimana menulis yang baik dan disukai banyak orang. Tujuannya bukan menjadi penjiplak tapi ikutilah aturan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Ini juga berlaku saat kita ingin berbisnis. Semakin banyak pengetahuan yang didapat semakin banyak ide segar yang muncul.

Mari Berpikir Kritis

Memunculkan pikiran kritis hal yang susah-susah gampang. Kita harus bisa memancing pikiran untuk membuat pertanyaan dan mencari jawabannya. Sama seperti peneliti yang mencari alasan kenapa ia melakukan penelitian, menetukan pokok permasalahan, membuat tujuan dan menentukan metode apa yang digunakan untuk menjawab semua pertanyaan tadi.

Ayo Tangkap Ide Liarmu

Jangan remehkan ide-ide yang berkecamuk, walaupun tidak masuk akal, tangkap saja dulu. Saya memanfaatkan note di smartphone atau laptop untuk menulis semua ide yang ada. Jangan sia siakan ide itu. Tulislah judul, deskripsi dan semua poin-poin penting. Tulis saja sebanyak ide briliant yang didapat. Suatu saat ide tersebut akan sangat berguna. Simpan dan keluarkan saat dibutuhkan.

ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja
ASUS selalu menemaniku kapan saja dan dimana saja

Gunakan Teknologi Yang Tepat Guna

Selain ide dan kemampuan menulis tentu diperlukan teknologi yang mendukung. Jaman sudah berganti, kita jarang menggunakan buku dan pulpen atau mesin ketik, semuanya sudah dalam satu genggaman. Namanya notebook. Benda persegi panjang yang selalu dibawa kemana mana. Saya sendiri punya beberapa kriteria yang harus melekat di “senjata” ini. Tentu saja selain praktis, mudah dibawa dan teknologinya sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan.

  • Ukuran dan Berat

Traveler seperti saya tentu saja harus mudah bergerak cepat dan berpindah kesana kemari, notebook harus pas ukurannya untuk masuk kedalam tas dan tidak terlalu berat. Harus compact, ringkes dan ngga bikin punggung sakit saat dipanggul kesana kemari.

ASUS E202 Nyaman untuk dibawa kemana mana
ASUS E202 Nyaman untuk dibawa kemana mana
  • Tampilan

Percayakah kamu bahwa warna mempengaruhi perasaan dalam menulis. Warna yang sesuai selera jadi mood booster tersendiri bagi saya. Setelah lelah kesana kesini, warna mampu membuat ide timbul sekaligus menyejukkan hati. Saya suka biru dengan semua gradasi warnanya.

  • Tahan Lama

Bukan hanya tubuh yang harus punya daya tahan tinggi tapi juga notebook. Keterbatasan lokasi untuk mengisi daya membuat saya harus memilih notebook dengan baterai handal, paling tidak bisa diatas 7-8 jam karena saya terbiasa berada di jalan dengan waktu yang cukup panjang sebelum sampai ke tempat tujuan. Ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Tangkap ide itu dan mulailah menulis dengan notebook-mu.

Baterai ASUS E202 tahan hingga 8 jam
Baterai ASUS E202 tahan hingga 8 jam
  • Tidak Berisik

Ini penting banget, beberapa kali saya harus menginap di dormitory untuk menghemat budget. Kerja malam hari saat orang lain tidur biasanya saya pilih karena keterbatasan waktu mengejar deadline. Jangan sampai saya dilempar sepatu oleh teman sekamar karena suara notebook yang berisik dan mengganggu ketenangan istirahat.

Touchpad besar memberikan kenyaman bekerja
Touchpad besar memberikan kenyaman bekerja
  • Nyaman

Sudah pasti jadi poin penting. Bekerja 4-5 jam sehari didepan notebook membuat saya harus memilih yang paling nyaman. Terutama untuk touchpad yang lega dan juga keyboard yang empuk dan layar yang pas ukurannya.

Pilihan memang banyak, tentu saja kita harus tepat memilih dan sesuai dengan kebutuhan serta mampu mengakomodir semua kebutuhan kapan saja dan dimana saja.

ASUS E202 warna Thunder Blue

Iya, seandainya saya bisa memilih pasti warna biru kesukaan saya. Saya belum memiliki ASUS E202 namun saat ini uniekkaswarganti.com sedang memberikan kesempatan untuk mendapatkan satu dari 10 hadiah ASUS E202. Spesifikasinya sangat sesuai dengan kebutuhan saya, beratnya hanya 1,21 kilogram, dimensinya hanya 193 x 297 mm seukuran kertas A4. Cocok untuk masuk ke daily backpack, memudahkan untuk dibawa kesana kemari.

Sistem Operasi ASUS E202 , Windows 10
Sistem Operasi ASUS E202 , Windows 10

Ukurannya 12 inci dengan desain super tipis dengan teknologi fanless anti berisik dengan daya tahan baterai hingga 8 jam dan dapat diisi dengan cepat lewat port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0 serta didukung prosesor Intel hemat daya. Bagi yang tidak suka warna biru, masih ada warna lain. Ada Silk White, Dark Blue dan Dark Rouge. Bekerja menggunakan OS terbaru, Windows 10 dapat juga menggunakan DOS

ASUS E202 dengan Dual Speaker dan Teknologi Sonic Master
ASUS E202 dengan Teknologi Sonic Master

Ya, saya mencoba menulis ini untuk ikut Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com untuk mendapatkan ASUS E202 warna Thunder Blue. Doakan saya!

Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge
Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

20 thoughts on “Berbagi Cerita Lewat Karya Bersama Notebook ASUS

    Dwi Irfansyah

    (June 22, 2017 - 11:58 am)

    Mantap memang Asus!

      Dony Prayudi

      (June 22, 2017 - 3:22 pm)

      Jadi temen buat dibawa kemana mana ya mas hehehe

    Uniek Kaswarganti

    (June 23, 2017 - 12:21 am)

    Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck.

      Dony Prayudi

      (June 24, 2017 - 8:51 am)

      Thanks Mbak Uniek. Wish me luck ya 🙂

    ainun

    (June 23, 2017 - 4:37 am)

    ini notebook travel-able ya

      Dony Prayudi

      (June 24, 2017 - 8:52 am)

      Yup, bener banget. pokoknya bikin happy deh kalau di bawa bawa

    Mas Helmi Blog

    (June 23, 2017 - 11:40 am)

    Wah keren ya laptopnya jadi pengen satu… 😀

      Dony Prayudi

      (June 24, 2017 - 8:52 am)

      Aku juga pengen satu, yang warna biru hehehehe

    Bimo Aji

    (June 24, 2017 - 12:12 am)

    akhirnya asus ngeluarin produk baru lagi. tunggu itu ukurannya lebih kecil dari kertas A4 yah? keren banget tuh. jadi gak usah repot-repot nyimpennya kan. pokoknya kalau bicara notebook asus jagonya deh.

      Dony Prayudi

      (June 24, 2017 - 8:53 am)

      Iya nih, keren amat. saya juga kepengen punya satu biar bisa dibawa kemana mana

    Rhoshandhayani KT

    (June 24, 2017 - 2:08 am)

    uwaaaaw notebook asus memang juara untuk dibawa kemana-mana

    oooh gitu yaa…selama ini saya nyatat idenya di kepala
    berarti harus dicatat di buku atau hp ya, biar nggak lupa

      Dony Prayudi

      (June 24, 2017 - 8:54 am)

      pokoknya kepengen punya yang warna biru deh. biar keren abis

    EPA MUSTOPA

    (June 25, 2017 - 3:30 pm)

    woow, Foto Mas prayudi kereeeen sama asusnya. Bila berkenan, kunjungi blogku yaa. salam kenal ! salam silaturahmi !

      Dony Prayudi

      (June 28, 2017 - 4:51 am)

      Salam kenal mas, semoga tali silaturahmi selalu terjaga 🙂

    Fifi

    (June 26, 2017 - 3:05 pm)

    Jadi pengen punya satu juga 😀 asus mah emang juaranya deh, mulai dari spesifikasi yang ditawarkan hingga pilihan warna yang gak bakal bikin mati gaya saat mau menulis dimanapun

      Dony Prayudi

      (June 28, 2017 - 4:50 am)

      terimakasih mbak fifi. ntar aku mampir kesana yaaak

    Kang Alee

    (June 28, 2017 - 10:14 am)

    Asyik banget kalau menumpahkan semua kenangan dengan ASUS E202 kayaknya ya …

    jual jarum jam dinding

    (June 30, 2017 - 11:01 am)

    Good write-up, I am normal visitor of one’s web site, maintain up the excellent operate, and It’s going to be a regular visitor for a lengthy time.

    deddyhuang.com

    (July 8, 2017 - 11:15 am)

    di pantai pun kamu sambil ngeblog bang? luar biasa :p

    Dikki Cantona Putra

    (July 10, 2017 - 4:20 pm)

    suka banget ama produk asus karena, build kualitasnya yang bagus dan kuat banget lagi. Apalagi laptop yang satu ini simpel dan minimalis banget serta mudah untuk dibawa kemana mana. Sangat praktis banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *