Cara Mencuci Motor Honda Di Rumah Yang Aman

Seperti halnya manusia, motor juga perlu di cuci supaya bersih. Apalagi memasuki musim hujan, motor pasti akan terkena becekan yang akan membuat motor menjadi kotor. Kondisi motor yang tetap bersih akan membuat penampilan motor segar, dan pengendarapun juga nyaman dalam mengendarai. Untuk itu penting dalam mencuci motor supaya noda yang menempel tidak berkerak, jika sudah berkerak nantinya malah sulit dibersihkan. Jika noda tak kunjung dibersihkan maka bisa menimbulkan baret pada bodi motor.
Cara merawat kendaraan agar terhindar dari korosi dan noda membandel, mencuci motor di rumah adalah hal yang paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa cara yang disarankan saat mencuci sepeda motor kesayangan.

Cara Mencuci Motor Honda Di Rumah Yang Aman
Cara Mencuci Motor Honda Di Rumah Yang Aman

Pertama, bersihkan rantai motor terlebih dulu. Ini khusus pengguna motor bebek atau sport, rantai harus dibersihkan dulu sebelum mencuci bagian lain. Alasannya agar bodi atau bagian yang sudah bersih, tidak akan terkena kotoran dari rantai, jika bagian ini dibersihkan belakangan. Debu dan oli dari rantai bakal mengotori lagi bodi dan bagian yang sudah dibersihkan.

Kedua basahi bodi motor terlebih dulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Ini dimaksudkan agar noda yang telah mengering dan keras bisa lebih mudah terangkat. Contohnya adalah bangkai serangga yang saat kering susah dibersihkan.

Ketiga, perhatikan komponen yang sensitif dengan air. Jangan semprot air bertekanan di area mesin, terlebih saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.

Terakhir, perhatikan komponen yang sensitif dengan air, seperti area mesin, bawah tangki bahan bakar, dan area lubang filter udara. Jangan sampai menyemprotkan air di aea sensitif, salah-salah motor Anda bisa mogok saat sudah kinclong usai dicuci.

Kalian mau mencuci motor dirumah, ikuti langkah berikut supaya aman

  1. Siapkan Peralatan Cuci Motor
    Sebelum mencuci motor, persiapkan peralatan untuk mencuci motor. Yang perlu Anda persiapkan adalah dua ember terpisah yang masing-masing berisi air sabun, dalam hal ini Anda bisa menggunakan gel pembersih dan siapkan juga spons halus. Siapkan juga air mengalir dari selang, atau Anda juga bisa siapkan air di dalam ember untuk membilas.

Shampoo khusus motor juga banyak dijual bebas di pasaran. Bila Anda memiliki shampoo khusus motor, Anda bisa gunakan shampoo motor, kalau tidak maka Anda bisa gunakan alternative lain seperti gel pembersih cuci piring yang bisa melunturkan lemak dan kotoran.

  1. Pilih Waktu Yang Pas Ketika Mencuci Motor
    Ketika mencuci motor, sebaiknya pilih waktu yang pas ketika mencuci motor. Ini sebanrnya fleksibel tergantung Anda bisa mencuci motor kapan dan jam berapa, hanya disarankan pilh waktu yang tidak terlalu panas seperti pada pagi hari atau sore hari. Karena apabila Anda mencuci ketika siang hari membuat sabun yang dibasuh cepat kering dan bisa berjamur.

Proses mencuci motor diawali dengan membasahi seluruh bagian motor dengan air bersih, setelah bagian motor sudah dibasuh air semua, maka proses selanjutnya menyabuni tiap-tiap bagian motor. Utamakan bagian bawah motor terlebih dahulu, karena bagian bawah motor yang rentan kotor. Sekaligus Anda juga bisa melakukan pengecekan pada bagian-bagian motor.

  1. Bersihkan Bagian Area Mesin
    Bersihkan area mesin motor secaar hati-hati dengan membalurinya dengan sampo motor, gunakan spon yang berbeda untuk area mesin. Bersihkan secara hati-hati dan Anda juga bisa sekalian mengecek keadaan mesin motor Anda.
  2. Bersihkan Bagian Atas Motor
    Sudah beres membersihkan bagian bawah motor, saatnya membasuh bagian atas motor. Usap secara merata bagian bodi motor mulai dari spakbor depan, fairing atau sayap, batok lampu, lampu depan dan belakang, sampai jok motor, dan pastikan seluruh bagian bodi atas dan bawah motor sudah merata dengan sabun. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada busa yang menempel pada motor.
  3. Gunakan Kanebo Setelah Mencuci Motor
    Jika dirasa sudah cukup, ambilah kanebo untuk mengusap seluruh permukaan motor. Gunakanlah kanebo karena kanebo mudah menyerap dan sebaiknya Anda tidak usah menggunakan lap. Diperhatikan pula untuk bagian mesin motor yang terkadang masih tergenang air, lap bagian mesin secara merata menggunakan kanebo.
  4. Gunakan Semir Motor
    Jika motor sudah benar-benar kering, khususnya apda bagian bodi motor maka gunakanlah semir motor yang mengandung bahan silicon pada bodi motor Anda, kemudian lap dengan menggunakan kain kering secara merata ke seluruh bodi motor.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *