Eksplorasi Aruna dan Lidahnya, Pontianak dan Singkawang

Aih! Bisa juga lho saya kebingungan mau ngapain di Jakarta, padahal kota ini punya banyak hiburan dan lokasi untuk dikunjungi. Yak, Hari ini adalah hari terakhir di Ibukota negara Republik Indonesia, jadi agak malas mau kemana mana. Lebih banyak mempersiapkan urusan packing supaya tidak ada yang tertinggal di hotel. Sembari bersandar diranjang dan membuka Traveloka untuk memastikan keberangkatan pesawat yang sudah memang dipesan dengan hotel beberapa waktu yang lalu. Voila! Terpikir untuk mencari hiburan disini saja, siapa tahu ada yang menarik.

Aruna dan Lidahnya, eksplorasi kuliner Indonesia
Aruna dan Lidahnya, eksplorasi kuliner Indonesia

Iseng yang berbuah manis! Sayapun menemukan film yang mengupas tentang Kuliner, Aruna dan lidahnya! langsung Cek jadwal cinemaxx di Traveloka. Tak boleh terlewat karena film ini jelas mempunyai kesamaan visi dan misi dengan Tukang Jalan Jajan!

 

Nah, begini caranya?

  1. Silahkan download terlebih dahulu Apps traveloka di Android ataupun iOS. Versi dekstop belum ada untuk saat ini.
  2. Klik Menu “Movies
  3. Pilih Kota (City) dan kemudian klik filmnya
  4. Pilih Teaternya
  5. Pilih Hari,jenis auditoriumdan pilih Waktunya, setelah itu klik Pick a Seat
  6. Pilih kursinya, kemudian klik Countinue.

Catatan : ada biaya booking yakni Rp.3000/tiket

  1. Silahkan pilih metode pembayarannya, misalmenggunakan kartu kredit
  2. Maka tiket anda sudah dibeli, catat Booking code dan Passkeynya dan jangan di share kesiapapun.

 

Tiket sudah ditangan dan mari menonton! Oh ya, ini ssedikit cerita tentang film Aruna dan Lidahnya yang aku tonton setelah Cek jadwal cinemaxx di Traveloka. Film ini mengajak kita mencicipi banyak sekali makanan enak di berbagai lokasi. Mulai dari Surabaya, Madura, Pontianak hingga Singkawang. Film yang diperankan oleh Dian Sastro (Aruna), Oka Antara (Farish), Hannah Al Rasyid (Nad) dan Nicholas Saputra (Bono) membuat iler tak berhenti menetes bercucuran kesana kemari. Semua menu tradisional diracik dengan Bumbu percintaan yang diceritakan secara lugas. Sesuai dengan Novel yang ditulis oleh Laksmi Pamuntjak dan ditulis ulang skenario filmnya oleh Titien Wattimena. Di sutradarai oleh Edwin dan diproduseri oleh Meiske Taurisia dan Muhammad Zaidy yang berada di bawah rumah produksi Palari Film. Berdurasi 110 menit dengan genre Drama Romantis yang dibalut nuansa kuliner.

Aruna dan Lidahnya bercerita tentang ARUNA (Dian Sastrowardoyo) yang melakukan petualangan kuliner bersama kedua sahabatnya, BONO (Nicholas Saputra) dan NAD (Hannah Al Rashid). Tak disangka dalam perjalanan Aruna berjumpa dengan seseorang dari masa lalunya, FARISH (Oka Antara). Sambil menikmati berbagai masakan nusantara mereka terlibat pembicaraan yang mengungkapkan rahasia terpendam. Kalau mau tahu seperti apa kisahnya. Silakan Nonton sendiri ya! Aruna dan Lidahnya.

 

Makanan Nikmat Pontianak

Awalnya memang sulit mencari bakmi Kepiting yang bisa dinikmati semua orang sampai Aruna dan Lidahnya sampai pada Bakmi Achai yang berada dijalan Hijas di selakang restoran  Gajah Mada. Ini yang paling sedap, karena menggunakan kepiting dan berbagai macam topping lain. Asal tahu saja, Mienya sendiri sudah enak! gurih, membal dan nikmat. Lanjut lagi dengan nasi goreng Pontianak yang punya karakter.

Nasi Goreng Pelabuhan jadi nasi goreng dengan bumbu sambal cabe yang kering dan nasi yang membyar. Ciri khas lain adalah suwiran ayamnya yang cenderung juga “kering” dengan sayuran. Nasi goreng ala Pontianak kebanyakan bergaya Melayu-Madura yang cenderung pedas dan asin.

Melanjutkan makan Pengkang lemper ala Peniti ini juga jadi kuliner khas yang dibawa hingga Jakarta. Pengkang adalah ketan pulut yang sudah di aron dengan santan lalu dibungkus daun pisang dan diisi dengan udang ebi, kemuian dimatangkan dengan cara di bakar.  Satu Pengkang terdiri dari dua buah yang dijepit dengan bambu lalu dipanggang dengan arang batok kelapa dan dimakan dengan sambal kepah yaitu kerang yang hanya hidup didasar lumpur gambut.

Masih ada cemilan bernama Choipan yang mirip dimsun. Karena aruna memakannya di Rumah marga Thjia, Singkawang maka choipan ini bergaya khek dengan isian bengkuang dan daun kucai yang dibumbui ebi. Kulitnya sendiri dibuat dari tepung beras dan kanji, setelah diisi maka choipan akan dikukus dan kemudian di beri bawang putih goreng. Cara makannya dengan cara dicocol dalam cabe cair yang pedas dan sam dengan bawang putih yang sedap.

Bakmie Lempar ini adanya di Singkawang juga jangan sampai terlewatkan! Ada atraksi melempar mie tinggi timggi keatas. Kedai yang bernama kedai mie 68 ini selalu melempar mie keatas sebagai salah satu cara meniriskan air dan membuat mie tidak saling melengket setelah direbus, baru kemudian di beri berbagai macam topping racikan sendiri yang menambah kelezatan mie asal Singkawang ini.

dan yang paling akhir dari petualangan Aruna dan lidahnya di Singkawang adalah Warkop Nikmat yang terkenal dengan racikan kopi susunya yang legit dengan aroma kopi yang khas, ditambah dengan roti serikaya dan kue sus buatan sendiri. Sungguh nikmat jika dikombinasikan pagi-pagi

 

Film yang membuat saya ingin segera kembali ke Pontianak segera. Kangen rasanya ingin menikmati semua makanan tadi. Untuk ada Traveloka yang memberikan kemudahan memesan tiket nonton bioskop. Makanya sering-sering Cek jadwal cinemaxx di Traveloka siapa tahu ada yang spesial!

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

15 thoughts on “Eksplorasi Aruna dan Lidahnya, Pontianak dan Singkawang

    Fenni Bungsu

    (October 29, 2018 - 11:11 am)

    Bakmi lempar kak? Terus gimana mendaratnya, apakah masih dalam keadaan utuh atau tidak? harus cari tahu lebih banyak bahkan sambil cicipi rasanya, hemm

    Okti Li

    (October 29, 2018 - 6:29 pm)

    Beli tiket nonton bioskop secara online? Wah mudah banget ya sekarang. Beneran mudah dong gak harus antri, ga harus paling pagi…

    Nia K. Haryanto

    (October 29, 2018 - 10:07 pm)

    Traveloka makin lengkap ya fiturnya. Gak cuma buat pesan tiket dan booking hotel Tapi juga untuk hiburan lain. Kudu diinget nih. Aku kebayangnya traveling aja nih Traveloka. Cari hiburan yang deket rumah ah buat wiken nanti di Traveloka. 🙂

    gita siwi

    (October 29, 2018 - 10:10 pm)

    Baca judulnya ampe aku ulang ulang terutama di bagian kata lidahnya hahaha…seru ya ternyata . Traveloka sih urusan pesan memesan joss deh

    Andini Ria Agusti

    (October 30, 2018 - 3:07 am)

    Ini film emang bikin baper pengen jalan dan makan. karena saya hobinya jalan-jalan sambil makan :))

    Annafi

    (October 30, 2018 - 3:25 am)

    Wah sekarang juga bisa beli tiket nonton di traveloka juga ya mas? Makin gampang nih kalau mau nonton!

    Akarui Cha

    (October 30, 2018 - 4:27 am)

    Aku belum punya kesempatan untuk nonton film ini.

    Aku khawatir habis nonton aku langsung kelaparan. Soalnya tiap baca artikel soal makanan aja, aku gampang tergoda.

    Fillyawie

    (October 30, 2018 - 6:33 pm)

    Wow udah bisa pesan tiket cimemax via traveloka ya ? Mantab makin banyak keunggulannya Traveloka. Btw film Aruna dan lidahnya menurut saya wajib jadi adalah satu film terbail tahun 2018. Keren banget pemainnya, ceritanya, sutradaranya, pokoknya semua keren.

    Abby Onety

    (October 30, 2018 - 9:17 pm)

    Waahh… senangnya. Ada yang dapat keuntungan ganda rupanya. Sudah dapat tiketnya, bisa nonton, dan dapat referensi kulineran.

    Elly Nurul

    (October 31, 2018 - 3:05 am)

    Seperti halnya AADC2, sepertinya lokasi2 syuting film Aruna dan lidahnya di Singkawang baka menjadi destinasi wajib jika plesiran ke Pontianak.. Jadi pengen nyobain Warkop Nikmat yang terkenal itu…

    Mildaini

    (October 31, 2018 - 3:09 am)

    baca ini jadi nambah pengetahuan soal Pontianak, Indonesia emang kaya banget ya budaya, apalagi makanannya, keren. btw ini Sep 2018 lalu yaah

    Sara Neyrhiza

    (October 31, 2018 - 6:56 am)

    saya penasaran mie kepiting pontianak..mau…

    Valka

    (November 1, 2018 - 4:41 am)

    Aku sudah nonton Aruna dan Lidahnya. Filmhya bagus sih walaupun ada beberapa kekurangannya. Btw, saya baru tahu loh mas kalau di traveloka bisa mesan tiket bioskop juga. Kirain cuman tiket pesawat aja.

    Achmad Humaidy

    (November 1, 2018 - 4:26 pm)

    aku udah nonton aruna dan lidahnya, tapi belum sempat nulis review film dan kulinernya. suka banget sih sama filmnya dan kulinernya itu menggugah selera*

    Mar Diah

    (November 5, 2018 - 12:57 am)

    aku insya Allah tahun depan ada plan ke Pontianak, semoga bisa nyobain kuliner yang ada di Pontianak! aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *