Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak

Sering mendengar kata Fintech? (Financial Technology) adalah inovasi di bidang jasa keuangan yang sedang tren di Indonesia. Fintech memberikan pengaruh kepada masyarakat secara luas dengan memberikan akses terhadap produk keuangan sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan efektif. Fintech menjadi fenomena baru di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Kenali Fintech lebih dalam agar dapat merasakan manfaatnya. Terdaftar di OJK. Bunga Menarik. Aman Dan Mudah. Jenis: P2P Lending, Pendanaan, Pengembangan Dana, Beri Pinjaman.

Fintech dan Jenisnya

Tren fintech membuat banyak yang tergopoh-gopoh untuk meminjam. Adabaiknya memang terlebih dahulu paham supaya tidak salah dalam menggunakan pinjaman dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Crowdfunding dan Peer to Peer Lending

Fintech di kategori ini berfungsi untuk mempertemukan para investor dengan pencari modal.  Crowdfunding dapat digunakan untuk menggalang dana untuk tujuan sosial, seperti korban bencana alam, pendanaan karya dan sebagainya secara online. Sementara itu, P2P Lending adalah layanan untuk membantu permodalan pelaku UMKM agar mereka dapat meminjam dana walaupun belum memiliki rekening bank.

  1. Market Aggregator

Di kategori ini, Fintech berperan sebagai pembanding berbagai produk keuangan, dimana Fintech akan mengumpulkan data finansial sebagai referensi oleh pengguna. Misalnya, jika seorang konsumen ingin mencari produk asuransi, konsumen tersebut dapat memberikan data finansial pribadi ke platform Fintech dan platform tersebut akan mencocokkan data konsumen dengan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Risk and Investment Management

Fintech yang bergerak di bidang ini berfungsi untuk membantu konsumen melakukan perencanaan keuangan digital. Selain manajemen risiko dan investasi, terdapat juga manajemen aset yang mengurus operasional suatu usaha agar lebih praktis.

  1. Payment, Settlement dan Clearing

Jenis Fintech yang tergolong di di kategori ini adalah pembayaran (payments) seperti payment gateway dan e-wallet. Payment Gateway merupakan penghubung antara pelanggan dan e-commerce yang difokuskan pada sistem pembayaran. Kemudian ada uang elektronik yang merupakan instrumen pembayaran belanja, tagihan dan lainnya dalam bentuk aplikasi.

Dari sini mungkin kita mulai paham dan memilah mana yang cocok dengan kebutuhan masing-masing orang.

Ngobrol @tempo Manfaat Ekonomi Fintech Lending

Dari sinilah saya mendapat banyak informasi tentang fintech. Program talkshor yang melibatkan pelaku usaha penyedia Fintech, Pemerintah Kota Pontianak dan juga OJK yang menjadi pengawas perusahaan fintech yang beroperasi di Indonesia. Peserta yang ikut diacara ini juga beragam, ada yang UMKM, Pemilik bisnis, Pengguna jasa fintech, Jurnalis hingga blogger. Semua berlomba untuk mendapatkan ilmu berguna dari kegiatan yang diadakan Rabu, 10 Juli 2019 pukul 14.00 WIB di gedung UMKM Center.

Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak
Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak

Dibuka oleh Bapak Wali Kota Pontinak Edi Rusdi Kamtono selaku keynote speaker acara ini berlangsung hingga 3 jam dengan peserta yang membludak, Walikota begitu antusias dan memberi dukungan kepada para pelaku UMKM untuk tahu dan bisa memanfaat Fintech Lending agar dapat memaksimalkan pinjaman dan memajukan usaha

Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak
Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak

Diskusi di pandu oleh Tomi dari Tempo.co berlangsung dengan sukses bersama dengan perwakilan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Kalimantan Barat, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pontianak, Perwakilan dari Batumbu dan Akulaku serta Asetku. Penjelasan yang diberikan membuka wawasan bahwa fintech memberikan keuntungan bagi peminjam modal maupun pemilik modal asalkan tepat penggunaannya.

Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak
Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak

Pinjamannya memang tidak sebesar seperti pinjaman di bank, tapi dengan Fintech Lending proses akan dilakukan dengan cepat cukup melengkapi data-data yang dibutuhkan kemudian diproses dengan prosedur yang berlaku, bahkan dalam itungan menit. Perlu diingat kembali tidak semua pinjaman online itu legal, banyak juga pinjaman online yang ilegal. Nah, pinjaman online yang legal sudah pasti terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) seperti batumbu, akulaku dan asetku.

Fintech Legal Aman Bagi UMKM

Dalam melakukan pinjaman. Peminjam harus tahu kepada siapa mereka meminjam, jangan sampai terjebak di peminjam yang justru mencari korban untuk dijerat. Perhatikan saat melakukan install aplikasi, jangan pernah mau berbagi informasi pribadi karena bisa saja data akan dicuri. Hanya dapat melakukan akses Camera, Location dan Microphone (CEMILAN). Apabila fintech meminta akses lain seperti kontak, galeri foto, hingga kode verifikasi, maka itu sudah melanggar aturan yang berlaku dan dapat dicurigai sebagai fintech ilegal. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pencegahan resiko penyalahgunaan data klien.

Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak
Ngobrol @Tempo Fintech Lending Majukan UMKM Kota Pontianak

Berikut adalah fintech yang sudah dilakukan verifikasi oleh OJK dan aman untuk dimintai pinjaman.

  1. Danamas
  2. Investree
  3. Amartha
  4. Dompet Kilat
  5. KIMO
  6. Tokomodal
  7. UangTeman
  8. Koinworks
  9. Modalku
  10. KTA Kilat
  11. AwanTunai
  12. KlikACC
  13. CROWDO
  14. Akseleran
  15. Taralite
  16. FINTAG
  17. Inviola
  18. TunaiKita
  19. Igrow
  20. Cicil
  21. Dana Merdeka
  22. Cash Wagon
  23. Esta Kapital
  24. Ammana
  25. Gradana
  26. Dana Mapan
  27. Aktivaku
  28. Danakini
  29. Finmas
  30. Indodana
  31. Kredivo
  32. Mekar.id
  33. PinjamanGo
  34. iternak.id
  35. Kredit Pintar
  36. Kredito
  37. Crowde
  38. PinjamGampang
  39. TaniFund
  40. Danain
  41. Indofund.id
  42. SPGIndonesia
  43. KreditPro
  44. Avantee
  45. Do-It
  46. RupiahCepat
  47. Danarupiah
  48. Danabijak
  49. Cashcepat
  50. Danalaut
  51. Danasyariah
  52. Telefin
  53. Modalrakyat
  54. Kawancicil
  55. Sanders One Stop Solution
  56. Kreditcepat
  57. Uangme
  58. Pinjam Duit
  59. Pinjam Yuk
  60. Pinjam Modal
  61. Julo
  62. Easy Cash
  63. Maucash
  64. RupiahOne
  65. Pohon Dana
  66. Dana Cita
  67. DANAdidik
  68. TrustIQ
  69. Danai
  70. Pintek
  71. Pinjam
  72. Danamart
  73. SAMAKITA
  74. Saya Modalin
  75. PLAZA PINJAMAN
  76. Vestia P2P Lending Platform
  77. Singa
  78. AdaKami
  79. ModalUsaha
  80. Asetku
  81. Danafix
  82. Lumbung Dana
  83. lahansikam
  84. Modal Nasional
  85. Dana Bagus
  86. ShopeePayLater
  87. ikredo online
  88. AdaKita
  89. UKU
  90. Pinjamwinwin
  91. Pasarpinjam
  92. Kredinesia
  93. BKDana
  94. Gandeng Tangan.org
  95. Modalantara
  96. Komunal
  97. ProsperiTree
  98. Danakoo
  99. Cairin
  100. Batumbu
  101. empatkali
  102. jembatanemas
  103. klikUMKM
  104. Kredible
  105. klikkami
  106. Kaching
  107. FinPlus
  108. alamisharia
  109. syarfi
  110. Diligend
  111. asakita
  112. Duha Syariah
  113. Bocil

Diingatkan pula pada para peminjam, sebelum meminjam sebaiknya dihitung berapa bunga pinjaman, waktu pengembalian dan kegunaan pinjaman. Pastikan bahwa uang yang dipinjam dapat dikembalikan. Bagi pemilik uang juga harus mengasuransikan uang yang akan dberikan untuk permodalam peminjaman.

Selamat menggunakan fintech dan tetap bijaksana!

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *