Fun Turing Honda Kalbar dan Community ADV 150

Pada hari Sabtu 11 Juli 2020, PT Astra International, Tbk – Honda cab Pontianak (Astra Motor) menggelar fun touring dengan menggandeng komunitas ADV 150. Tak ketinggalan sejumlah manajemen Honda Kalbar juga turut ikut serta dalam rombongan turing menjelajah kawasan wisata di Jungkat beach. Selain membuktikan keunggulan performa ketangguhan, kelincahan, sekaligus kenyamanannya, touring ini bisa menjadi sarana unjuk diri Honda ADV ke dunia.

GELAR FUN TOURING, HONDA KALBAR GANDENG COMMUNITY ADV 150
GELAR FUN TOURING, HONDA KALBAR GANDENG COMMUNITY ADV 150

Touring yang menempuh jarak PP 95KM ini diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari jaringan Honda, community perwakilan media. Seluruh peserta turing yang mengikuti acara dibekali masker sebagai protokol kesehatan dan diwajibkan menggunakan helm dan jaket untuk menunjang keamanan dan kenyamanan bekendara.


Kepala Wilayah Astra Motor Pontianak Lukas Ferinata mengatakan acara ini digelar sebagai bentuk sarana silaturahmi antara Astra Motor dengan komunitas sekaligus menjajal Honda ADV 150 di era new normal. “kita ingin mengajak pengguna ADV 150 dapat merasakan ketangguhan Honda ADV 150 pada jarak jauh dengan tetap menerapkan protokol kesehatan”. Ungkap Lukas.
“Salah satu peserta turing Adi Saputro mengatakan acara fun touring ini menarik sekali dengan nuansa alam, kita juga bisa bersilaturahmi antar komunitas ADV150 Pontianak dan Astra Motor Pontianak. ‘Konsepnya seru, ada games menariknya juga dan doorprize, terlebih lagi ketangguhan motor ADV150 ini sangat cocok dengan rute jarak jauh yang kita tempuh, pokoknya rute street dan offroad bisa dilalui ADV150 ini jadi makin menambah keseruan berkendara”. Ungkapnya.


Honda ADV150 dibekali fitur-fitur penunjang untuk pengguna, seperti Two Step Adjustable Windscreen yang disematkan pertama kalinya di skutik kelas 150cc. Fitur yang biasa digunakan pada motor besar ini dapat disesuaikan dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah. Model ini juga memiliki ruang penyimpanan sebesar 28 liter yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang. Pada sisi keamanan, skutik ini telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan power charger pada console box depan dan jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang akan menunjang kenyamanan dalam berkendara.


Honda ADV150 dipasarkan dengan dua tipe, ABS – ISS dan CBS-ISS dengan total 6 varian warna yang futuristik dan manly . Tipe ABS – ISS dipasarkan Rp 39,2 juta (On The Road Pontianak) ini tersedia dalam dua warna, yakni Advance Red dan Advance White. Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 36,1 juta (On The Road Pontianak), mendapat empat pilihan warna, yakni Tough Matte Brown, Tough Silver, Tough Matte Black, dan Tough Red.


Nah, apa saja sih yang harus disiapkan supaya turing jadi aman. Perlu beberapa persiapan lho agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan

  1. Jaket
    Penggunaan jaket sangat dibutuhkan saat touring. Namun, tidak semua jaket sesuai digunakan. Pilih yang memiliki material tebal dan dapat menutupi tubuh hingga bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul. Sebaiknya jaket juga mempunyai sistem proteksi.
  2. Helm
    Perangkat ini wajib hukumnya digunakan, saat touring maupun berkendara sehari-hari. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik helm half face maupun full face. Sesuaikan ukurannya dengan kepala pengendara. Bagian helm yang tak kalah penting, tali pengikat beserta pengancingnya. Pastikan tali helm terkunci dengan sempurna.
  3. Pakaian Ganti dan Sepatu Proporsional
    Perlengkapan ini bertujuan mengantisipasi kondisi jalan yang tak menentu, misalnya hujan. Makanya pakaian ganti perlu disiapkan. Begitu pula alas kaki, pastikan yang sesuai untuk touring. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).
  4. Jas Hujan
    Berjaga-jaga membawa jas hujan, membantu ketika touring di tengah guyuran hujan. Selain membuat nyaman, penggunaan jas hujan bisa membantu menjaga keamanan pengendara. Karena itu, pilih jas hujan yang berwarna terang. Soalnya jarak pandang saat hujan berkurang, ini dapat membantu pengendara lain untuk mengetahui keberadaan Anda.
    Penggunaan jas hujan memang efektif melindungi tubuh dari basah kuyub. Namun, bila hujan yang turun cukup deras, sebaiknya segera hentikan perjalanan. Tunggu hujan sampai reda. Berkendara di tengah guyuran hujan yang deras sangat berbahaya, selain kondisi jalan jadi licin, pengereman bisa tidak optimal, bahkan risiko tertimpa pohon yang tumbang dapat terjadi.
  5. Obat-obatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
    Perlengkapan ini wajib dibawa. Karena selama perjalanan bisa saja Anda dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga. Untuk itu, perlu disiapkan kebutuhan obat, khususnya bagi bikers yang memiliki obat pribadi yang sangat penting.
  6. Kendaraan
    Memastikan kondisi sepeda motor. Periksa seluruh kondisi komponen mulai dari : ban, rem, sistem kemudi dan mesin. Pemeriksaan dapat dilakukan di bengkel resmi, agar lebih terpercaya.
    “Cek kondisi motor secara menyeluruh dan jika perlu bawalah ke bengkel resmi secara berkala sesuai jadwal servis berdasarkan jarak tempuh atau waktunya,” ujar Asep.
  7. Kondisi Fisik
    Terakhir, kebugaran tubuh. Touring merupakan aktivitas yang sangat melelahkan. Sebelum touring, sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan beritirahat cukup, menghindari begadang dan konsumsi makanan sehat. Beristirahatlah jika sudah merasa lelah. Tujuannya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik lelah atau mengantuk.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *