Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

Pasti sudah tahu dong kalau Scoopy sudah memasuki generasi ke 5, Ada banyak perubahan yang dilakukan dan semakin menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya. Jika dihitung dari dari pertama rilis pada tahun 2010-2020,motor matic retro tersebut kini sudah masuk generasi ke-5 dari masa ke masa.

Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa
Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

Hingga artikel ini naik, perjalanannya sudah hampir 1 dekade/10 tahun lho, karena dulu PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan secara resmi pada 20 Mei 2010. Jadi selama 4 kali perubahan Honda Scoopy dari tahun ke tahun, pada akhirnya desain,teknologi dan fitur yang disematkan juga mengalami evolusi menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia yang terus berkembang.

Sedikit kita cari tahu yuk, generasi ke generasi honda scoopy biar makin paham perbedaannya

Scoopy Generasi Pertama
Ini adalah awal perjalanan Honda Scoopy di Indonesia. Seperti yang saya katakan diawal, dia adalah motor matic retro namun bergaya modern, sekujur bodynya dipenuhi dengan tarikan garis serba membulat khas motor retro.

Scoopy generasi pertama menggunakan mesin berkapasitas 110cc berpendingin udara dan masih mengandalkan pengabutan bahan bakar Karburator.

Lampu depan (headlight) mengandalkan bohlam halogen, sein depan dan belakang terpisah dengan bohlam halogen pula, panel meter analog, bagasi belum helm-in, velg 14 inchi.

Fitur yang ditawarkan adalah SKS (Secure Key System) atau penutup lubang anak kunci sistem magnet, Side Stand Switch (standar samping otomatis), parking brake lock dan choke otomatis.

Scoopy Generasi Kedua
Pada 6 Februari 2013 PT Astra Honda Motor (AHM) merilis New Scoopy FI dengan desain yang tidak terlalu berbeda dari generasi sebelumnya. Maklum, ini adalah versi minor change/facelift jadi memang tidak banyak yang berubah soal desainnya. Tapi baiknya soal teknologi diupdate lho.

Terbukti evolusi Honda Scoopy kedua ini sudah menganut pengabutan bahan bakar Injeksi atau Honda menamakannya PGM-FI. Selain itu desain headlamp lebih modern berkat penyematan projector kendati pencahayaannya masih bohlam halogen sih, tapi secara tampilan oke banget.

Lampu sein depan dan belakang sudah berpindah ke body, panel meter kendati sudah diupdate desainnya namun masih analog. Kemudian soal bagasinya, dia sudah mendukung penyimpanan helm atau disebut Helm-in, rem sudah CBS (Combi Brake System).

Scoopy Generasi Ketiga
Tepat pada 13 Mei 2015 AHM merilis Honda Scoopy eSP. Soal desain, pabrikan dengan tagline One Heart itu masih mempertahankan dari sebelumnya. Selain bermain dengan warna dan grafis, fokus perubahan Honda Scoopy generasi ketiga ini pada teknologi dan fiturnya teman teman. Fitur terbarunya adalah eSP (Enhanced Smart Power), ACG Starter, ISS (Idling Stops System) dan Answer Back System.

eSP merupakan teknologi yang menjadikan kinerja mesin semakin optimal. Karena dengan ESP akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang.
ACG Starter membuat suara mesin menjadi halus ketika distarter, enggak ”bletak duorr’ lagi hehe
ISS membuat mesin motor seketika mati ketika dalam keadaan stationer lebih dari 5 detik. Dan akan otomatis menyala ketika gas dibuka. Fitur ini jelas akan menghemat BBM dan mengurangi polusi utamanya diperkotaan.
ABS disini merupakan Answer Back System yang fungsinya memudahkan kita saat mencari kendaraan diparkiran. Dengan memencet tombol berlogo Horn maka motor akan mengeluarkan bunyi bebarengan dengan nyala lampu sein kanan-kiri.

Scoopy Generasi Keempat
All New Honda Scoopy 2017 resmi dirilis AHM pada 29 Maret 2019 di Jakarta. Seperti namanya, pada model terbaru ini mengalami perubahan yang signifikan baik desain, spesifikasi dan fitur yang disematkan.

Desain yang baru kalau saya bilang lebih fresh dan stylish jika dibandingkan dengan sebelumnya. Dari depan kita akan melihat lampu utama (Headlight) LED projector yang terintergrasi dengan lampu sein. Kemudian panel meter yang sekarang desainnya berubah dan mengadopsi kombinasi analog digital.

Pada model terbaru ini mendapat beragam fitur baru, diantaranya ialah :

Anti Theft System yang meminimalisir kejadian Curanmor
Velg baru 12 inchi dan dibalut oleh Ban Tubeless Type dengan profil lebar
DC Outlet alias Port USB Charger 12V 1A yang berguna untuk melakukan pengecasan HP maupun Power Bank.
Harga Honda Scoopy 2017 atau generasi keempat ini dibanderol Rp 17,800.000 OTR Jakarta pada saat dirilis. Dan kini di Oktober 2019 harganya sudah menembus angka Rp. 19,193.000 OTR Jakarta. Wah naiknya lumayan juga ya, padahal cuma ganti warna dan striping saja hehe.

Meski harganya terus naik, namun konsumen yang berminat membeli Honda Scoopy terbilang tinggi. Terbukti, saat data penjualan motor AISI masih dishare ke publik motor pesaing Yamaha Fino itu selalu masuk 10 motor terlaris tiap bulannya setelah BeAT series dan Vario Series.

Scoopy Generasi Kelima
All New Honda Scoopy dibekali generasi terbaru mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Hal tersebut didukung oleh penggunaan rangka baru eSAF. Teknologi frame baru Honda yang membuat skutik ini lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2L dan mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 menjadikan skutik popular ini semakin efisien, lebih responsif, dan juga ramah lingkungan.

Beragam fitur teranyar turut dihadirkan pada All New Honda Scoopy untuk semakin memberikan kenyamanan bagi pengendara.Penyematan lampu depan dan belakang dengan desain terbaru berbentuk oval sempurna sebagai simbol dari Honda Scoopy hadir dengan kombinasi sistem pencahayaan LED projector yang semakin menonjolkan kesan unik dari tampilan depan dan belakang Honda Scoopy.

Penyematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan. USB Charger model terbaru pada console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. Skutik popular ini menjadi trendsetter di kelasnya untuk penyematan fitur charging model ini.

Kombinasi terbaru panel meter digital kini hadir dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar ratarata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

Fitur unggulan lain pada All New Honda Scoopy juga dipertahankankan seperti desain pijakan kaki terbaru untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman dan stylish. Model baru ini juga mengaplikasikan velg baru dual 5 spokes, 12 inch dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara. Kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm Scoopy. All New Honda Scoopy memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

All New Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna yang menjadikan model ini semakin atraktif dengan hadirnya desain dan warna terbaru yang telah disesuaikan dengan karakter pengendara yang beragam sekaligus menjadikan model ini trendsetter dikelasnya. Varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *