Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs

Menyemarakkan gelaran Honda Genio Custom Playground, PT Astra International Tbk-honda mengemas acara tersebut semakin meriah dengan menghadirkan local pop-up market, All Style competition, Mural Art, Fashion Show Gen Eksis, Talk Show modifikasi bersama konten kreator lokal top dan komunitas Honda yang di gelar pada Hari Minggu tanggal 24 November 2019 berlokasi Transmart Kubu Raya.

Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs
Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs

Pada acara itu, Astra Motor juga menghadirkan 2  unit Honda Genio yang telah dimodifikasi dengan sangat menarik hingga bisa dijadikan acuan untuk mengubah Honda Genio kesayangan masing-masing. Kemeriahan Genio Custom Playground ditutup dengan penampilan impresif dari band HIT kota Pontianak.

Melalui community gathering bertajuk Genio Custom Colour anggota komunitas Honda yang hadir saling bersilaturahmi sekaligus berbagai inspirasi dalam kegiatan ini. Diawali dengan city rolling dari Dealer Nagamas Pontianak, peserta Genio Custom Colour menuju ke Transmart Kubu Raya. Sesampainya di lokasi peserta diajak untuk merasakan impresi langsung berkendara menggunakan Honda Genio yang dibekali dengan mesin dan rangka generasi terbaru Honda melalui unit riding test yang sudah di siapkan team Safety Riding Astra Motor Pontianak

Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs
Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs

Anggota komunitas yang hadir juga diajak untuk berbagi inspirasi tentang modifikasi visual dengan teknik painting barang anak muda yang trendy dan styles. Keseruan Genio Custom Playground yang juga di meriahkan dengan kehadiran konten kreator lokal top di Kota Pontianak. Koordinator Komunitas Honda Kalbar, Dony Adrian mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah silaturrahmi para bikers dan komunitas untuk berbagi pengalaman sekaligus berbagi kesempatan untuk bisa mengeksplorasi dan merasakan Honda Genio dengan mesin dan rangka terbaru.

“Berbagai acara menarik telah kami persiapkan untuk Honda Custom Colour ini. Mulai dari sharing mengenai bagaimana komunitas menjalani kepengurusan hingga membangun relasi dengan komunitas lainnya dan tentunya juga mempererat jalinan silaturrahmi antara komunitas dengan main dealer,” ungkap Dony.

Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs
Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs

Agus salah satu peserta Honda Custom Colour mengapresiasi Astra Motor Pontianak yang telah mengadakan acara tersebut. Selain ajang untuk menyalurkan hobi, acara itu juga mempertemukan berbagai komunitas sehingga terjalin keakraban.

“Kami sangat menantikan kegiatan Honda berikutnya di tahun 2020. Kekompakan sesama anggota komunitas inilah yang kami inginkan. Dengan diadakannya kegiatan ini semakin mempererat hubungan baik sesama anggota komunitas lainya dan main dealer,” pungkasnya.  

Honda Genio merupakan generasi baru dari matik Honda dengan kapasitas 110cc pendingin udara. Astra Honda Motor mengklaim motor ini merupakan mesin dan rangka generasi baru. Mesin baru Honda Genio ini memiliki konfigurasi diameter piston 47 mm dan panjang langkah 63,1 mm sehingga kapasitas menjadi 109,5cc. Adapun mesin Honda Beat Esp mengandalkan konfigurasi diameter 50mm x 55,1 mm dengan kapasitas 108,2cc.

Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs
Genio Color Custom ajak Komunitas Honda semakin ngeHITs

Honda Genio menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam. Hal ini ditunjang dengan kompresi tinggi 10,0:1. “Peningkatan kompresi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa motor,” kata Makoto Dohi, Assistant Chief Engineering Departemen 2, Product Development Division.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3. Model berpose di atas motor Honda Genio saat diluncurkan di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019. PT Astra Honda Motor memperkenalkan skuter matik (skutik) Honda Genio dengan mesin eSP 110cc dan rangka berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang didesain untuk generasi muda Indonesia.

Adapun mesin generasi Honda Beat Esp mampu menghasilkan tenaga 6,38 KW (8,68 PS)/7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,01 N.m (0,92 kgf.m)/6.500 rpm. Mesin Beat Esp mampu meraih angka konsumsi bahan bakar 59 kilometer per liter tak jauh beda dari Honda Genio. Tak hanya mesin, Honda juga memperbaiki compact combustion chamber sehingga aliran udara lebih deras, mengurangi bobot motor dengan penggunaan rangka baru Enhance Smart Architecture Frame (eSAF), dan juga desain v-belt W-cog yang bisa mengurangi gesekan dan suara CVT menjadai lebih hening. “Sistem W-Cog juga menunjang cengkraman belt yang lebih baik,” kata Endro Sutarno Techincal Service Division AHM.

Kaori Kaneko, Honda Motorcycle Operation Mobuzukuri Center mengungkapkan rangka baru pada Honda Genio lebih handal dengan sistem pengelasan yang presisi. Proses pembuatan rangka ini melalui proses pres dan penggunaan laser. Rangka baru ini juga bisa menekan bobot hingga 8 persen lebih ringan dari model rangka matik 110 lawas. “Saat dipakai di permukaan jalan kasar (bergelombang) tetap stabil,” ujarnya.

Teknologi lampu depan Honda Genio sudah menggunakan LED, dipadu lampu belakang stylish, serta lampu sein terpisah di bagian cover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal. Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

Honda Genio dibekali fitur-fitur penunjang, menyesuaikan kebutuhan pengguna seperti ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter untuk menyimpan barang kebutuhan harian dalam berkendara. Di dalam bagasi juga disiapkan power charger untuk mengisi ulang baterai gadget bagi generasi muda masa kini yang sering menggunakan gadget.

Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis. Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *