Honda Bikers Camp Adventure Mempererat Silahturahmi Komunitas Honda

Mengawali rangkaian kegiatan bagi komunitas motor Honda di Kalimantan Barat  di tahun 2020, Astra Motor Pontianak menggelar kegiatan komunitas Honda yang bertajuk Bikers Adventure Camp Adventure & Workshop jurnalistik di Palm Beach Pak Lotay, Singkawang pada 01 – 02 Pebruari 2020.

Honda Bikers Camp Adventure Mempererat Silahturahmi Komunitas Honda

Kegiatan community gathering yang berjalan dengan mengambil konsep camping di tepi pantai ini dilaksanakan untuk menyambut tahun 2020, sekaligus mempererat persahabatan antar anggota komunitas motor Honda yang ada di Kalbar dan sekitarnya.

Activity Bikers Camp Adventure & Workshop Jurnalistik ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai komunitas.

Komunitas-komunitas yang bergabung menyemarakkan kegiatan ini antara lain adalah member club di bawah naungan Paguyuban HWBC seperti ; HPCI Pontianak, HSOI Pontianak, Honda CBR Independet Pontianak, Scutik Pontianak, HSFCI Singkawang, GRIP, VOC Pontianak, HVC, Combes, Revo Sambas, Vario Sambas, Gres, Vario Kapuas Hulu, HAI Pontianak, Genio Club Pontianak dan komunitas Singbebas lainnya.

Honda Bikers Camp Adventure Mempererat Silahturahmi Komunitas Honda

“Terima kasih kepada seluruh perwakilan komunitas yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga melalui Bikers Camp Adventure & Workshop Jurnalistik sebagai agenda buka tahun 2020 ini persahabatan antar komunitas semakin terjalin erat dan kita semua bisa melalui tahun 2020 dengan solid,” ungkap PIC Honda Community Astra Motor  Dony Adrian.

Bikers Camp Adventure & Workshop Jurnalistik diawali dengan city rolling dari Astra Motor Singkawang  menuju ke Palm Beach Pak Lotay, Singkawang

Sebelum keberangkatan, seluruh peserta mendapatkan pengarahan mengenai formasi touring yang aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Honda Bikers Camp Adventure Mempererat Silahturahmi Komunitas Honda

Setiba di lokasi, seluruh peserta dibagi untuk berkelompok sesuai dengan kapasitas tenda yang telah disiapkan.

Saat menjelang malam, peserta diajak untuk mengikuti sarasehan dengan pembahasan mengenai hondacommunity.net, aplikasi Honda Community ID (HCID), aktivitas komunitas motor Honda di tahun 2020, serta ditutup dengan api unggun dan barbeque party.

Pada hari kedua pelaksanaan Bikers Camp Adventure & Workshop Jurnalistik, seluruh peserta mengikuti kegiatan senam erobik ala bikers yang di pandu instruktur senam dan Games lapangan untuk meningkatkan rasa solideritas sekaligus melatih kemampuan kerja sama.

Aktivitas ini ditutup dengan agenda bersih-bersih pantai di sekitar lokasi camping sebagai bentuk kepedulian komunitas Honda dengan lingkungan sekitar.

Honda Bikers Camp Adventure Mempererat Silahturahmi Komunitas Honda

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti kegiatan Bikers Camp Adventure.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, selain touring kita juga langsung mendapatkan pelatihan tentang manajemen club, bisa tertemu dan menjalin silahturahmi sesama bikers honda yang datang dari luar daerah di bawah naungan peguyuban HWBC.“ Ungkap Mahendra salah satu peserta.

Berkembangnya Club Motor atau Komunitas Bikers di kota Pontianak yang semakin marak merupakan sebuah realita yang dihasilkan dari perkembangan sosial masyarakat yang semakin heterogen. Hal tersebut bukan hal yang tidak mungkin akan menimbulkan implikasi sosial yang positif maupun negatif, situasi yang berkembang saat ini di sebagian masyarakat bahwa komunitas bikers kini telah menjadi mesin penghasil generasi yang anarkis dan lain sebagainya yang bersifat negatif. Namun bila kita cermati secara bijaksana, ada banyak hal positif yang bisa kita gali dari keberadaan club motor tersebut. Di Dalam Club Motor sebenarnya tidak ada bedanya dengan organisasi lainnya misalnya pramuka atau pecinta alam yang selalu menanamkan kedisiplinan, rasa solidaritas, kebersamaan, bahkan di club motor para anggotanya mendapatkan pengetahuan tentang mekanik dan ini tentunya bisa dijadikan modal bagi mereka di masa depan. Mungkin karena lebih ngetrend dibanding lainnya, para remaja cenderung lebih banyak ikut dalam club motor sebagai tempat pencarian jati diri serta aktualisasi diri mereka.

Club Motor merupakan komunitas bagian dari masyarakat yang patut kita berikan kesempatan serta ruang untuk berkreatifitas untuk memberikan karya dan baktinya terhadap masyarakat dan memberikan kontribusi yang positif pada kemajuan kota Pontianak. Para bikers Club motor yang mayoritas merupakan kaum muda generasi penerus pembangunan sudah saatnya kita perhatikan dan kita fasilitasi agar potensi kreatif yang dimilikinya dapat dikembangkan dengan arah yang lebih jelas. Sikap antipati, pesimisme bahkan tindakan refresif bukan merupakan jawaban atas berkembangnya Club Motor, saat ini ada sekitar 30.000 Bikers yang tergabung dalam 200-an Club Motor dan mungkin akan terus berkembang. Dan ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk mengarahkan serta membina mereka menjadi semakin lebih baik agar mereka menjadi generasi yang berkualitas.