Honda CT125 Siap di Produksi Masal di Indonesia

Pabrikan Honda masih terus berinovasi untuk memunculkan motor-motor baru mereka. Motor apa yang akan muncul tahun depan dan tahun-tahun berikutnya? Salah satu cara untuk mengetahui bocoran produk-produk baru dari Honda bisa lihat dari Tokyo Motor Show.

Honda CT125 Siap di Produksi Masal
Honda CT125 Siap di Produksi Masal

Tokyo Motor Show merupakan pameran otomotif internasonal yang rutin digelar di Jepang tiap dua tahun sekali.Ajang ini kerap dijadikan tempat bagi pabrikan motor termasuk Honda untuk mengenalkan produk terbaru mereka.Salah satu yang pabrikan yang bakal merilis produknya di acara yang bakal digelar mulai 24 Oktober hingga 4 November 2019 ini adalah Honda.

Beberapa produk dan teknologi diketahui sudah disiapkan Honda.Tak hanya terdiri dari satu varian, namun motor baru yang disiapkan cukup beragam mulai dari motor matic, bebek, adventure hingga sport bike.Menariknya salah satu yang disiapkan Honda ternyata Honda ADV150.Yup, Honda ADV150 yang sudah dirilis di Indonesia ternyata juga disiapkan untuk pasar Jepang. Selain ADV150, beberapa motor lain yang disiapkan antara lain Honda CT125 Concept, Benly, Gyro, Africa Twin 1100 dan Africa Twin 1100 Adventure Sport. Selain itu All New CBR1000RR dan All New CBR250RR juga kabarnya bakal diluncurkan.

Salah satu yang paling menarik adalah Honda CT125 Concept, seperti apa ya kira kira? PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda CT125 sebagai ikon sepeda motor bebek trekking yang mudah dikendarai setiap hari, sekaligus nyaman untuk menemani aktivitas trekking saat menikmati alam. Dengan desain yang tangguh dan modern, Honda CT125 mewujudkan gaya berkendara yang simpel dan unik.

Honda CT125

lahir dari perkembangan konsep motor Honda Super Cub yang tidak hanya dapat digunakan di jalan perkotaan, tetapi juga untuk beragam aktivitas outdoor. Konsep tersebut diwujudkan melalui Honda CA100T Trail 50 yang diluncurkan pada tahun 1961 untuk memenuhi permintaan motor yang dapat menemani bepergian ke pegunungan atau menjaga lahan pertanian yang luas, serta menemani hobi pengendaranya seperti berkemah dan memancing. Pada tahun 1964, nama legendaris CT lahir dan pertama kali digunakan pada Honda CT200 Trail 90. Pada tahun 2020, produk yang sudah melegenda selama hampir 60 tahun ini didesain ulang dengan perspektif modern terbaru yang dibekali dengan teknologi terkini melalui Honda CT125.

Honda CT125 didesain untuk menjadi partner berkendara yang tangguh di medan trekking menuju destinasi menyenangkan seperti berkemah, memancing, ataupun touring santai menikmati alam. Menggunakan rangka yang rigid dan ringan, rangka belakang model ini dibuat lebih panjang untuk mengakomodasi barang bawaan yang lebih besar. Karakter mesin 125cc yang menghasilkan torsi besar dan penyematan rem ABS pada Honda CT125 memberikan pengalaman berkendara yang semakin berbeda.

Honda Jepang nampaknya benar-benar serius dalam menggarap segmen motor bertampang klasik. Buktinya, mereka merilis Honda CT125 Concept dalam gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Secara fisik, Honda CT125 ini merupakan motor bebek semi-trail dengan desain tahun 1980-an. Selain itu, terpasang suspensi jangkung, velg jari-jari (spoke-wheel), dan ban dual-purpose. Yang menarik ialah struktur rangkanya yang mirip Honda C70 sehingga kental dengan nuansa lawas. Selain itu, knalpotnya dibuat tinggi, seperti motor trail pada umumnya.

Meski demikian, pabrikan berlogo sayap ini tetap menjejalkan beragam teknologi modern, seperti lampu-lampu LED berbentuk butal, instrumen panel digital, dan sistem pengereman ABS. Untuk urusan performa, mengutip dari Rideapart.com, Honda CT125 dibekali mesin yang sama dengan milik Honda Super Cub C125, yakni 1-silinder 124 cc bertenaga 9,7 PS dan torsi 10 Nm.

Sayangnya, pihak Honda Jepang masih memajang Honda CT125 sebagai motor konsep di TMS 2019. Namun, kemungkinan besar motor bebek ini akan dilanjutkan ke lini produksi massal.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *