Honda edukasi keamanan berkendara bersama Polda Kalbar

Pada tanggal 13 Juli 2020 Honda Kalbar kembali menyelenggarakan program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Kepolisian, NGOPREK saat ini sangat menarik, dengan tema Patuhi Peraturan Lalu Lintas dengan #cari_aman. NGOPREK yang membahas kebutuhan yang harus dimiliki pengendara motor, area” yang rawan lakalantas, selain itu ada edukasi yang diberikan oleh instruktur Safety Riding dan Sarifah Salbiah selaku KaSubDit BinPolMas Polda Kalimantan Barat. Dengan pembahasan safety riding yang dikombinasikan dengan informasi lakalantas dan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak aman, mengikuti protokol New Normal diharapkan masyarakat tetap sehat dan aman ketika berkendara maupun beraktivitas.

Honda edukasi keamanan berkendara bersama Polda Kalbar
Honda edukasi keamanan berkendara bersama Polda Kalbar

Edukasi yang diberikan juga sangat menarik yaitu pengecekan kendaraan sebelum berkendara yang benar, edukasi disampaikan oleh instruktur Safety Riding Honda Kalbar Prastya Agusta dengan pembawaan host yang menarik bernama Febri Andrian Program NGOPREK ini menjadi menjadi lebih ringan dan mudah dimengerti. Semoga Edukasi Safety Riding ini terus berlanjut agar masyarakat selalu ingat akan keselamatan saat berkendara. Mobilitas dengan menggunakan motor banyak disukai karena lebih efisien terutama di kota besar yang rawan dengan kemacetan.
Setelah beberapa bulan masyarakat Indonesia menghadapi Pandemi Covid-19, kini bersiap memasuki era New Normal, dimana masyarakat mulai beraktivitas kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Para pengguna sepeda motor harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya dalam beraktivitas sehari-hari.
Sejalan dengan era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di mana mobilitas dan aktivitas masyarakat semakin meningkat, ada beberapa kebiasaan baru yang harus diubah sesuai dengan rambu-rambu protokol kesehatan Covid-19. Termasuk bagi mereka yang menggunakan motor. Taat protokol ini tidak hanya penting bagi dirinya, namun juga bagi orang lain di sekitar agar terhindar Covid-19. saat ini berbagai kegiatan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, tak terkecuali saat berkendara.
Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara, hingga setelah berkendara. Hal ini demi menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan mengurangi risiko terkena Virus Korona. Tips berkendara di new normal bisa dimulai dari pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat celcius atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Periksalah kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik. selain harus tetap menggunakan riding gear agar aman saat berkendara, saat ini ada beberapa tambahan persiapan yang harus dilakukan oleh pengendara dalam melakukan protokol kesehatan saat berkendara.
Salah satunya yaitu menggunakan masker saat berkendara.Selain masker, ada tambahan lain yang harus digunakan rider di era new normal. Yaitu sarung tangan. Hal ini agar terhindar dari bakteri atau virus yang kemungkinan menempel di tangan saat dalam perjalanan. Saat berkendara pun baiknya untuk tetap menjaga jarak dengan pengendara lain. Jarak yang terlalu dekat akan memperbesar resiko terjadinya kontak yang dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan. Setelah berkendara dan sampai di rumah, alangkah baiknya untuk mencuci semua perlengkapan riding gear yang kita gunakan. Hal ini untuk membunuh kuman yang tidak baik untuk kesehatan kita. Pengendara diminta untuk selalu menjaga kesehatan disarankan membawa hand sanitizer agar tangan selalu bersih dan kesehatan selalu terjaga.
Saat berkendara, selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemik atau teridentifikasi sebagai zona merah dengan mencari jalur alternatif lainnya.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *