Honda Kalbar Ngoprek Bersama Komunitas Honda Grand Pontianak

Pada tanggal 20 Juli 2020 Honda Kalbar kembali menyelenggarakan program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Komunitas Honda Grandrist Pontianak, NGOPREK saat ini sangat menarik, dengan tema Tua Muda Mesti #cari_aman. NGOPREK yang membahas sejarah singkat motor grand, sejarah singkat komunitas Honda Grandrist Pontianak dan edukasi keamanan saat berkendara. Dengan pembahasan safety riding yang dikombinasikan dengan pengetahuan sejarah motor Honda Grand, memberikan kesan yang menarik, karena penonton jadi mengetahui sejarah motor Honda Grand yang mudah dimengerti yang dijelaskan oleh ketua Komunitas Grandris Pontianak.

Honda Kalbar Melakukan Bincang Motor Legend dan Edukasi Safety Riding Bersama Komunitas Honda Grand Pontianak
Honda Kalbar Melakukan Bincang Motor Legend dan Edukasi Safety Riding Bersama Komunitas Honda Grand Pontianak

Edukasi yang diberikan juga sangat menarik yaitu pengecekan kendaraan sebelum berkendara yang benar, edukasi disampaikan oleh instruktur Safety Riding Honda Kalbar Prastya Agusta dengan pembawaan host yang menarik bernama Febri Andrian Program NGOPREK ini menjadi menjadi lebih ringan dan mudah dimengerti.

Tunggu terus program-program menarik yang diberikan oleh Honda Kalbar setiap bulannya.
Ada yang penasaran dengan honda astrea grand? Yuk cari tahu dulu. Astrea Grand ini dalam silsilahnya termasuk cicit dari Super Cub. Alasannya, motor ini menjadi kelanjutan era setelah Super Cub, Astrea 700, Astrea 800, dan Astrea Star lalu Prima. Soal performa, tidak usah diragukan lagi sekalipun cuma berbekal mesin 95 cc. Honda Astrea Grand masih kuat diajak naik turun jalan pegunungan tanpa masalah. Performa di jalan mendatar pun lumayan oke, karena masih kuat digeber sampai kecepatan 90-an kilometer per jam. Kalah deh motor bebek injeksi 110-125 modern yang cuma kuat digeber hingga 100 km/jam.
Honda Astrea Grand pertama kali dirilis sekitar tahun 1991. Nah keluaran pertama ini disebut Grand Bulus karena bentuk lampu belakang yang cembung mirip bulus alias kura-kura. Tiga tahun berselang, Federal Motor selaku agen pemegang merek kemudian merilis pembaharuan Astrea Grand. Pada facelift ini perbedaannya pada desain lampu belakang yang memiliki desain seperti duck tail dengan tambahan spoiler. Soal ketersediaan suku cadang pun masih sangat mudah, karena pemilik Astrea Grand ini masih sangat banyak di kota-kota kecil. Jelas saja, Astrea Grand termasuk motor bebek paling laku pada masanya. Ukurannya proporsional dengan posisi duduk pengendara dan ‘boncengers’ yang nyaman bahkan untuk jarak jauh sekalipun.
Belum lagi, konsumsi bensin Astrea Grand ini iritnya kebangetan. Bahkan ada anekdot yang menyebut, bila tangki Astrea Grand ini cuma nyium aroma bensin saja sudah mau jalan. Touring jarak jauh pakai Astrea Grand dijamin tidak tekor duit bensin.
Sekilas Perjalanan Honda Astrea Grand
Sempat disinggung di atas, Honda Astrea Grand diperkenalkan pertama kali oleh Federal Motor pada 1991 menggantikan Astrea Prima. Bagi yang belum tahu, Federal Motor adalah distributor dan manufaktur motor Honda sebelum era PT Astra Honda Motor. Kehadiran prinsipal Honda Motor Corporation membuat nama Federal Motor berganti menjadi Astra Honda Motor di tahun 2001.
Pada versi awal, Astrea Grand ini memiliki desain lampu belakang membulat mirip punggung kura-kura sehingga disebut sebagai Grand Bulus. Tiga tahun kemudian, Federal Motor memperbaharui desain Astrea Grand terutama di bagian lampu belakang dengan menambahkan spoiler duck tail.
Sebagai edisi penutup, Federal Motor merilis Astrea Impressa yang desainnya mirip seperti Astrea Grand namun lebih ramping. Peluncuran Astrea Impressa ini berbarengan dengan rilis Astrea Supra yang desainnya lebih sporty. Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1997, Federal Motor kembali mengeluarkan paket motor bebek murah dan kembali mengadopsi model Honda Astrea yang dinamai Honda Astrea Legenda.
Astrea Legenda memiliki teknologi yang lebih maju, tapi tetap mengadopsi mesin yang sama dengan Honda Astrea Grand, yang memiliki kapasitas mesin 100 cc. Begitu digemarinya desain khas Astrea Grand hingga ke era Legenda, PT Astra Honda Motor bahkan merilis Legenda 2 sebagai edisi terakhir klan Astrea Grand di Indonesia.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *