Honda PCX Makin diminati di Kalimantan Barat

Diluncurkannya Honda PCX 150 terbaru secara nasional beberapa waktu lalu tumbuhkan optimisme tinggi Astra Motor Pontianak. Keberadaannya, diyakini bakal mempermudah dominasi Honda di segmen pasar sepeda motor matik Kalbar. Tak tanggung-tanggung, main dealer sepeda motor Honda di Kalbar itu mematok target penjualan Honda PCX 150 terbaru di angka 500 unit per bulan. Angka yang terbilang cukup tinggi untuk sepeda motor matik premium.

Launching All New Honda PCX Hybrid di Pontianak
Launching All New Honda PCX Hybrid di Pontianak

“Dengan target ini, kami yakin bisa mencapainya. Jumlah ini cukup untuk merebut posisi pemimpin pasar di segmen AT (sepeda motor matik) premium, apalagi ditambah dengan line up mati 150 cc kami yang lain, Honda Vario 150,” ujar Marketing Promosi Astra Motor Pontianak, Prastya Agusta, saat ditemui, Kamis (08/02/2018).

Ia mengungkapkan, sepeda motor matik premium saat ini memang belumlah jadi andalan utama pihaknya di sisi penjualan. Sebab, backbone (tulang punggung) penjualan Honda di kategori sepeda motor matik saat ini begitu didominasi kelas AT entry low. “AT premium sejauh ini memang bukan segmen pareto kami. Tapi dengan keberadaan Honda PCX 150 terbaru ini, kami ingin berikan lebih banyak pilihan ke konsumen. Terutama di motor matik premium,” lanjutnya.

Dengan sudah terpesan 200 unit, pihaknya pun optimis rencana ini akan berjalan lancar. Sehingga target bisa dicapai tanpa kendala berarti. “Ini menandakan respon yang sangat baik dari konsumen terhadap PCX 150 terbaru. Tentu saja dengan begitu, target tersebut sangat mungkin untuk tercapai,” pungkasnya.

Astra Motor meluncurkan All new Honda PCX tak kalah dari Honda Forza di Kalimantan Barat mendapat respons positif oleh masyarakat dan hal itu ditunjukkan dengan hingga saat ini sudah ada 400 unit pemesanan. “Kami bangga sebab pecinta skutik premium di Kalbar kian antusias. Sejak dikenalkan pada Desember 2017 lalu dan kini baru diluncurkan di Kalbar langsung direspons positif oleh masyarakat,” ujar Marketing Manager Astra Motor Pontianak, Wirawan

Ia menjelaskan pelopor skutik premium, Honda PCX merupakan produksi Indonesia. “Bodi, desain dan fitur yang canggih di Honda PCX akan menjadi andalan pengendara yang lebih aman dan nyaman tentunya,” jelas dia. Suryanto menjelaskan pihaknya akan terus memaksimalkan layanan kepada pelanggan Honda PCX dengan layanan purna jual terbaik di seluruh jaringan Honda di Kalbar. “Saat ini honda menguasai pangsa pasar sepeda motor di Kalbar. Pencapaian yang ada terus ditingkatkan dengan layanan dan produk dari honda yang kian menjawab kebutuhan pengendara,” papar dia.

Ia berharap dukungan masyarakat Kalbar terus hadir dengan memilih kendaraan honda sebagai teman dalam mendukung aktivitas sehari-hari. “Kami selama ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalbar yang mempercayakan honda menjadi kendaraan terbaiknya,” kata dia.

Penjualan sepeda motor Honda masih menggandalkan penjualan pada skuter matik. All New Honda PCX yang terdistribusi mulai Februari mampu mencatatkan penjualan wholesale mencapai 9.661 unit. Jumlah ini mampu mengeser posisi Honda Scoopy yang mencatatkan penjualan 6.694 unit sebelumnya berada di posisi ketiga kini menjadi keempat.

Total penjualan motor matik buatan PT Astra Honda Motor (AHM) mencapai 293.056 unit. Kontribusi terbesar disumbangkan dari Beat 135.724 unit, diikuti Vario 85.977 unit. Adapun pasar bebek masih memberikan sumbangsih cukup besar dengan penjualan sebanyak 23.245 unit. Honda Revo series terjual 12.466 unit dan memberikan kontribusi terbesar pada segmen ini, diikuti oleh Honda Supra series 7.012 unit, Honda Sonic 2.818 unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor nasional pada Februari 2018 sebesar 439.586 unit atau mengalami 8,9 persen dibandingkan dengan Januari 2018. Sementara itu pada periode yang sama, sepeda motor Honda terjual 339.152 unit atau turun 2 persen. Meski pasar domestik merosot, pertumbuhan positif justru dicatatkan oleh segmen sport nasional yang tumbuh sebesar 3 persen menjadi 40.709 unit. Penjualan sepeda motor sport Honda mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi dengan total penjualan 22.851.

All New Honda CB150R Streetfire menjadi penyebab utama. Pada Februari 2018 model ini tumbuh 12,8 persen, menjadi 7.168 unit. Hal ini sekaligus menjadikan motor tersebut menguasai segmen sport 150cc pada bulan lalu. General Manager Sales Division AHM Didi Kwok mengatakan penerimaan konsumen yang baik terhadap All New Honda CB150R Streetfire menjadi satu kontributor utama pada segmen sport perusahaan. “Kami berharap pencapaian positif ini menjadi awal yang baik bagi penjualan di industri sepeda motor tahun ini, khususnya penjualan sepeda motor Honda,” ujar Didi dalam keterangan resmi, Sabtu 17 Maret 2018.

Adapun kontributor kedua AHM pada segmen sport diisi oleh seri CBR dengan 7.260 unit. Diikuti kemudian CRF150L 4.415 unit, CB150 Verza 3.764 unit, dan Megapro 200 unit. Mengikuti keberhasilan All New Honda CB150R Streetfire di segmen sport, kontribusi terbesar kedua diikuti oleh penjualan Honda CBR series yang laris terjual 7.260 unit, disusul Honda CRF150L sebanyak 4.415 unit, Honda CB150 Verza 3.764 unit, dan Honda Megapro 200 unit yang masih kalah dari Honda PCX.

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “Honda PCX Makin diminati di Kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *