HUT Kota Pontianak Ke-249, AHASS Kalbar Beri Kejutan Spesial

Astra Motor Kalimantan Barat turut memeriahkan HUT Kota Pontianak yang Ke-249 yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2020 dengan memberikan program menarik yakni pembersihan injektor dengan cukup membayar Rp.24.900 di seluruh jaringan AHASS di Kodya Pontianak selama periode 23 Oktober – 30 Oktober 2020. Konsumen yang ingin mendapatkan program ini bisa mengunjungi jaringan AHASS di 2 titik di daerah Kodya Pontanak yaitu di Astra Motor Pattimura dan Astra Motor Serdam.

HUT Kota Pontianak Ke-249, AHASS Kalbar Beri Kejutan Spesial
HUT Kota Pontianak Ke-249, AHASS Kalbar Beri Kejutan Spesial

Bagi pengguna sepeda motor Honda yang pernah mengalami kendala pada sepeda motor Hondanya seperti kurang bertenaga saat dikendarai atau tarikannya kurang kencang disebabkan sering mengabaikan kebersihan injector yang menjadi media utama untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin kendaraan. Fungsi utama pada injector pada motor sendiri adalah untuk menyuntikkan dan menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar pada mesin kendaraan, agar suplay bahan bakar lancar.

Technical Service Manager Astra Motor Kalbar Iwan Hary Susilo mengatakan bahwa , untuk menghindari penurunan performa motor, pembersihan injektor sebaiknya dilakukan setiap service berkala di Jaringan AHASS yang tersebar di seluruh wilayah Kalbar. “Kami berharap dengan adanya program ini, konsumen setia AHASS semakin lebih peduli terhadap perawatan rutin sepeda motor Honda yang dimiliki sehingga tetap terjaga perfoma serta kualitasnya”. Ungkap Iwan.

HUT Kota Pontianak Ke-249, AHASS Kalbar Beri Kejutan Spesial
HUT Kota Pontianak Ke-249, AHASS Kalbar Beri Kejutan Spesial

Tidak hanya itu, Astra Motor kalbar juga memiliki program menarik lainnya, yaitu voucher penggantian oli sebesar 20 ribu dengan melakukan Booking Service melalui aplikasi Motorku X selain itu konsumen juga akan mendapatkan benefit berupa Oli Gardan, Air Radiator serta Busi secara gratis.
Mesin berbahan bakar bensin saat ini mayoritas sudah menggunakan tehnologi Injection. Setiap Bengkel Resmi sudah menyediakan tehnologi canggih untuk perawatan kendaraan dengan tehnologi injeksi, yang tidak semua bengkel bisa menangani perawatan kendaraan jenis ini.

Meskipun jarang rusak injector ini kadang mengalami masalah, bila mobil terasa kurang tenaga kemudian pada putaran tertentu terasa mrebet maka ada indikasi injector ini bermasalah.

Injector bermasalah disebabkan antara lain adalah tersumbatnya lubang-lubang injector, hal ini dapat disebabkan karena menumpuknya kotoran pada nosel injector. Nah, kotoran ini biasanya terbawa oleh bahan bakar yang kurang bagus kualitasnya.

Atau bisa juga dikarenakan kurangnya perawatan pada tangki bahan bakar dan fuel pump, apalagi ditambah dengan kebiasaan mengisi bahan bakar pada saat sudah dalam posisi E. Hal ini dikarenakan bila tangki kosong maka akan lebih cepat menimbulkan kondensasi yang akhirnya dapat memicu kerak pada tangki bahan bakar.

Injektor sebagai satu-satunya pengirim bahan bakar minyak (BBM) ke ruang mesin tentu harus dijaga kebersihannya. Sayangnya, karena kebersihannya tak terlihat dan cukup repot membersihkannya, sangat sedikit pengguna mobil yang sadar untuk melakukan tahapan ini. Padahal kalau sudah tersumbat, maka semprotan, debit dan sebarannya bisa terganggu.

Jika kebersihan injektor sudah terganggu, efek berikutnya akan berpengaruh pada performa mesin dan juga konsumsi BBM mobil. Sebab, suplai BBM ke ruang mesin tak sesuai dengan kebutuhan, mengakibatkan injakan di pedal gas semakin dalam, yang artinya suplai BBM jadi lebih banyak lagi.

Supaya hal ini tak terjadi, jelas harus mengusir kotoran yang ada di injektor juga di beberapa tempat seperti klep, piston dan lainnya.

Anjuran kepada pemilik kendaraan Suzuki agar melakukan service Injeksi bahan bakar (Injektor) setiap satu tahun sekali atau setiap 20.000 km Untuk kendaraan dengan kilometer di atas 100.000 kami anjurkan setiap 6 bulan sekali, dengan melakukan perawatan injektor endapan karbon yang menyebabkan terhalangnya aliran bahan bakar akan dihilangkan. Ini akan meningkatkan jarak tempuh bahan bakar secara signifikan, yang akan menghemat konsumsi BBM.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *