HUT PMI Ke-75, AHASS Kalbar Berikan Gratis Pembersihan Injector

Astra Motor Kalimantan Barat turut memeriahkan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-75 yang jatuh pada tanggal 17 September 2020 dengan memberikan program menarik yakni gratis pembersihan injector untuk 75 konsumen pertama setiap melakukan service dan ganti oli diseluruh jaringan AHASS (Astra Honda). dengan syarat menunjukkan kartu keanggotaan PMI yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 September 2020.

HUT PMI Ke-75, AHASS Kalbar Berikan Gratis Pembersihan Injector
HUT PMI Ke-75, AHASS Kalbar Berikan Gratis Pembersihan Injector


Konsumen yang ingin mendapatkan program ini bisa mengunjungi jaringan AHASS di 9 titik yaitu di Astra Motor Pattimura, Astra Motor Serdam, Astra Motor Singkawang, Astra Motor Puttusibau, Astra Motor Sambas, Astra Motor Sekadau, Astra Motor Sintang, Astra Motor Sanggau dan Astra Motor Ketapang.

Bagi pengguna sepeda motor Honda yang pernah mengalami kendala pada sepeda motor Hondanya seperti kurang bertenaga saat dikendarai atau tarikannya kurang kencang disebabkan sering mengabaikan kebersihan injector yang menjadi media utama untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin kendaraan.


Fungsi utama pada injector pada motor sendiri adalah untuk menyuntikkan dan menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar pada mesin kendaraan, agar suplay bahan bakar lancar..
Technical Service Manager Astra Motor Kalbar Iwan Hary Susilo mengatakan bahwa, program ini merupakan bentuk apresiasi AHASS kepada seluruh tenaga PMI di Kota Pontianak. “program ini selain untuk mengapresiasi tenaga PMI, kita juga ingin meningkatkan kesadaran konsumen sepeda motor Honda terhadap pentingnya service berkala dijaringan AHASS.” Ungkap Iwan.
Seperti halnya motor karburator, motor injeksi ternyata juga perlu dibersihkan dengan rutin. Bedanya, komponen motor injeksi tidak perlu dibongkar saat dibersihkan karena prosesnya dibantu dengan alat berupa injector cleaner.
Nah untuk alasannya juga sama seperti motor karburator, sebabnya adalah kondisi bahan bakar yang kualitas dan kebersihannya berbeda-beda.

Kualitas dan kebersihan bensin di Indonesia kadang berbeda. Apalagi, yang sering beli bensin eceran. Resiko masuknya kotoran di motor jadi lebih besar, Karena alasan inilah, motor injeksi juga perlu diberi perhatian tambahan agar tidak timbul masalah saat berkendara. Sebagai bengkel spesialis yang biasa menangani motor injeksi, kita anjurkan untuk selalu dibersihkan minimal bersamaan dengan servis ringan. Atau bisa juga lakukan pembersihan saat tarikan motor sudah terasa berat dan boros bensin.

Setelah dilakukan proses pembersihan, pengguna juga dapat merasakan perbedaan pada kendaraannya saat dijajal. Motor dijamin makin enteng tarikannya karena kotoran dan kerak di sistem injeksi, busi, serta ruang bakar sudah terangkat bersama gas buang melalui knalpot.
Jika Anda memiliki motor dengan pasokan bahan bakar sistem injeksi langsung, ada baiknya rutin melakukan perawatan berkala agar performa motor tetap ngacir.bSecara teori, proses pembakaran di sepeda motor injeksi tetap ada sisa pembakaran. Injektor dan ruang bakar yang telah mengalami proses pembersihan, efeknya
dapat menyegarkan performa mesin, menghaluskan idle, memperbaiki performa


akselerasi, menghemat bahan bakar serta memperbaiki emisi gas buang. Karena itu, membersihkan berkala injektor disarankan agar dilakukan. Manfaatnya, mesin jadi mudah dihidupkan, membersihkan sumbatan di injektor, dan meningkatkan pembakaran dan performa mesin. Manfaat lainnya adalah mencegah hentakan dan kelambatan ketika kecepatan meningkat, dan melindungi sistem bahan bakar terhadap karat dan korosi. Jangan tunggu brebet, motor injeksi butuh pembersihan bagian injector secara berkala.

Setiap pabrikan motor punya metode dan anjuran waktu pembersihan atau servis injector yang berbeda-beda. pabrikan menyarankan untuk infus injector setiap 10.000 km pemakaian, Cara membersihkan injektor pakai metode ini agak sedikit rumit dan butuh waktu. Sebab injektor motor harus dilepas dulu. Selanjutnya, di atas mesin injector tester & cleaner, Injektor mensimulasikan semprotan bensin sesuai tekanan standar. Kalau debit semprotan berkurang, berarti injektor kotor dan ada sumbatan pada hole.

Supaya terlihat perbedaannya, semprotan injektor yang kotor dibandingkan dengan semprotan injektor yang bersih. Jika diameter (hasil) semprotan injektornya kecil atau tidak membentuk lingkaran, berarti injektornya kotor, Jika sudah ketahuan kotor, injektor bisa dibersihkan langsung, dengan cara merendamnya di cairan pembersih. Agar terlihat hasilnya, akan dilakukan kembali simulasi penyemprotan injektor di mesin injector tester & cleaner.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *