Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

Saya cukup bangga diundang hadir di acara Three Ends kembali. Kali ini adalah kali kedua saya hadir mewakili netizen dan blogger. Ini membuktikan bahwa pengaruh media sosial menyampaikan hal baik patut diperhitungkan. Kampanye Three Ends tahap ke dua kali ini dilakukan di Hotel Kini dan mengundang berbagai elemen masyarakat untuk mengkampanyekan perlindungan terhadap perempuan dan anak. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi tentang Three Ends yaitu pertama akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, kedua akhiri perdagangan manusia, dan ketiga akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan.

Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends
Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

Untuk meningkatkan peran dan mendorong keterlibatan laki-laki dalam penghentian kekerasan terhadap perempuan dan anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalbar menggelar kampanye Three Ends He For She dan mengajak laki laki untuk menjadi pelindung dan pengayom bukan justru menjadi sumber kekerasan itu sendiri. Seperti diketahui bahwa di Kalimantan Barat sendiri angka kekerasan terhadap perempuan dan anak masih cukup tinggi. Hal ini baru yang terekspose dan tercatat, belum yang diluar itu. Demikian disampaikan Kepala Dinas PPPA Provinsi Kalimantan Barat, Sumarno

Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends
Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

Sebagai laki laki, Intinya hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak kita akhiri. Di Kalimantan Barat sendiri kekerasan terhadap perempuan dan anak masih cukup tinggi. Baik yang kita lihat melalui koran maupun laporan-laporan secara langsung yang kita terima, kita sering membacanya langsung di banyak media. Tidak bisa dipungkiri, itu semua akan menjadi masalah yang semakin besar jika tidak dihentikan.

Oleh karena itu, sebagai laki laki yang beruntung ikut ke acara Kampanye Three Ends perlu rasanya untuk bisa menyerap semua informasi dan menjadikannya contoh. Sebab merupakan salah satu upaya penanggulangan dan dalam mengurangi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Sosialisasi kepada masyarakat tentang menanamkan pendidikan moral kepada keluarga karena paling dekat pada perempuan dan anak. Kemudian juga Melalui pendidikan formal terutama karena ini tingkat anak-anak maka dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi juga baik sebagai dasar. Walaupun adanya kesetaraan saat ini antara laki laki dan perempuan tetap saja laki laki harus menjadi pelindung perempuan dan anak dari kekerasan yang datang dari luar maupun dari dalam.

Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends
Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

Memang saat ini perlu adanya upaya mengangkat harkat dan martabat sebagai anak bangsa, salah satuya menghilangkan perbedaan laki-laki dan perempuan. Perempuan dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi, apalagi jumlah perempuan di negara ini lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Tidak ada lagi yang memandang wanita sebelah mata. Perempuan perlu diberikan akses untuk berkreativitas dan berkarya. Kampanye Three Ends, merupakan bentuk komitmen yang menjadi kepedulian para pemimpin negara di mana perempuan mempresentasikan separuh dari pelaku dan penerima manfaat dari pembangunan. Pengarusutamaan gender dalam pemerintahan bukan hanya dari dan untuk kaum perempuan saja, namun dukungan kaum laki-laki untuk mewujudkan kesetaraan gender juga menjadi penting.

Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends
Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

Kegiatan kampanye Three Ends tahap kedua dihadiri perwakilan SKPD, LSM, dan organisasi wanita ini juga dihadiri Kepala Dinas PPPA Kalbar, Sumarno. Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, M Zeet dan perwakilan TNI dan Polri. upaya menekan angka kekerasan pada perempuan dan anak sebenarnya bisa dilakukan melalui penguatan keluarga,  apalagi saat ini pengaruh- pengaruh negatif justru timbul dari dunia maya yang masif. Untuk itu pendampingan pada anak khususnya dalam mengakses dunia maya juga perlu diperhatikan, sebab banyak khasus terjadi kejahatan terhadap anak juga dimulai dari media sosial. Ayo kampanyekan Three End Sekarang Juga!

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “Lindungi Perempuan dan Anak Lewat Gerakan Three Ends

    Dian Safitri

    (August 26, 2017 - 2:31 am)

    Aku baru tahu kampanye Three Ends ini. Bagus banget. Semoga dengan kampanye ini, kekerasan anak dan perempuan bisa semakin berkurang, syukur-syukur enggak ada lagi di dunia ini. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *