Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

PT ASTRA Internasional sebagai perusahaan yang terus berkembang pesat di Indonesia. Bisnisnya sudah melebarkan sayap hingga Astra saat ini memiliki 218.773 karyawan pada 212 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan pengendalian bersama entitas yang menjalankan tujuh segmen usaha,  terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti.

Satu Indonesia ASTRA
Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

ASTRA Internasional dengan program CSR (Corporate Social Responsibility-CSR) yang terdiri dari 4 pilar, yaitu : Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Dengan adanya ini, pemerintah dapat memetakan lokasi untuk mendapatkan bantuan sehingga bantuan tepat sasaran. Saya akan bercerita sedikit tentang Kampung Berseri ASTRA dalam rangka Inspirasi 60 tahun ASTRA, semangat terpadu ASTRA untuk Indonesia.

4 Pilar CSR ASTRA
Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat. Inspirasi 60 tahun ASTRA di tahun 2017 ini menjadi tonggak luar biasa bagi ASTRA untuk berbagi inspirasi

Salah satu CSR yang sangat berhasil dari ASTRA adalah kampung berseri. Program Kampung Berseri dari ASTRA yang ingin mewujudkan kampung sehat, cerdas dan produktif. Ini juga sangat sesuai dengan program pemerintah pusat yang ingin menggerakkan Indonesia lewat pengelolaan desa yang kuat. Banyak sekali gerakan yang sudah dilakukan pemerintah, mulai dari dana hibah pemerintah pusat sebesar 1 Milyar pertahun, sarjana kembali ke desa, pengembangan daerah 3T ( Tertinggal, Terdepan, Terluar ).  ASTRA tahu benar bagaimana cara mendukung pemerintah demi Balikpapan lebih baik melalui Kampung Berseri ASTRA.

Kampung Berseri ASTRA
Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

Program Kampung Berseri ASTRA sendiri sudah terlaksana dibanyak titik seluruh Indonesia. Dampak positif perkembangan wilayah ini tentu diharapkan dan berjalan sesuai dengan harapan PT ASTRA Internasional dengan empat pilar penting di dalamnya, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan, serta pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk mewujudkan empat pilar itu dibutuhkan perencanaan yang matang agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan akan terus dievaluasi hingga 5 tahun mendatang. ASTRA akan terus mengawal hingga program ini berhasil dengan baik.

Program Kampung Berseri Astra berusaha membangun kerja sama dan melakukan koordinasi dengan warga untuk membentuk tim kader pada tiap-tiap RT sebagai langkah awal. Dalam segi lingkungan, melakukan penghijauan dan membuat lingkungan menjadi bersih. Untuk segi pendidikan, komunitas Astra berbagi ilmu adalah salah satu contohnya. Salah satu ilmu yang dibagikan mengenai simulasi safety riding. Simulasi ini bertujuan pengendara dapat lebih bijak dalam berkendara serta mengutamakan keselamatan mereka. Rumah pintar juga dibangun untuk membantu peningkatan ilmu, menunjang pendidikan dan pengetahuan warga.

Dalam hal kesehatan, rencana awal yang dilakukan adalah sosialisasi cara menggosok gigi yang benar serta mendampingi posyandu agar dapat beroperasi dengan maksimal. Sedangkan dalam pemberdayaan UKM, perencanaan yang dilakukan adalah pembinaan serta memberikan pengarahan mengenai tata cara membuat data yang benar.

Mensos Khofifah bersama anak anak di Kampung Berseri ASTRA
Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

Tahun lalu, program Kampung Berseri ASTRA sudah mengembangkan bank sampah dan instalasi pengelolaan air bersih. Proses penghijauan akan terus dilakukan sebagai bentuk dari upaya mengurangi pemanasan global. Pada tahun 2017 ini akan ada pengembangan menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat wisata. Dalam hal ini, promosi mengenai kebersihan serta keindahan kampung akan terus dilakukan. Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari kampung ini seperti salah satu keindahan di kawasan ini yang berpotensi sebagai pusat pariwisata.

Membangun dari kampung untuk membentuk pondasi bagi kemajuan Indonesia. Pembangunan di kampung tidak hanya fisik namun sumberdaya alam dan sumberdaya manusianya. Pembangunan menyeluruh dengan melibatkan pemerintah dan swasta serta masyarakat kampung tentu menciptakan pondasi yang kuat untuk kemajuan kota. Inspirasi Kampung Berseri ASTRA demi Indonesia maju.

 

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

4 thoughts on “Kampung Berseri ASTRA, Membangun Kampung demi Indonesia Maju

    Rani S

    (January 18, 2018 - 10:58 am)

    sukses buat event nya 🙂

      Kania

      (August 12, 2018 - 12:22 am)

      Bagaimana caranya bisa jadi kampung binaannya csr dlm program KBA. Sy ingin kampung sy bisa jadi KBA

    Kania

    (August 12, 2018 - 12:24 am)

    Bagaimana caranya bisa jadi kampung binaannya csr dlm program KBA. Sy ingin kampung sy bisa jadi KBA

    […] program yaitu : Pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. Tidak mudah untuk menjadi Kampung Berseri Astra (KBA), ada beberapa tahapan yang harus dilewati […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *