Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

komunitas sepeda motor honda naungan peguyuban HWBC (Honda West Borneo Community) yakni Khatulistiwa Motor bebek Club C – 70 Pontianak (Khambec70 pontianak) mengelar kegiatan Jambore Daerah III C-Series Borneo 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 21 Oktober 2018 berlokasi di Coffe Nineteen Pontianak.

Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo
Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

Acara ini di kemas secara menarik dengan menggabungkan aktifitas touring dari berbagai daerah di regional kalimantan yang mengkampanyekan keselamatan berkendara dan aktifitas kopdar ala community untuk mempererat hubungan silahturahmi dan solidaritas sesama anggota komunitas C-Series dan dilanjutkan dengan penanaman mangrove di Mempawah keesokan harinya. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Pontianak yang nantinya akan di laksanakan 2 tahun sekali.

Manager Marketing Astra Motor Suryanto Wirawan mengungkapkan, seiring dengan banyaknya model-model baru sepeda motor honda, seiring dengan jumlah pencinta sepeda motor honda bertambah  yang membentuk komunitas-komunitas baru juga semakin bertambah. Oleh karena itu pihak Astra Motor mendukung kegiatan Jambore Daerah ke-III C-Series Borneo 2018.

Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo
Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

“ Para bikers honda juga merupakan bagian keluarga besar honda. kami mengucapkan banyak terima kasih atas kuatnya tali persaudaraan sesama bikers honda. ” ungkap Suryanto.

Sejumlah peserta yang hadir dari perwakilan C-Series Borneo ini tampak antusias sekali mengikuti kegiatan Jambore Daerah Ke-III C-Series Borneo 2018.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, selain touring kita bisa tertemu dan menjalin silahturahmi sesama bikers C-Series Regional Kalimantan.“ Ungkap Bro Bonanza dari ketua Khambec70 pontianak.

Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo
Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

Kegiatan ini di ikuti oleh Ratusan Bikers  yang mewakili motor C – Series Se-Kalimantan dan perwakilan C – Series Luar Kalimantan.

Nah! Selain itu ada beberapa pengetahuan yang harus diketahui bikers juga lho. Seperti Keselamatan berkendara. Honda melalui kampanye #Cari_Aman selalu memberikan informasi kepada komunitas yang dininanya. Selanjutnya, para bikers juga harus dibekali pengetahun safety riding gear yang wajib digunakan saat melaksanakan touring, serta membekali para bikers dengan pengetahuan pembagian peran Road Captain dan Sweeper dalam melakukan touring jarak jauh.

Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo
Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

Ada pula pelatihan Basic Life Support Training, para bikers Honda diperkenalkan dengan pengetahuan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Pembekalan dilakukan dengan tujuan untuk membuka wawasan para bikers Honda dengan prinsip dasar pertolongan pertama pada luka ringan hingga luka berat seperti patah tulang pada korban kecelakaan. Pada sesi ini, pembekalan materi diberikan langsung oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) dan tim medis di masing-masing wilayah. Pembekalan materi diberikan secara teori dilanjutkan dengan sesi praktik agar para bikers lebih memahami setiap tahapan saat memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Para bikersjuga dibekali dengan informasi rumah sakit terdekat pada jalur touring yang dilalui.

Selain itu jika ingin melaju disirkuit tertentu biker juga harus mengetahu beberapa hal sepert, pergerakan tubuh dan pandangan mata, jadi faktor utama yang harus diperhatikan pembalap saat meliuk-liuk di arena sirkuit. Termasuk mengubah posisi kaki hingga kepala yang perlu disesuaikan, baik saat di trek lurus maupun tikungan.Cotohnya, pada saat start, badan harus condong ke depan, fokus pandangan pada lampu start. Pas memacu motor di trek lurus, badan harus menunduk pada posisi bersembunyi karena ini hubungannya dengan aerodinamis, pergerakan kecil pun sangat vital bagi pembalap untuk menyesuaikan kecepatan dan bermanuver saat menantang tikungan tajam maupun landai. pergerakan kaki dan bokong sangat mempengaruhi kestabilan motor balap.

Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo
Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

Jika ingin berbelok ke kanan, pantat harus geser ke kanan. Badan tetap condong, dengan tangan memegang grip dengan kencang, tapi lengan harus tetap rileks. Saat di belokan, kaki harus jinjit, ini berfungsi sebagai sensor, mendeteksi kalau ban belakang ada yang slip. Sementara kaki kiri tetap rapat (tidak jinjit). Saat balapan, pandangan mata harus ke arah lintasan yang mau kita tuju, bukan ke arah motor pembalap lain. Fungsinya itu mengantisipasi ada motor jatuh di depannya larinya kemana, sehingga kita tahu untuk mengambil jalan lain.Hal yang tak kalah pentingnya untuk keselatan balapan, yakni melakukan pemanasan sebelum bikers masuk pit sirkuit. Pemanasan wajib hukumnya dilakukan sebelum ngebut. Pemanasan itu rangkaian dari sebelum riding, dari ujung kepala sampai kaki. Fungsinya pemanasan itu untuk mempersiapkan race, kedua pemanasan itu mengurangi cedera berlebih saat jatuh misalnya. Makanya sangat disarankan.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

12 thoughts on “Khambec70 Ptk Gelar Jambore Daerah III C-Series Borneo

    Liza

    (November 9, 2018 - 3:43 pm)

    Motor jadul itu ngingatin aku saat masih kecil terus diboncengin sama ayahku. Astuti namanya

    Ulya

    (November 10, 2018 - 2:43 am)

    Waah… Ini motor yang biasa disebut kaoto itu ya??? Keren juga ya kalo banyakan gini. Pasti seru nih acaranya.

    lendyagasshi

    (November 10, 2018 - 4:06 am)

    Kalau pas sepeda motoran trus gampang capek tuuh…berarti kita jangan nyalahin motornya yaa…?
    Bisa jadi, karena kitanya yang gak memenuhi kaidah berkendara.
    Kaya saat posisi belok, lurus dan lain-lain.

    Shantay dan jangan ngebut yang penting.
    Pentingkan keselamatan diri dan orang lain.

    Nova Violita

    (November 10, 2018 - 6:48 am)

    Seru banget ya…..,
    Kalau udah kumpul bareng komunitas..segini..kalo diajak ngobrol jadi nyambung gak ada yg roaming..

    Honda..udah di cinta dari dulu…keren banget .acaranya..masih aja ada motor tahun 70 an

    Ruli retno

    (November 10, 2018 - 7:17 am)

    Kapan2 kalo ada jambore regional kalimantan lagi, mungkin gak sih touring sampe kalsel gitu. Kan seru juga bisa kampanye disini, karena setau saya belum ada kampanye jenis begini

    Rhoshandhayani KT 💕

    (November 10, 2018 - 8:45 am)

    Wuaaah kayak motornya ayahku tuuuuh
    Tapi aku gak tau merknya sama atau enggak

    Ooh aku baru tau kalo kegiatan semacam ini bisa dinamain Jambore juga 😅

    Jiah

    (November 10, 2018 - 10:01 am)

    Jadi semua jenis Honda gabung di sana ya. Adekku ikut club motor tp yg model laki gitu. Kurang paham kegiatannya kaya apa

    Rindang Yuliani

    (November 10, 2018 - 2:19 pm)

    Keren euy komunitas motor honda seri langka. Kegiatannya positif pula dg penanaman pohon dsb. Semoga komunitasnya semakin jaya dan terus berkembang. Aamiin.

    Dian Farida Ismyama

    (November 10, 2018 - 2:54 pm)

    Wow bikers ya ternyata? Seru juga sih. Iya aku bayangin kalau asal nyepeda jarak jauh tanpa pemanasan, tanpa tahu cara aman bersepeda dan pakai alat pengaman, malah jadi bahaya kan ya

    Dian Farida Ismyama

    (November 10, 2018 - 2:58 pm)

    Duh kok sepeda to, eror nih aku kayaknya. Sepeda motor Honda, hehe. Baru ngeh kalau balapan sepeda motor pun perlu pemanasan ya. Anyway ini seri Honda yang dipinginin sama suamiku. Ini motor Pitung bukan sih?

    Rinda Gusvita

    (November 10, 2018 - 3:25 pm)

    Kampanyekan keselamatan berkendara ini penting banget deh om. Apalagi anak komunitas motor selama ini banyak dijudge negatif. Padahal yg membahayakan pengendara lain di jalanan biasanya malah bukan anak motor hihi

    hellofika

    (November 10, 2018 - 3:44 pm)

    penting banget ya pemanasan. kupikir cuma di olahraga fisik doang.. eh tapi balapan mah jg olahraga kan ya. apapun itu sukses terur jamborenya.. smg tahun depan makin byk yg partisipasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *