Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  

Kejadian gawat darurat seperti serangan jantung mendadak dan kecelakaan berpotensi terjadi di mana saja. Orang terdekat korban lah yang bisa menjadi penolong pertama.

Untuk itu, kertampilan basic life support (BLS) seharusnya dimiliki setiap orang. Pelatihan BLS kembali dihelat oleh Astra Motor Pontianak pada Minggu (04/11) yang bertempat di Atrium Transmart Kubu Raya dimana dalam rangkaian pembekalan persiapan #Cari_aman Gas Touring Honda Bikers Day Nasional yang akan di laksanakan pada tanggal 17 November 2018 yang berlokasi Pantai Pangandara Jawa Barat.

  Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  
Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

Acara ini dilaksanakan guna melatih member komunitas Honda dalam menanggulangi pertolongan pertama dalam kecelakaan berkendara saat touring. BLS kali ini diikuti puluhan  peserta dari perwakilan club yang ada di bawah naungan Paguyuban HWBC dengan mengundang Instruktur HIBGABI Kalbar ( Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia). Menurut Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep selaku instruktur, waktu sangat berharga bagi korban gawat darurat.

”Belum tentu yang tidak bernapas itu meninggal,” jelasnya. Jika orang sekitarnya bisa menolong dengan BLS, korban dapat bernapas lagi.

  Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  
Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

Lima hingga sepuluh menit pertama saat pasien mulai tidak bernapas dan kehilangan denyut nadinya merupakan fase yang tepat dilakukan pertolongan BLS.

Namun, pertolongan tersebut harus dilakukan dengan tepat. BLS bisa dilakukan dengan memberikan pijat jantung dan napas buatan.

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan komunitas Honda ini tampak antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, kita pelajaran baru berkenaan pertolongan pertama yang kita harus lakukan apabila menenukan korban secara mendadak.“ Ungkap Aji selaku member Vario Ownner Club Pontianak.

  Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  
Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

pemahaman dan praktik Basic Life Support ternyata tidak mudah sedikit akan saya jelaskan dibawah ini, terutama ketika kita diharapkan bisa memberi pertolongan pada seseorang yang sedang mengalami cedera atau kecelakaan di tempat umum. Kemungkinan terburuknya, kondisi korban akan bertambah parah atau malah meninggal dunia. Dalam prinsip-prinsip dasar Basic Life Support, kita akan mengetahui cara memberikan pertolongan pertama seperti:

  1. Jika melihat korban terjadi pendarahan, segera hentikan pendarahan dengan cara diperban atau dibalut agar aliran darah terhenti.
  2. Bagaimana mengangkat korban yang benar jika korban mengalami patah tulang.
  3. Bagaimana cara memberi nafas buatan jika korban pingsan sebelum pertolongan medis datang.
  4. Bagaimana cara membalut luka korban dengan benar supaya tidak terjadi pendarahan yang lebih parah.
  5. Apabila melihat ada korban yang mengalami cidera, sebaiknya mencari bantuan orang lain atau panggil paramedis dan jangan melakukan pertolongan sendiri.
  6. Membawa korban dengan menggunakan kendaraan yang nyaman agar luka korban tidak semakin parah.
  Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  
Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

Selain itu, ada pula pertolongan pertama yang perlu diketahui. Di antaranya adalah Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Critical Thinking pada Kedaruratan, Penanggulangan Shock, Pendarahan dan Fraktur, Penanggulangan Kedaruratan Nafas, Penanggulangan Kedaruratan Jantung. Bantuan Hidup Dasar (BHD), Estrikasi/Stabilisasi (Balut Bidai), dan Evakuasi Gadar (Transportasi). SPGDT merupakan pendekatan sistematis dalam penanggulangan penderita gawat darurat (GD) di tempat kejadian perkara (TKP) dan membawanya ke tempat pelayanan definitif/rumah sakit. Penanggulangan di TKP meliputi cara meminta bantuan, mengontrol pendarahan, memasang balut atau bidai, hingga korban dibawa ke rumah sakit dengan transportasi yang memadai dan aman.

  Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  
Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau resusitasi jantung-paru Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) merupakan cara pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada pasien/korban  yang mengalami fungsi henti jantung-paru agar korban tetap hidup serta kerusakan otak dapat dicegah, sambil menunggu datangnya pertolongan medis. BHD merupakan teknis yang sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus, sehingga dapat dilakukan semua orang dengan hanya sedikit latihan, namun bila dilakukan dengan benar sangat besar manfaatnya bagi pasien/korban dan dapat menyelamatkan jiwa.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam BHD, di antaranya; bila seseorang menemukan korban yang tampaknya tidak sadar, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah korban tersebut betul-betul tidak sadar dengan cara membangunkannya dengan ditepuk, panggil nama, goncangkan perlahan untuk menilai ada respon atau tidak. Bisa juga dengan melihat apakah ada tanda-tanda korban bernafas. Bila pasien ternyata sadar dan ada respon, jangan lakukan BHD, karena hal itu justru akan menyakiti. Bila ternyata tidak ada respon dari korban, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta pertolongan orang lain untuk menghubungi rumah sakit.

Untuk Kedaruratan Jantung, mungkin di antara kita pernah mendengar seseorang yang sebelumnya diketahui sehat, tiba-tiba terjatuh saat sedang bekerja atau sedang melakukan aktivitas olahraga, bahkan kemudian meninggal sebelum sempat dibawa ke rumah sakit. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan hal ini, antara lain stroke, serangan jantung, tersedak, sengatan listrik, ataupun overdosis. Perlu juga diketahui adanya dua jenis pendarahan, yakni pendarahan luar dan dalam. Pendarahan luar terjadi pada permukaan luar tubuh. Sedangkan pendarahan dalam pada penderita tidak tampak berdarah.

Basic Life Support sendiri kini semakin banyak digunakan di sejumlah negara dan telah memberikan banyak manfaat. Masyarakat dan juga pengguna jalan menganggap bahwa prinsip-prinsip Basic Life Support ini sangatlah penting, karena dalam keseharian sering terjadi kecelakaan atau musibah di jalan raya. Bisa dibayangkan jika ada salah satu anggota keluarga kita mengalami kecelakaan atau luka berdarah, paling tidak orang yang berada di dekatnya bisa memberi pertolongan pertama sebelum memanggil paramedis atau dibawa ke rumah sakit.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support  

    NOVIAN MF

    (November 22, 2018 - 9:37 am)

    Wahhh, keren nih. Kegiatan yang sangat positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *