Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi

 

Surabaya sebagai ibukota propinsi Jawa Timur telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini. Pemerintah Kota Surabaya, melalui Walikotanya, sangat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas. Dimulai dengan revitalisasi taman-taman kota dan peningkatan mutu infrastrukur serta penutupan tempat lokalisasi, Surabaya menjadi salah satu tolak ukur kemajuan kota di Indonesia.

Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi
Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi

Surabaya dulu dan sekarang sudah jauh Berubah. Surabaya yang dikenal sebagai kota Pahlawan, bahkan dituangkan dalam lagu perjuangan sudah berkembang menjadi kota metropolitan yang penuh inovasi kreatif. Sebuah kota yang menjadi sumber ide banyak orang kreatif.Surabaya memiliki potensi besar menjadi kota kreatif dunia. Selain karena kota berpenduduk tiga juta jiwa ini merupakan pintu gerbang ekonomi Indonesia timur. Industri kreatif menjadi salah satu peluang ketika banyak perusahaan yang pindah dari Surabaya. Apalagi Surabaya sendiri sudah tidak cocok untuk industri padat karya, melainkan industri padat modal dan kreatif. Hal ini bisa terlihat ,ulai bermunculannya industri kreatif mirip Bandung

Perkembangan kota kreatif di suatu negara tidak terlepas dari usaha pemerintah dan para pelaku kreatif di kota tersebut. Pemerintah selaku fasilitator mesti dapat mendukung segala daya upaya yang dilakukan oleh para pelaku kreatif dalam mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat salah satunya dengan mendirikan BeKraf (Badan Ekonomi Kreatif). Ini menjadi cara pemerintah memberikan ruang bagi perkembangan dunia ekonomi berbasis kreatifitas di Indonesia.

Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi
Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi

Pemkot Surabaya sangat mendukung pelaku industri kreatif di Surabaya dengan membuat Basha Market,-salah satu marketplace ternama, pada November 2016 lalu. Sebagai kota dengan perekonomian kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya tentu memiliki pasar industri kreatif yang besar. Pelaku Kreatif Surabaya akan mendapatkan tempat dan diberi kesempatan untuk berkibar di industri kreatif dunia.

mendukung pelaku industri kreatif di Surabaya dengan membuat Basha Market
mendukung pelaku industri kreatif di Surabaya dengan membuat Basha Market

Pelaku kreatif yang didukung baik oleh pemerintah tentu akan mempunyai kesempatan untuk berkembang. Adanya wadah dan difasilitasi oleh pemerintah kota akan memberikan kesempatan industri kreatif yang baru tumbuh dapat belajar bersama membangun peradaban industri baru.

Tentu saja pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, dukungan dari pihak swasta akan lebih memperkuat pembangunan industri kreatif, salah satu bentuk dukungan yang memberikan efek besar adalah kontribusi Astra yang sudah dimulai sejak tahun 2014 melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

4 pilar csr astra
4 pilar CSR Astra

Kontribusi Astra terhadap pengembangan Ekonomi Kreatif di Surabaya yang dapat dirasakan saat ini adalah kampung berseri Astra yang berlokasi di Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mewakili empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalanan oleh Astra, yaitu bidang pendidikan, lingkungan, UKM, dan kesehatan.


Program pembinaan kampung berseri ini merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia. Yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui PT Toyota Astra perusahaan tersebut pernah mengadakan lomba desain aksesori kendaraan yang melibatkan perguruan tinggi dan memberi kesempatan kepada pemenang untuk mengaplikasikan karyanya secara komersial.

Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra
Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra

Pada prinsipnya dimanapun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” Astra tetap memberikan kontribusi hingga usianya kini 60 tahun. Inspirasi 60 Tahun Astra telah memberikan sebuah pelajaran bahwa hidup itu sudah seharusnya memberikan manfaat untuk sekitar.

Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra
Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra

Visi dan misi yang sejalan membuat ASTRA dapat ikut serta bersama dengan pemerintah Surabaya untuk mewujudkan kota yang maju, nyaman dan dicintai masyarakatnya. Siapa yang tidak iri dengan perkembangan dunia kreatif Surabaya yang begitu pesat saat ini.

60 Tahun Astra
60 Tahun Astra

Saya salut dengan program Kampung Berseri dari ASTRA yang ingin mewujudkan kampung sehat, cerdas dan produktif. Ini juga sangat sesuai dengan program pemerintah pusat yang ingin menggerakkan Indonesia lewat pengelolaan desa yang kuat. Banyak sekali gerakan yang sudah dilakukan pemerintah, mulai dari dana hibah pemerintah pusat sebesar 1 Milyar pertahun, sarjana kembali ke desa, pengembangan daerah 3T ( Tertinggal, Terdepan, Terluar ). ASTRA tahu benar bagaimana cara mendukung pemerintah demi Surabaya lebih baik, maju dan terus berkembang di Industri kreatifnya. Salam Satu Indonesia

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

2 thoughts on “Kontribusi ASTRA untuk Industri Kreatif Surabaya Penuh Inovasi

    Nurul Fitri Fatkhani

    (June 21, 2017 - 8:28 am)

    Kereen.. ada program Kampung Berseri dari ASTRA , semoga bisa mewujudkan kampung sehat, cerdas dan produktif. Indonesia bisa lebih maju berawal dari desa-desa yang maju ya…

      Dony Prayudi

      (June 22, 2017 - 7:39 am)

      Semoga nanti setiap daerah di Indonesia ada program serupa yang bisa memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *