Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Dirgahayu RI Ke-74  

Dalam rangka menyambut perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-74, Astra Motor Pontianak bersama Pengda Honda Street Fire Club Indonesia (HSFCI) Kalbar menggelar kegiatan Streetfire Convoy Merdeka di Ketapang bertepatan pada hari Sabtu (17/8). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang Ke-74. Tak kurang dari puluhan bikers yang berasal dari perwakilan HSFCI Chapter Kalbar dan komunitas Honda dibawah naungan Paguyuban Honda West Borneo Community yang  berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74
Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74

CB150R Streetfire Convoy Merdeka dimulai dari Halaman Astra Motor Benoa Kayong. Menyusuri jalan-jalan protokol di Kota Ketapang dengan melewati beberapa pusat keramaian, rombongan Convoy Merdeka menuju makam pahlawan dan Keraton Matan sebagai symbol pahlawan kemerdekaan di Kabupaten Ketapang sebagai penghormatan atas jasa pahlawan dalam mempertahankan Kemerdekaan RI  .

Dengan semangat memperingati ulang tahun kemerdekaan, peserta Convoy Merdeka melaksanakan Upacara Bendera yang bertempat Halaman Astra Motor Benoa Kayong sebagai  penghormataan kepada para pahlawan yang telah berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74
Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74

“Melalui kegiatan ini Kami mengajak anggota komunitas Honda untuk mengingat kembali jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. Derngan mengobarkan semangat nasionalisme, semoga anggota komunitas memiliki tekad yang lebih kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.” ungkap Marketing Region Head Astra Motor Pontianak Julius Armando.

Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74
Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74

Untuk semakin memeriahkan pelaksanaan kegiatan, Tak lupa untuk memperkuat nuansa peringatan hari kemerdekaan, panitia juga menyelenggarakan permainan khas 17-an ala bikers yaitu Lomba estafet balap karung pakai Helm, lomba makan kerupuk berpasangan, lomba ambil koin dalam tepung, lomba pindah kan air dalam botol, lomba gendong dengan gunakan Helm serta masih banyak lagi. Ini kegiatan yang unik kita bisa ikut ambil andil dalam peringatan HUT RI yang Ke-74 dan dapat juga mempersatukan komunitas honda di Kota Pontianak “ ujar Bro Aji selaku member HSFCI Ketapang”. Bagi yang ingin melaksanakan konvoi, ada baiknya untuk tetap berhati hati dan melaksanakan aturan di Jalan raya karena ini fasilitas umum yang digunakan banyak orang

Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74
Konvoi Merdeka CB150R ikut meriahkan Kemerdekaan RI Ke-74

Hal yang paling penting dalam mengendarai kendaraan apa pun juga adalah sebagai pengemudi kita wajib mematuhi peraturan lalu lintas / rambu lalu-lintas / rambu jalan / rambu jalan-Tol termasuk penggunaan sabuk keselamatan dan mengutamakan keselamatan bersama. Ada memahami secara mendalam UU RI No. 22 Tahun 2009  dan PP RI No. 43 Tahun 1993 sebagai pedoman berkendara di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tunjuk salah satu dari di dalam rombongan sebagai korlap. Korlap sebaiknya adalah pengemudi motoryang paling berpengalaman terutama pengalaman mengemudi ke tujuan wisata yang sedang dituju Di dalam satu rombongan konvoi, mobil depan dan belakang dilarang saling menyalip. Patuhi marka jalan dalam berkendara dan pastikan tidak melakukan perpindahan jalur jika dipikir tidak perlu. Jika menyalip diperlukan, terutama menyalip kendaraan lain, lakukan dengan hati hati

Berikut beberapa hal yang perlu dicek sebelum bepergian dan konvoi

  1. kendaraan harus sehat dalam arti menyeluruh.
  2. Surat- surat kendaraan harus lengkap (STNK).
  3. Mempunyai SIM.
  4. Lampu-lampu harus berfunsi semua
  5. Ban serep harus berada dalam kondisi prima (tidak botak dan cukup tekanan udara)
  6. Cek seluruh tekanan udara Ban.
  7. Tool box, berisi kunci-kunci, dongkrak, kunci ban, wajib dibawa.
  8. Mengisi Bensin full tank atau secukupnya, atau tergantung dari jarak touring yang akan dilaksanakan.

Jaga Jarak Aman dengan mobil di depan Anda, dan perhatikan lampu rem. Apabila lampu rem menyala, berarti ada sesuatu di depan. Segera lepas gas, kurangi kecepatan dan waspada. Jaga laju mobil dan sesuaikan dengan laju mobil di depan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi terputusnya rombongan. Jika rombongan sampai terputus, segera beritahu korlap.

Semoga konvoinya menyenangkan dan Merdeka!!

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *