Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses

Pontianak Creatif Association (PCA) mengadakan Meet Up perdana sebagai bentuk pengenalan Asosiasi dan 16 sub sektor Ekonomi kreatif yang menjadi dasar terbentuknya PCA. bertempat di Bandar Muzakki, lebih dari 60 orang baik anggota maupun calon anggota hadir dan ikut datang menyemarakkan meet up komunitas ekonomi kreatif. Dimulai pukul 7 malam, semuanya sudah berkumpul dan saling membaur, Selain ketua PCA Mafirza juga dihadiri Kabid IKM Desperindag Provinsi Kalimantan Barat, Heri Nurhasbi dan jajarannya.

Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses
Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses, Ketua PCA, Mafirza

Acara yang berjalan santai dan hangat ini mengajak semua yang hadir mengenal 16 sub sektor Ekonomi Kreatif yang sedang digalakkan pemerintah. Adapun 16 sub sektor ekonomi tersebut, yakni musik, fesyen, film, animasi video, fotografi, kriya atau kerajinan tangan, kuliner, aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior.  Kemudian, desain komunikasi visual, desain produk, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa serta, televisi dan radio. Ketua PCA, Mafirza menjelaskan baru beberapa saja yang berkembang di Pontianak, salah satunya adalah kuliner.

Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses
Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses

Data statistik ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 menyebutkan bahwa sejak 2010 hingga 2015, besaran PDB ekonomi kreatif mengalami kenaikan rata-rata 10,14% setiap tahunnya, yaitu dari Rp 525.96 triliun menjadi Rp 852.24 triliun. Nilai ini memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional berkisar 7,38% sampai 7,66%, yang didominasi oleh tiga subsektor, yaitu kuliner dengan 41,69%, fesyen 18,15%, dan kriya 15,70%

Kabid IKM sendiri menjelaskan, ada banyak hal yang perlu dibenahi dan diberikan bantuan, diantaranya adalah masalah perijinan dan perlindungan terhadap karya. Pemerintah Daerah Kalimantan Barat sendiri berusaha memberikan pelatihan-pelatihan dan juga bantuan untuk kepengurusan perijinan dan perlindungan. Dengan pesatnya perkembangan UMKM tentu membuat pekerjaan semakin banyak. Pemda tidak mampu menjangkau satu persatu namun UMKMlah yang harus proaktif. Beberapa UMKMdi Kalimantan Barat juga sudah Berjaya ditingkat nasional dan mendapatkan beberapa penghargaan.

Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses
Meet Up Perdana PCA Berlangsung Sukses

Acara yang berlangsung penuh keakraban ini juga tidak hanya dihadiri intern PCA namun juga beberapa komunitas ekonomi kreatif lainnya. Sebuah penghargaan karena PCA sudah dianggap ada dan memberi kontribusi terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Kalimantan Barat. PCA sendiri tidak hanya mewadahi pelaku yang ada di Pontianak namun juga 14 kota dan kabupaten di Kalimantan Barat. PCA sendiri sudah melakukan beberapa kali roadshow di beberapa kota seperti Sanggau dan Sintang.

Selain materi yang ringan, peserta yang datang juga mendapatkan berbagai hadiah doorprize berupa product dan voucher yang diberikan oleh 13 anggota PCA dari berbagai sub sektor. Beberapa orang yang datang juga langsung tertarik dan bergabung untuk menjadi anggota. Mafirza menyampaikan, salah satu dari banyak keuntungan bergabung di PCA adalah adanya pelatihan rutin yang biasa diadakan bersama BeKraf. Kedepannya, asosiasi ini akan menjembatani semua kebutuhan anggota dan saling bersinergi dan mengisi antar sub sektor yang ada.

Bisnis tidak bisa berjalan sendiri, harus berjaringan agar dapat saling berkontribusi dan mengisi. Jaman sudah maju, jaringan yang kuat menciptakan iklim bisnis yang baik. Keterbatasan informasi akan dipatahkan dengan kehadiran PCA. Mari kita majukan ekonomi Indonesia dengan menciptakan banyak pengusaha. Bersam sama maju dan mengejar ketinggalan Indonesia dari negara Asia lainnya yang tengah berlari kencang memajukan perekonomiannya.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *