Membuat Konten Youtube yang Menarik

Tentu saja, menyediakan konten yang dibutuhkan perlu mempelajarinya. Dalam dua bulan terakhir ini, saya mencoba mengisi konten youtube dengan hal yang berguna bagi pengunjung saluran tukang jalan jajan. Apa saya yang saya sajikan dan bagaimana saya membuatnya? Saya mencoba berbagi berdasarkan pengalaman saja. Masih dalam tahap belajar dan terus belajar tanpa berhenti.

Konten yang Menarik dan Berguna

Saya memulai 3 hal dalam membuat konten. Bisa dilakukan oleh siapa saja dan tentu bisa meningkatkan engagement dengan para penonton.

  • Create, hal paling penting untuk menentukan tema yang akan dibuat.
  • Collaborate, kolaborasilah dengan orang yang paham dengan topik yang dibawakan agar pesan yang ingin disampaikan semakin kuat.
  • Curate atau kurasi, selain jumlah view pemilik konten harus bisa melakukan kombinasi parameter pengukuran seperti lamanya video ditonton, jumlah share, jumlah komentar dan lainnya

Beberapa tulisan yang saya baca, membuat konten seperti story telling juga sangat diminati oleh orang Indonesia. Budaya menonton sinetron jadi tolak ukurnya. Web series ditambah dengan sentuhan drama dan humor pasti menarik. Hal ini menegaskan bahwa video panjangpun diminati asal konten yang dibuat menarik sehingga penonton “terikat” dengan konten yang dibuat. Apalagi sekarang paket kuota internet tidak semahal dulu.

 

Kualitas Video dan Kata Kunci

Selain membuat konten durasi yang panjang dan menarik, jangan lupa dengan kualitas video yang dibuat. Di jaman sekarang fasilitas untuk membuat video berkualitas HD (high definition), atau hasil rekam dengan resolusi tinggi sangatlah mudah di jumpai. Walaupun hasil rekaman dengan ponsel, sudah cukup menghasilkan resolusi 480p (Minimal). Jika anda membuat video screenshot (untuk video tutorial dan sejenisnya) gunakanlah software yang mendukung yang menghasilkan video dengan resolusi yang bagus (di atas 480p) HD.

 

Kata kunci juga jadi hal penting untuk ditambahkan. Kita bisa membuat video yang berhubungan dengan apapun, tetapi tentukanlah target untuk “kata kunci video” yang terkait dengan judul dalam video anda. Semisal saya membuat video tentang kuliner, gunakanlah judul yang tepat untuk video tentang kuliner tersebut. Cari kata kunci yang sedang trend dan jangan lupa lihat persaingannya.

 

Teknologi pendukung

Bagian terpenting yang tidak boleh dilupakan. Selain mempersiapkan materi yang menarik sangat penting untuk memilih tipe kamera yang bagus. Karena tadi saya sempat menyinggung mengenai kualitas video memegang peranan yang besar dalam menentukan layak tidaknya gambar yang diambil untuk di-upload ke Youtube, mengingat hal ini turut mempengaruhi kenyamanan penonton dalam menonton video dalam channel Youtube kita.

Itulah sebabnya kenapa jenis kamera menjadi bagian lainnya yang perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis kamera yang banyak digunakan oleh para Youtuber dalam pembuatan Vlog, dimana sebagian besar memiliki kualitas yang bagus. Saya sendiri menggunakan kamera DSLR dengan bantuang tripod dan juga lensa fix 50mm serta boom mic untuk membantu menangkap suara.

Notebook sebagai alat pendukung juga harus bisa mendukung proses editing. Saya masih menggunakan aplikasi sederhana seperti Windows Movie Maker dan beberapa aplikasi pelengkap lainnya.

Jangan remehkan juga dukungan internet cepat untuk memudahkan proses upload ke Internet. Saya menggunakan internet cepat 4.5G dari XL. Saya menggunakan kartu Prabayar dengan membeli paket XTRA Combo XL. Cukup dengan membeli paket internet, nikmati akses YouTube tanpa kuota, nelpon ke SEMUA Operator 24 Jam, serta bebas berlangganan konten untuk menyaksikan liga Inggris di Genflix, menikmati serial drama Korea favorit di Tribe, dan streaming musik sepuasnya.

Paket 12 Gigabite per 30 hari dengan pembagian 4GB Kuota 2G/3G/4G, 8GB Kuota 4G, 40 menit Kuota NELPON ke SEMUA operator, 4GB Youtube 24Jam, TANPA KUOTA Youtube Jam 01.00-06.00 WIB sudah cukup membuat saya bahagia sebulan penuh!

Begitu kelar, langsung upload dan share ke semua jejaring sosial deh. Cepat dan nyaman!

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *