Paguyuban HWBC Mengikuti Honda Bikes Day Nasional 2018

Anggota komunitas sepeda motor honda naungan peguyuban HWBC (Honda West Borneo Community) mengikuti kegiatan Honda Bikers Day Tahun 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 2018 berlokasi di Lapangan Doyong Ketapang – Pangandaran Jawa Barat.

Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018
Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018

Acara ini di kemas secara menarik dengan menggabungkan aktifias touring bermula dari Pulau kalimantan tepat nya Kota Pontianak menuju lokasi HBD Nasional melalui jalur laut dan darat start dari kota Semarang menuju ke lokasi HBD Nasional 2018 dengan menggunakan motor Club masing-masing dan tak lupa selalu mengkampanyekan keselamatan berkendara dan aktifitas gathering ala community untuk mempererat hubungan silahturahmi dan solidaritas sesama anggota komunitas Se-Indonesia.

Kegiatan ini merupakan special karena  sudah berjalan selama 10 tahun berturut-turut di Pulau Jawa dan Bali dengan mengambil tema “Semangat Satu Dekade Gas Honda Bikers Day Nasional 2018 “.

Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018
Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018

Manager Marketing Astra Motor Suryanto Wirawan mengungkapkan, seiring dengan banyaknya model-model baru sepeda motor honda, seiring dengan jumlah pencinta sepeda motor honda bertambah  yang membentuk komunitas-komunitas baru juga semakin bertambah. Oleh karena itu pihak Astra Motor mendukung kegiatan Honda Bikers Day Nasional 2018 dengan mengirimkan perwakilan komunitas Honda Kalbar mengikuti kegiatan tersebut.

Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018
Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018

“ Para bikers honda juga merupakan bagian keluarga besar honda. kami mengucapkan banyak terima kasih atas kuatnya tali persaudaraan sesama bikers honda. ” ungkap Suryanto.

Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018
Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018

Sejumlah Bikers yang berangkat mewakili Paguyuban HWBC ini tampak antusias sekali mengikuti kegiatan Honda Bikers Day 2017.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, selain touring kita bisa tertemu dan menjalin silahturahmi sesama bikers Se-Indonesia.“ Ungkap Raymond salah satu peserta dari Ketua Paguyuban HWBC.

Kegiatan ini di ikuti oleh belasan riders yang mewakili komunitas di bawah naungan paguyuban HWBC.

Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018
Paguyuban HWBC mengikuti Honda Bikers Day Nasional 2018

Saya ada sedikit penjelasan mengenai komunitas. Kenapa kita mau bergabung didalam komunitas? Pada dasarnya manusia memang memiliki kecenderungan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki kesamaan. Karena itu masing-masing dari kita tentu sangat senang bila bertemu seseorang yang memiliki kesamaan. Dalam istilah sosiologi, kumpulan orang yang memiliki kesamaan dinamakan komunitas. Secara per definisi, komunitas adalah kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaan, seperti kesamaan tempat atau daerah, kesamaan profesi, dan kesamaan hobi. Komunitas yang berdasarkan daerah atau tempat, misalnya, Badan Musyawarah Sunda sebagai wadah masyarakat Sunda yang ada di banyak kota besar; yang berdasarkan hobi, kita sering melihat perkumpulan penggemar sepeda onthel dan ada juga komunitas motor.

Ada empat faktor yang membentuk komunitas:

  1. komunikasi  dan keinginan berbagi; dalam dunia motor, komunitas motor adalah mereka yang hobi motor tentu senang berbagi pengalaman selain juga juga tips dan trik.
  2. tempat  yang disepakati bersama untuk bertemu; komunitas motor tentu memiliki tempat berkumpul untuk bertemu dan berdiskusi.
  3. ritual dan kebiasaan; biasanya anggota komunitas motor memiliki jadwal bertemu dan juga melakukan kegiatan dalam periode tertentu.
  4. pendiri: anggota pendiri merintis sesuatu dan selanjutnya para anggota KOMUNITAS MOTOR MENJADI AJANG UNTUK MENAMBAH PERKAWANAN DAN PERSAHABATAN

Dalam dunia otomotif, terutama motor, semakin berkembang di Indonesia. Tak aneh bila kita melihat banyak bermunculan komunitas motor. Astra Honda Motor sebagai produsen motor sangat senang dengan perkembangan ini. Ini berarti masyarakat tak hanya memperlakukan motor sebagai kendaraan, tapi juga sebagai perekat sosial. Namun, di sisi lain kita kerap melihat banyaknya kelompok yang mengatasnamakan komunitas motor dan melakukan kekerasan di jalanan. Untuk itu, kita mesti hati-hati memperlakukannya. Karena, selain sebagai perekat sosial, komunitas motor juga bisa menjadi perusak komitmen sosial karena mereka bisa menimbulkan berbagai ekses negatif terhadap masyarakat, seperti tawuran, premanisme, gank motor dan lain sebagainya. Demi menanggulangi hal itu, sebuah komunitas motor disarankan memiliki badan hukum yang resmi atau bermitra dengan lembaga

Dengan mengantongi badan hukum, sebuah komunitas motor beranjak posisinya dari sebuah wadah bersama menjadi perkumpulan yang memiliki kekuatan hukum. Berdasarkan hal itu, para anggotanya bisa mendapatkan banyak manfaDI PENGHUJUNG TAHUN, BERBAGAI KOMUNITAS MOTOR HONDA BERKUMPUL UNTUK MERAYAKAN PERSAHABATAN

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *