Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor

Dalam rangka menyambut HUT POMAU TNI Angkatan Udara Lanud Supadio yang Ke- 73, Panitia POMAU TNI AU bekerjasama dengan PT. Astra International Tbk – Honda memberikan paparan edukasi safety riding di keluarga besar TNI Lanud Supadio. Guna meningkatkan tertib berlalu lintas pengendara motor, Astra Motor Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Berkendara yang aman dengan tema “ Meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara “. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 16 Oktober 2019 di Gedung Serba Guna Pangkalan TNI AU Lanud Supadio yang diikuti oleh 200 prajuit yang berasal dari berbagai kesatuan yang ada di Pangkalan TNI Lanud Supadio.

Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor
Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor

Banyak program yang di tawarkan dari team safety riding guna mendukung kegiatan ini, diantaranya Edukasi Keselamatan berkendara yang di sampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding dony adrian, Pameran Unit dari dealer CV Anugrah Sentosa bagi peserta yang memiliki kendaraan motor Honda. Dalam kesempatan ini juga Komandan Lanud Supadio berkesempatan mencoba mengendarai motor Honda ADV150

Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor
Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor

Diakhir sessi peserta di uji coba dengan menggunakan unit riding test Honda ADV150 dan All New CB150R melewati rintangan yang sudah di siapkan yang tertujuan untuk melatih skill saat di jalan raya.

Marketing Region Head Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan lembaga pemerintahan instansi khususnya prajurit TNI Angkatan Udara sama-sama memiliki peranan penting dalam upaya menjaga keselamatan berkendara. Keselamatan pengendara/penumpang menjadi prioritas utama yang harus diedukasi. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan peseerta dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada pengendara lainnya ” ungkap Julius.

Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor
Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor

“ Kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Budi salah satu peserta.

Mengendarai sepeda motor dengan aman dan selamat (safety riding) ini membutuhkan penguasaan teknik berkendara yang memumpuni. Hal tersebut harus dilandasi dengan cara pengemudi berkelaku baik dalam berkendara dengan mentaati peraturan berlalu lintas . mengikuti pelatihan safety riding merupakan cara bagi pengendara dalam melatih penguasaan kendaraan saat berkendara.

Pentingnya bagi pengendara mengikuti pelatihan safety riding

Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor
Prajurit TNI AU Lanud Supadio ikuti Edukasi Safety Riding Astra Motor

Untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu di jalan. Menurut Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani mengatakan bahwa para pengendara di jalan saat ini bisa mengendarai motor secara otodidak tanpa mengetahui teknik berkendara yang benar. Hal ini bisa dilihat bahkan anak sekolah pun bisa mengendarai motor secara otodidak.

Kurangnya pengetahuan dalam penguasaan kendaraan juga dapat menyebabkan kecelakaan. Bahkan menurut catatan kepolisian, angka kecelakaan di jalan bisa mencapai 73%, dan ini sebagian besar melibatkan para pengguna sepeda motor. Selain itu faktor dari pengendaranya juga termasuk di dalamnya, hal itu disebabkan karena pelanggaran berlalu lintas dan kurangnya pengetahuan bagaimana cara menguasai jalan atau cara berkendara di jalan.

Pelatihan Safety Riding Bagi Pengendara Bermotor
Pelatihan safety riding ini dimaksudkan khususnya bagi para pengendara bermotor Honda agar bisa mengetahui langkah-langkah bagaimana cara berkendara yang benar agar terhindar dari kecelakaan di jalan. Beberapa pelatihan akan memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi pengendara agar lebih siap memulai perjalannya dengan motor Honda.

Kategori Pelatihan Safety Riding

Terdapat dua kategori pelatihan safety riding, yang pertama ialah dengan teori dan yang kedua ialah dengan praktik. Dalam pelatihan teori ini, pengendara akan diberikan pengetahuan dasar berkendara dan materi seputar lalu lintas di jalan untuk para pengendara. Dalam pelatihan ini juga diharapkan peserta dapat lebih tertib dalam berlalu lintas di jalan. Para pengendara juga diberikan dasar-dasar dalam berkendara agar pengendara dapat mematuhi aturan berlalu lintas.

Pada pelatihan praktek, para peserta akan dihadapkan dengan pelatihan teknik melakukan pengereman yang aman dalam berkendara. Para peserta juga diminta untuk menguasai pengendalian dan keseimbangan sepeda motor dengan cara melintasi are track tanpa menyentuh garis batas dan juga pengendara dilarang untuk menurunkan kaki.

Semakin lambat dan bisa menjaga keseimbangan untuk tidak menurunkan kaki, maka poin yang di dapat untuk pengendara dalam pelatihan safety riding ini semakin tinggi karena patokannya adalah 30 detik.

Memang belajar keseimbangan bagi tubuh untuk berkendara benar-benar sangat penting. Bisa kita lihat, jika terjadi kemacetan di jalan maka tubuh memang harus disiapkan untuk bisa menjaga keseimbangan, jika tidak maka mungkin saja kita menyentuh pengendara motor lain, atau motornya, atau bahkan mobil yang di dekat kendaraan Anda. Untuk itu, penting dalam mengikuti pelatihan safety riding.

Pelatihan safety riding di khususkan dan di sarankan bagi para pengguna motor Honda berbagai tipe motor Honda, karena diharapkan semua pengendara motor Honda dapat selamat dan tidak ada kerusakan baik bagi pengendaranya ataupun motornya. Untuk itu jagalah keselamatan Anda dengan mengikuti pelatihan safety riding ini dan tetap waspada dan hati-hati.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *