Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”

Teknologi ditemukan dan diciptakan memang untuk memudahkan dan Menyenangkan, Seperti Inovasi yg di buat oleh Siswa SMK N 4 Pontianak yg bekerjasama dengan Astra Motor Pontianak menjalankan Program Pemerintah “ LasJuRin” ( Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri ) yang memperkenalkan “Prototype motor Amphibi” yang bisa di kendarai baik di darat maupun di Air. Latar belakang dibuatnya motor Amphibi ini selaras dengan ciri khas kota pontianak yang banyak sungai sehingga dapat dijadikan  sebuah Obyek Wisata air dengan Motor Amphibi tersebut.

Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”
Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”

Dalam proses pembuatannya motor yg digunakan adalah motor matic Honda Vario 125 PGM FI dengan di beri kano yang mempunyai daya apung sampai 250 kg sehingga masih aman untuk dikendarai 2 orang dengan kecepatan bisa 20 – 40 km/jam dan sangat cocok untuk wisata Air di kota Pontianak.

Pada tanggal 19 Desember 2018 bertempat di Kota Pontianak lebih tepatnya di Sungai jawi dilakukan Launching Motor Amphibi ke khalayak Umum yg dihadiri Para Pejabat Pemerintah yaitu Kepala DisPerinDag propinsi, KaBid DisDikBud Provinsi, Kabid Pariwisata provinsi, Lurah Kelurahan Mariana serta tokoh masyarakat sekitar Sungai Jawi dan dimeriahkan dengan suara yang menggelegar dari Drumband Siswa Siswi SMKN 4 Pontianak. Kepala DisPerindag menyampaikan bahwa dengan adanya motor Amphibi ini tercapai sudah kerjasama antara pelaku industri dengan dunia pendidikan dan harapan beliau kerjasama ini dapat ditingkatkan lagi untuk pengembangan2 berikutnya. “Hal ini sangat positif sekali bagi Siswa Siswi dalam menerapkan ilmu nya dan berkreasi menuangkan ke dalam bentuk yang nyata” ungkap KaBid DisDikBud Provinsi KalBar.

“Harapannya dengan Adanya Produk Motor Amphibi ini dapat bermanfaat dan menjadi nilai bagi wisata air kota Pontianak dan kedepannya akan terus dilakukan penyempurnaan produk yang tentunya perlu dukungan dari dunia industri dalam hal ini Astra Motor Pontianak

Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”
Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”

Berikut informasi tentang Honda Vario. Honda Vario (juga dikenal sebagai Honda Click) adalah sebuah skuter bertransmisi otomatis yang diproduksi oleh Astra Honda Motor di Indonesia sejak tahun 2006. Skuter ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin banyaknya populasi skuter otomatis yang beredar di pasar sepeda motor Indonesia.[1] Vario telah muncul dalam berbagai varian dengan kapasitas mesin mulai dari 108,0 cc (6,6 cu in) sampai 149,3 cc (9,1 cu in).

Vario 110 FI/eSP. Model yang dinamai sebagai Vario 110 FI ini diperkenalkan pada bulan April 2014, dan berbasis dari skuter Beat. Model ini adalah model pertama Vario yang tidak menggunakan radiator dalam sistem pendinginan mesinnya, karena telah menggunakan basis mesin dari Beat FI yang berpendingin udara dan juga dilengkapi dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, meninggalkan pengabutan karburator dari model Vario 110 yang sebelumnya. Honda mengklaim, dengan beberapa penyesuaian, karakter mesin yang dimiliki Vario 110 FI berbeda dengan Beat FI. Banyak komponen teknis dari Vario 110 FI yang berbagi dengan Beat, seperti suspensi belakang yang tidak lagi menggunakan lengan ayun. Model ini dilengkapi dengan varian CBS seperti Vario Techno 110, dan dilengkapi fitur tambahan seperti Remote Answer Back System dan lampu penerangan utama LED.

Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”
Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”

Pada bulan September 2015, Honda meluncurkan versi baru dari model ini yaitu Vario 110 eSP yang mengaplikasikan teknologi eSP untuk menggantikan Vario 110 FI. Berbasis mesin dari Beat esP, model ini dilengkapi dengan fitur ACG Starter, yaitu sistem penyalaan sepeda motor dengan suara yang halus

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

2 thoughts on “Produk Pengembangan SMK Berbasis Industri “Motor Amphibi Honda Vario”

    ABDUL WAHID

    (December 24, 2018 - 9:40 pm)

    maju terus SMK

    Perbedaan All New Honda Vario 150 dan 125

    (December 31, 2018 - 12:23 pm)

    […] di lima titik secara serentak tersebut dengan tujuan untuk lebih mendekatkan all new honda vario dengan seluruh masyarakat yang terseber di Kalbar,” ujar Kepala Wilayah Astra Motor […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *