Program Edukasi Safety Riding Online Honda Kalbar

Honda Kalbar pada saat ini sedang gencar melakukan edukasi online terkait safety riding, dengan memanfaatkan aplikasi instagram instruktur safety riding ingin tetap melakukan edukasi yang bermanfaat terhadap masyarakat kalimantan barat. Edukasi tersebut berupa edukasi ringan seputar keamanan berkendara yang tentunya disela edukasi juga ada kuis dan hadiah yang menarik.

Program Edukasi Safety Riding Online Honda Kalbar
Program Edukasi Safety Riding Online Honda Kalbar


Keselamatan merupakan hal utama yang harus di jaga pada saat berkendara. Keamanan dan keselamatan sangat penting untuk kita jaga dan kita terapkan pada saat sedang mengendarai motor atau mobil. Seperti yang kita lihat saat sekarang ini maraknya orang berkendara tanpa menggunakan alat pelindung diri dimana APD itu sangat perfungsi untuk melindungi keselamatan diri saat berkendara.
Selain melakukan edukasi dan juga kuis, instruktur juga memberikan kesempatan kepada penonton untuk melakukan tanya jawab seputar safety riding dan juga produk honda. Edukasi berlangsung selama satu jam dan biasanya dimulai pada waktu 16:00 WIB pada tanggal yang sudah ditetukan. Masyarakat dapat mengetahui kapan dilaksanakannya edukasi online ini dengan selalu memantau instagram Honda Kalbar dengan username @honda_kalbar.
Edukasi yang diberikan meliputi postur tubuh saat berkendara, pemakaian riding gear, kebersihan riding gear dan masih banyak lagi mengenai keamanan berkendara. Masyarakat dapat menyaksikan langsung edukasi online ini dengan memfollow akun honda kalbar dan jangan kelewatan setiap live honda kalbar setiap minggunya.
Maraknya kecelakaan yang terjadi sekarang ini sudah menjadi bukti besar bahwa itu merupakan kelalaian mereka dalam berkendara tanpa menggunakan alat pelindung. Selain itu maraknya pula adanya ngebut atau balap* liar motor yang sangat berbahaya bahkan bisa merenggut nyawa. Ini di karenakan kurangnya pengetahuan atau ketidak patuhan mereka saat berkendara tanpa menggunakan alat pelindung.
Alat pelindung yang kita gunakan sangat berfungsi dan dapat menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa. Berdasarkan kasus dan kejadian yang marak terjadi akibat kematian dari kecelakaan saat berkendara maka untuk kita wajib menggunakan dan selalu menerapkan alat pelindung diri saat berkendara misalnya menggunakan helm, sarung tangan, dan jaket pengaman sehingga itu dapat meminimalisir dan mengurangi angka kecelakaan dan kematian yang sedang marak terjadi. Hindari kecelakaan dan selalu gunakan alat pelindung diri.
Di indonesia kecelakaan berkendara menjadi tingkat kecelakaan berkendara yang paling tinggi. Kecelakaan berkendara sepeda motor pertahun semakin bertambah. Data kecelakaan lalulintas yang menjadi urutan Ke-3 penyebab kematian di Indonesia. ini terjadi karena tidak adanya perhatian khusus dari pengguna sepeda motor serta tidak adanya pelatihan safety riding. Perlengkapan safety riding juga perlu kurang di mengerti oleh para pengguna sepeda motor.
Tingginya angka kecelakaan dapat karena jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya dan juga karena kelalaian manusia yang menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas. Data Kepolisian RI menyebutkan, pada 2012 terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang, dengan potensi kerugian sosial ekonomi sekitar Rp 203 triliun – Rp 217 triliun per tahun (2,9% – 3,1 % dari Pendapatan Domestik Bruto/PDB Indonesia). Sedangkan pada 2011, terjadi kecelakaan sebanyak 109.776 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 31.185 orang.
Hal ini sebaiknya kita cermati dengan seksama, yang mana kewaspadaan berkendara adalah menjadi hal yang utama, dan sebaiknya sebelum melakukan berkendara sepeda motor wajib mengasah skill dan kemampuan dan juga pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar atau safety riding.
Pengertian safety riding itu secara umum adalah keamanan dan keselamatan berkendara. Jadi, Safety Riding adalah perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.
Sampai saat ini banyak orang mengendarai sepeda motor tapi tidak semua orang memahami cara mengedarai sepeda motor dengan baik dan benar serta memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan. Baik itu keamanan untuk diri sendiri maupun sisi keamanan bagi pengguna jalan lainnya. Padahal banyak kita temukan materi safety riding untuk di pelajari, di praktekan dan di patuhi. Banyaknya kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor roda dua akhirnya mencuatkan kampanye untuk pengendara secara aman di jalanan dan juga di pusat pelatihan safery riding.
Materi-materi safety riding berguna bagi para pengendara sepeda motor. Materi safety riding secara umum yang diberikan pada para peserta terdiri atas slalom, pengereman, melewati papan titian, dan juga rintangan bergelombang. Materi ini tidak hanya di peruntukan untuk pengguna sepeda motor tertentu saja seperti safety riding touring, safety riding komunitas atau yang lainnya, Namun di peruntukan untuk semua masyarakat indonesia sebagai pengguna sepeda motor khususnya.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *