Ratusan Siswa/i SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor

Astra International, Tbk – Honda selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Kalimantan Barat terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Kali ini giliran pelajar Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Kota Pontianak yang menjadi sasaran edukasi safety riding Khusus nya di SMK Kristen Immanuel Pontianak pada Tanggal 25 Januari 2019 di ruang Aula Sekolah.

Mengusung tema Edukasi Safety Riding for High School, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadikan generasi muda sebagai duta keselamatan berkendara. Kegiatan edukasi ini pun menjadi prioritas Honda bersama dengan seluruh jaringan dealernya di Indonesia.

Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor
Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor

Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding mengungkapkan bahwa Edukasi Safety Riding for High School ini merupakan kegiatan yang rutin digelar Honda. Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan metode #Cari_Aman. Sehingga dapat melahirkan duta-duta safety riding yang memiliki semangat dan menjadi tauladan yang baik bagi generasi muda lainnya.

“Dengan semangat Satu HATI, kami berharap generasi muda kita menyadari bahwa mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara tidak hanya demi keselamatan. Tetapi bisa menjadi bagian dari gaya hidup. Helm dan jaket tidak hanya akan membuat aman saat berkendara, tetapi juga dapat membuat penggunanya terlihat lebih menarik, keren dan stylish,” ujar Dony.

Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor
Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor

Kegiatan edukasi safety riding ini tentunya mendapat apresiasi dari pihak Sekolah yang di kunjungi. Apalagi kegiatan ini bisa menjadikan para siswa dan siswi menjadi semakin sadar akan pentingya safety riding.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memupuk kesadaran untuk mematuhi segala peraturan dan rambu lalu lintas. Serta menyadari bahwa semua aturan di jalan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan setiap pengguna jalan,” ujar  Pak Sunardi selaku Kepala SMK Kristen Immanuel.

Pada kesempatan ini tim safety riding astra motor mengawali edukasi dengan memberikan contoh kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara, pemahaman sejulah faktor penyebab kecelakaan, dan kerugian yang dialami jika terjadi kecelakaan. Selanjutnya tim safety riding astra motor memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik berkendara yang aman, postur tubuh yang baik, pemahaman rambu-rambu lalu lintas, hingga memperkenalkan tagline #Cari_Aman saat naik motor dengan gaya khas anak muda.

Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor
Ratusan Siswai SMK Immanuel Ikuti Kampanye #Cari_aman Astra Motor

Sekalian juga Aku informasikan, bagaimana caranya supaya bisa aman berkendara saat macet ya!

1. Selalu awas dengan memerhatikan kaca spion.
Jalanan yang macet terkadang memaksamu untuk cari celah agar bisa lolos dari padatnya kendaraan. Itu hal yang wajah sih, tapi kalau kamu melakukannya dengan gegabah bisa jadi kamu bakal celaka atau cedera.
Usahakan selalu awas alias perhatikan sekeliling dengan mengawasi blind spot terutama di daerah belakangmu melalui kaca spion. Supaya saat mau mendahului atau bergerak mencari celah jalan gak bertabrakan dengan kendaraan di belakang.
Namun, kamu juga gak boleh terlalu fokus di kaca spion. Bagi perhatianmu dengan mengawasi blind spot atau jalanan di depanmu juga agar gak terjadi kecelakaan kalau tiba-tiba kendaraan seperti mobil di depan mengerem mendadak atau ada motor lain yang tiba-tiba muncul.

2. Jangan lupa selalu sigap tangan dan kaki di tuas rem.
Nah, trik satu ini juga gak boleh dilupakan saat berkendara di jalanan padat alias macet. Pasalnya, saat macet kamu terkadang diwajibkan bereaksi dengan ekstra cepat baik saat menekan tuas rem atau bahkan pedal rem belakang.
Untuk itu, siagakan selalu beberapa jari dan kakimu di tuas rem. Setidaknya taruh satu atau dua jari di tuas rem dan ibu jari sebelah kanan di pedal rem belakang. Jadi, saat ada pengendara lain yang bermanuver kamu pun sudah siap.

3. Perhatikan pula masalah persneling saat berkendara di jalan yang macet.
Dalam kondisi macet, sebaiknya berkendaralah dengan gigi rendah agar motor kamu siap untuk berakselerasi jika diinginkan. Dengan melakukan langkah tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk menggunakan rem cukup sering.
Putaran mesin yang tinggi juga bisa menyatakan kehadiranmu. Namun jangan menggunakan suara knalpot untuk mengusir pengendara lain ya!

4. Jangan pernah lengah di jalanan macet terutama saat belokan!
Langkah ini penting banget buat kamu yang sedang melewati jalan belokan tapi keadaannya lagi macet. Pasalnya, kalau kamu lengah pas lewat jalan ini niscaya kamu bakal celaka.
Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghidupkan lampu baik saat kamu berkendara di siang hari atau bahkan terlebih waktu di malam hari. Perhatikan ban mobil tersebut atau tangan dari pengendara yang berada di kolom kemudi.
Jika kamu melihat pergerakan, maka wajib hukumnya siap untuk mengerem atau bahkan berakselerasi menghindar.

5. Selalu siagakan ibu jarimu, agar siap sewaktu-waktu saat bermanuver!
Saat berkendara di jalanan padat, biasakan untuk mengaktifkan ibu jarimu. Gunanya untuk menekan switch sen saat ingin bermanuver atau bahkan membelok.
Lampu yang berkedip bisa menjadi sinyal yang akan langsung dipahami oleh pengendara lain di depan dan belakangmu. Jadi jangan lupa kasih lampu sen ya saat akan bermanuver di celah-celah mobil biar gak celaka!

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *