Resep Rahasia Kepala Ikan Asam Pedas dan Nanas Khas Pontianak

Masakan Ikan asam pedas merupakan salah satu makanan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat. Menu makanan yang satu ini biasa disajikan sebagi santapan keluarga, juga sebagai menu andalan di beberapa rumah makan dan restoran yang ada di Pontianak. Saat ini menu ikan asam pedas sudah semakin banyak variasinya, dan tidak hanya berkembang di Pontianak saja, tapi juga di beberapa tempat lainnya di Indonesia.

Ikan Asam Pedas Khas Pontianak di Pondok Ale Ale Khas Pontianak dan Ketapang
Ikan Asam Pedas Khas Pontianak di Pondok Ale Ale

Ikan Asam pedas sendiri menggunakan bahan dasar ikan. Tapi menu yang satu ini juga bisa menggunakan bahan lain, seperti kepala ikan dan nanas misalnya. Ikan yang digunakan pun bermacam-macam, bisa ikan kakap merah atau salmon seperti yang akan kita bahas kali ini. Meski begitu tidak akan mengurasi rasa nikmat dari masakan asam pedas itu sendiri.

Sebelum ini kamu mungkin sering menyepelekan bagian kepala ikan. Bahkan mungkin sering dibuang begitu saja. Padahal dengan beberapa bumbu khusus dan langkah-langkah tertentu, kepala ikan tersebut bisa dijadikan sebagai menu masakan yang menggugah selera. Meski sempat beredar kabar bahwa tidak diperbolehkan untuk memakan kepala ikan, ternyata itu hanya berlaku untuk ikan-ikan ternteu dan dalam jumlah terntu. Jadi bisa dikatakan aman untuk memilih menu ini sebagai hidangan di rumah.

Berikut bahan dan langkah-langkah membuat asam pedas ikan dan nanas.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

1 potong kepala ikan

1 buah nanas

2 siung bawang putih

1 buah bawang bombay

1 sendok makan cabe merah kering

Asam jawa secukupnya

Setengah sendok teh kunyit

2 batang serai

1 liter air

3 lembar daun jeruk

Minyak goreng dan garam secukupnya

Cara Memasak Asam Pedas Kepala Ikan dan Nanas:

  1. Haluskan bahan-bahan seperti bawang Bombay dan bawang putih. Kemudian panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bersama garam, serai, dan daun jeruk sampai harum.
  2. Masukkan cabe kering yang sudah dihaluskan, tumis hingga matang.
  3. Masukkan pula kepala ikan, lalu aduk. Tambahkan air lalu tunggu sampai mendidih.
  4. Terakhir, masukkan potongan nanas beserta air asam jawa, lalu rebus hingga bumbu meresap.

Jika semua sudah siap, maka menu asam pedas kepala ikan dan nanas siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk menyantapnya dalam keadaan masih hangat bersama nasi dan juga sambal terasi.

Jika memang tidak sempat untuk memasak sendiri ada solusi lain untuk tetap makan ikan asam pedas khas Pontianak. langsung saja kunjungi tempat makan yang menyediakan menu Ikan Asam Pedas. Ada Pondok Ale Ale yang berada di Jalan Putri Chandramidi (Podomoro) Pontianak yang menyediakan 2 jenis menu spesial ikan Asam Pedas yaitu Ikan Asam Pedas khas pontianak yang pedas asam dan ikan asam pedas khas Ketapang yang gurih dan asam. Semuanya enak dan lezat dengan berbagai macam pilihan ikan segar sesuai selera.

Jangan lupa untuk melakukan reservasi jika ingin datang beramai-ramai (0561) 740 789 atau datang langsung ke Jalan Putri Candramidi (Podomoro) No 10 atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale yang berada di A Yani Mega Mall Pontianak. Selamat menikmati Ikan Asam Pedas spesial dari Pondok Ale Ale di Pontianak.

 

Post Author: Dony Prayudi

1 thought on “Resep Rahasia Kepala Ikan Asam Pedas dan Nanas Khas Pontianak

    sandi nugraha

    (September 15, 2017 - 3:30 am)

    makasih buat rsepnya, ga sabar pengen buat pasti nambah terus klo mkn sma ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *