Selama Lebaran Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%

Selama Lebaran Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%. XL Axiata berhasil melalui masa krusial selama libur Lebaran, mulai 11-24 Juni 2018. Dalam rentang waktu 13 hari tersebut, trafik penggunaan layanan data XL Axiata mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan hari-hari biasa dan dibandingkan Lebaran tahun lalu. Tercatat, terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30% dibanding hari biasa, dan 95% dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45%. Kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data XL Axiata menjadi salah satu faktor pendorong lonjakan trafik tersebut.

 

Teknisi XL Axiata sedang memeriksa perangkat BTS yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan untuk menjamin kelancaran komunikasi selama libur lebaran.
Teknisi XL Axiata sedang memeriksa perangkat BTS yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan untuk menjamin kelancaran komunikasi selama libur lebaran.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi. Puluhan juta pelanggan kami mengharapkan bisa menggunakan layanan XL Axiata secara maksimal. Prioritas utama kami adalah memastikan kenyamanan pelanggan, tidak hanya di jalur mudik saja tapi juga tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus, dan rest-area. Dan juga dengan lamanya periode liburan, tempat-tempat wisata juga dipastikan jaringannya, seperti pantai, taman wisata, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Jika itu bisa penuhi, maka dengan sendirinya trafik akan meningkat dan ini bagus secara bisnis. Kami bersyukur bisa memberikan layanan secara maksimal selama Lebaran ini, tanpa hambatan yang berarti.”

 

Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari trend kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama. Masyarakat dan pelanggan semakin nyaman menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas mereka selama libur Lebaran, termasuk saat bersilaturahmi, perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota asal, serta berbagai kabar melalu media sosial. Selain itu, kenaikan trafik juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data.

 

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi antara lain oleh trafik data  streaming (video dan musik) mencapai 47%. Seiring dengan semakin meningkatnya kualitas dan perluasan jaringan data berkualitas seperti 4G LTE, pelanggan semakin nyaman mengakses layanan streaming. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, Instant Messaging 13% dan media sosial (medsos) 12%

 

Sementara itu, untuk layanan VoIP naik 20%. Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran. Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55%, GoogleDuo 20%, Hangout 16%, dan Whatsapp 15%.

 

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55% dan 135%. Semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan pulang kampung mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang kini semakin mudah diakses melalui smartphone.

 

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115%, Kuningan 110%. Selanjutnya Sampang – Madura dan Balikpapan masing-masing 95%, Garut 90%, Banyuwangi 77% dan Sumenep – Madura 75%.

 

Sementara itu, jika ditilik dari sisi perpindahan pelanggan saat Lebaran, pola perpindahan pelanggan saat lebaran identik dengan pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan liburan. Data per tanggal 15 Juni 2018 atau Lebaran hari pertama menunjukkan jumlah pelanggan di Jabodetabek yang berpindah ke wilayah lain mencapai sekitar 25%, terbanyak dibandingkan wilayah lain. Sebaliknya, wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari wilayah lain, tercatat kedatangan pelanggan dari wilayah lain mencapai sekitar 25%. Pelanggan yang datang ke wilayah Jawa Barat sekitar 10%, ke Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Kalimantan masing-masing sekitar 8%.

 

Keberhasilan XL Axiata melayani pelanggan dan masyarakat sepanjang libur  Lebaran tersebut tidak terlepas dari matangnya persiapan yang dilakukan sebelumnya. XL Axiata sempat meluncurkan kampanye “Ramadan #JadiLebihBaik – Silaturahmi Tanpa Batas” yang mencakup penyiapan jaringan yang prima untuk mengatasi potensi lonjakan trafik data, selain juga menawarkan sejumlah program menarik bagi pelanggan XL PRIORITAS, XL, dan AXIS.

 

Dari sisi jaringan, XL Axiata antara lain telah melakukan penambahan 8.500 BTS 3G/4G baru sebelum Lebaran 2018. Selain itu, kapasitas transmisi dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

 

Selain itu, XL Axiata memberikan perhatian khusus di sebagian besar jalur mudik utama. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96% jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G LTE untuk jalan raya, sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencapai lebih dari 90%. Sementara itu di luar Jawa, lebih dari 94% jalur mudik utama di Sumatera dan 66% di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G LTE.

 

Tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Begitu juga untuk jalur Kereta Api Jakarta – Surabaya 90% terlayani 4G LTE.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

12 thoughts on “Selama Lebaran Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%

    Okti Li

    (June 27, 2018 - 8:09 am)

    Wah mupeng saya sama berbagai pencapaian yang dilakukan XL inI. Saya tidak punya nomor XL. Sepertinya salah satu jatah dari 3 nomor yang bisa dimiliki per orang akan saya pakai untuk nomor XL aja deh…

    kurnia amelia

    (June 27, 2018 - 10:21 am)

    Woowww banyak juga ya lonjakannya, mungkin karena pakai XL soale murah yes banyak bonusnya jadi pada pakai.

    mutia nurul rahmah

    (June 27, 2018 - 12:27 pm)

    XL tu skrg udh mulai stabil yaaa, rata-rata Di Tasikmalaya para sodaraku pengguna XL

    Widia

    (June 27, 2018 - 1:46 pm)

    Gak nyesel deh jadi pelanggan setia dari tahun 2003 dulu proXL sampe sekarang beralih ke Prioritas 🙂

    Fillyawie

    (June 27, 2018 - 4:08 pm)

    Ini yang dinamakan berkah lebaran ya Bang Dodon, zaman now media seperti smartphone bisa membuat yang jauh jadi terlihat dekat dan bersilaturahmi bisa menjadi lebih mudah dengan bantuan internet. Walaupun bukan pengguna XL, saya cukup bangga melihat XL Axiata membangun jaringan komunikasi dengan serius di Indonesia Timur.

    Rani Yulianty

    (June 28, 2018 - 12:05 am)

    Salah satu nomor providerku pun XL, dan pas mudik lancar internetan pakai XL

    Elva Susanti

    (June 28, 2018 - 2:27 am)

    Makin sukses aja ya XL menjangkau jaringannya. Saya pun pernah menjadi pengguna XL, ada banyak bonus nya. Waaah senang banget kl ada bonus2 gitu.

    Sara Neyrhiza

    (June 28, 2018 - 3:58 am)

    Semoga XL bisa terus melayani pelanggan dengan optimal. Dan memberi paket2 yang murah terutama paket data

    adi pradana

    (June 28, 2018 - 4:20 am)

    XL Axiata makin kece ya, pelayanannya makin baik dan jaringannya tersebar luas

    VHAranie

    (June 28, 2018 - 4:41 am)

    aku bukan pengguna xl sih, dirumah juga koneksi inetnya pake wifi gitu.. tp jujur aja, kalau pas lg ada kegiatan diluar rumah, lumayan sebel sa koneksi inter dari simcard yg aku pake, ini kayaknya bakalan coba pake xl deh, semoga tidak mengecewakan

    Eni Martini

    (June 29, 2018 - 3:58 pm)

    Wiih keren, baru tahu Tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Jadi makin asyik ya

    April Hamsa

    (July 26, 2018 - 9:49 pm)

    Kece banget. Jd keinget lebaran dulu banget saat aku masih kuliah, XL tu gak nyampai ke rumah nenekku di Pacitan. Kalau skrng jangan ditanya, XL ada dmn2, enggak lola pula sinyalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *