Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman  

Dalam rangka meningkatkan tertib berlalu lintas pengendara motor, Astra Motor Roban menggelar Edukasi Safety Riding Berkendara yang aman dengan tema “ Meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara melalui Kampanye #Cari_aman “ untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada Pegawai Pemkot Singkawang. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 12 Juli 19 di halaman depan Kantor Pemkot Kota Singkawang bertepatan dengan senam sehat yang diikuti oleh 30 PNS yang berasal dari berbagai unit di pemerintahan Kota Singkawang.

Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman
Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman

Banyak program yang di tawarkan dari team safety riding guna mendukung kegiatan ini, diantaranya Edukasi Keselamatan berkendara yang di sampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding dony adrian, berbagai hadiah doorprice menarik di siapkan kapada pegawai Pemkot Singkawang bagi mereka yang beruntung .

Diakhir sessi peserta di uji coba dengan menggunakan unit riding test Honda CB150R dan Matik Honda melewati beberapa tantangan cone dengan jalur yang sudah disiapkan team Safety Riding Astra Motor .

Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman
Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman

Marketing Region Head Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan lembaga pemerintahan instansi khuhusnya Pemkot Singkawang sama-sama memiliki peranan penting dalam upaya menjaga keselamatan berkendara. Keselamatan pengendara/penumpang menjadi prioritas utama yang harus diedukasi. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan peseerta dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada pengendara lainnya ” ungkap Julius.

“ Kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Yoga salah satu peserta.

Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman
Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman

Apa itu Safety Riding? Menurut sepemahaman EYD makna Safety Riding yang benar adalah lebih ke sikap berkendara yang aman. Aman dalam arti smart menghindari segala resiko dan bahaya yang ada di jalan. Tekankan pemahaman saat akan riding bahwa jalanan mempunyai resiko dan bahaya yang lebih besar untuk roda dua khususnya. Sehingga saat berkendara mindset kita adalah bagaimana cara menghindari resiko, segala manuver yang kita lakukan harus aman bagi pengendara atau pemakai jalan lain termasuk untuk diri kita sendiri.

Implementasi dari pengertian di atas adalah bagaimana disaat kita mengendarai kendaraan, maka haruslah tercipta suatu landasan pemikiran yang mementingkan dan sangat mengutamakan keselamatan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Untuk itu, berangkat dari dasar pemikiran keselamatan tersebut, maka para pengendara haruslah menyadari arti dari pentingnya keselamatan, hal ini bisa di contohkan dengan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya dan berbagai kejadian kecelakaan yang terjadi disebabkan dari berbagai macam kasus. Walaupun terasa sangat sulit untuk menumbuhkannya, namun pemikiran yang mengutamakan keselamatan tersebut haruslah merupakan kesadaran dari diri sendiri yang terbentuk dan dibangun dari dalam hati dan bertekad untuk melaksanakan segala aktivitas yang mendasar pada Safety Riding. Bila dasar pemikiran Safety Riding (Safety Minded) telah masing-masing dimiliki, maka dengan mudah setiap hal yang berkaitan dengan Safety Riding dapat kita terapkan dimulai dari diri sendiri dan memulainya dari hal-hal yang kecil, karena kesadaran betapa pentingnya suatu keselamatan diri

Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman
Senam Sehat di Pemkot Singkawang Sambil Kampanye #Cari_aman

Bagi sebagian pemotor, mungkin ada yang belum pernah mengikuti kursus atau program mengendarai motor yang benar dan aman (safety riding). Sementara bagi yang sudah pernah ambil bagian kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Ada beberapa hal yang diajarkan sangat membantu ketika berkendara roda dua.

Materi praktik safety riding biasanya yang umum dilakukan  berupa slalom, pengereman, melewati papan titian, dan rintangan bergelombang.  Semuanya mempunyai maksud dan tujuan masing-masing.

Manfaat dari slalom adalah untuk melatih kemampuan, atau untuk menjaga irama keseimbangan tubuh saat menikung atau melalui jalan berliku. Dalam slalom ditekankan pentingnya pengontrolan body pengendara motor, dalam artian ketika belok motor lebih mengikuti arah body kita setelah stang.

Pelatihan melewati jalan titian, juga sama, yakni guna menjaga keseimbangan tubuh. Hanya saja praktik meniti papan titian lebih kepada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalan-jalan sempit.  Misalnya di lalu lintas kota besar, katakan saja Jakarta, pemotor sering melintas diantara sela-sela mobil. Ini perlu sekali diajarkan agar pengendara tidak ceroboh, seperti stang menyenggol badan mobil atau spion mobil, atau menyenggol motor lain di sebelah kita.

Sedangkan manfaat pelatihan melalui rintangan gelombang adalah melatih keseimbangan tubuh saat melewati jalan yang tidak rata, bergelombang atau berlubang. Di sini, sebaiknya pengendara secara bersamaan menggunakan rem depan dan rem belakang secara konstan jika mengerem dan mengatur irama kecepatan.

Tak lupa soal pengereman. Untuk posisi mengerem yang benar menurut idealnya adalah 60:40. Artinya, menggunakan rem depan sebanyak 60% dan belakang 40%. Ini untuk menghindari terjadinya slip atau ‘ngebuang’ pada salah satu roda ketika mengerem. Latihan-latihan semacam itu dapat dilakukan semua pengendara sepeda motor pada tanah lapang atau area parkir yang cukup luas.

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *