E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP

Saya berkesempatan untuk hadir diacara Sosialisasi E-Katalog LKPP di Kota Pontianak yang diselenggarakan oleh LKPP dan Bhinneka yang mendapat dukungan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Diskominfo Kota  Pontianak. Jaman sekarang semuanya serba elektronik dan canggih, kalau dulu semuanya dilakukan serba manual sekarang tidak lagi, termasuk pengadaan barang.

E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP
E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP

Sekitar 200 orang dari berbagai elemen pemerintah dari berbagai instansi seperti kepala SKPD, ketua ULP dan LPSE Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak, lembaga dan masyarakat hadir di acara ini. Semua peserta khusuk menyimak bagaimana E-Katalog menjadi solusi menuju Indonesia yang semakin transparan dan maju.

Tema acara ini adalah “Belanja Cepat Cara Tepat Melalui E-Katalog” dengan tujuan memberikan informasi dan pengetahuan, nantinya diharapkan E-Katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Dalam e-katalog, semua pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Apalagi, informasi spesifikasi, harga dan merek telah dapat diakses oleh semua pihak sehingga pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. Pengelola pengadaan hanya perlu login dan melakukan transaksi melalui laman E-Katalog.

Peran Bhinneka selain sebagai menjadi salah satu Agregator, juga mesosialisasikan keberadaannya sebagai penyedia barang/jasa pemerintahdalam rangka meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah di Indonesia mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP, demi menuju Indonesia yang semakin transparan dan maju. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai aspek, Bhinneka.com menawarkan pilihan produk yang lengkap, harga khusus untuk produk dalam e-katalog, jaminan garansi, dan layanan.

E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP
E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP

Bhinneka.com sebagai pelopor penyedia barang/jasa secara online telah terverifikasi di LKPP dan turutberperan aktif untuk melakukan sosialisasi pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog.Bhinneka.com, lanjut Heriyadi, berkomitmen untuk dapat membantu proses reformasi cara belanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel. Selain itu, setiap harga produk sudah termasuk pajak sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintahan. Demikian disampaikan Direktur Corporate Sales Bhinneka.com, Heriyadi Janwar.

Janwar juga menambahkan, Sebagai online store yang telah berkecimpung di dunia distribusi dan penjualan barang/jasa secara online dan offline selama 24 tahun, Bhinneka.com berkomitmen memberikan produk, harga, pelayanan dan servis terbaik melalui e-katalog LKPP dimana Bhinneka memiliki perwakilan resmi di 32 provinsi diseluruh Indonesia.

Selain itu, Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.  Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelola pengadaan hanya perlu melakukan login dan melakukan transaksi melalui laman https://e-katalog.lkpp.go.id/.

E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP
E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP

Agus pun optimistis dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian  produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga, dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak. Semua Informasi harga dan spesifikasi barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli, dalam hal ini pokja, dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia. Dengan demikian akan terbentuk sistem crowd control dimana masyarakat dapat mengawasi langsung.

Dengan iklim keterbukaan seperti inilah diharapkan nantinya dapat mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara yang dibelanjakan melalui pengadaan barang/jasa. Pada akhirnya, Bhinneka.com menguatkan kemitraan dengan  pemerintah dalam melaksanakan pengadaan nasional. Ayo awasi bersama dan jadikan Indonesia lebih maju, lebih baik

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

1 thought on “E-Katalog Solusi Transparansi Belanja Online dari Bhinneka dan LKPP

    Irwin

    (May 16, 2017 - 2:48 pm)

    Semoga saja dengan adanya E-Katalog ini, belanja online jadi lebih mudah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *