Sosialisasikan Aman Dalam Berkendara Bersama Formagama Balek Kampong

Pada hari Rabu tepatnya 6 Januari 2021 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi caranya aman berkendara pada musim hujan. Dalam sosialiasi Formagama balek kampung dengan tema “Be The Change Maker and Choose Your Colour” kepada SMA N 1 Pontianak terdapat edukasi safety riding dari Astra Motor Kalimantan Barat.
Sosialisasi yang dilakukan Formagama Balek Kampong merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap siswa/I SMA yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, selain memberikan informasi terkait universitas rekomendasi, Astra Motor Kalimantan Barat juga berperan dalam sosilalisasi ini dengan melakukan edukasi safety riding kepada siswa/I SMA N 1 Pontianak.
Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah berkendara yang aman saat musim hujan yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama mahasiswa Universitas Gajah Mada, dan Juga Siswa/I SMA N 1 Pontianak.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Safety Riding Manager Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan Astra Motor Kalimantan Barat akan selalu melakukan edukasi safety riding kepada masyarakat di Kalimantan Barat dari setiap jajaran, “Kami Astra Motor Kalimantan Barat akan selalu melakukan edukasi safety riding kepada masyarakat di Kalimantan Barat dengan memberikan informasi yang seru dan nyaman untuk dipahami oleh masyarakat” Tuturnya.
Lalu apa saja yang harus dipersiapkan oleh kalian yang mau mudik? Berikut rangkumannya

  1. Jasmani & Rohani
    Persiapkan fisik dan mental perlu dilakukan untuk mencegah pemudik kelelahan saat berkendara. Jika kondisi fisik dirasa sudah tak bisa melanjutkan perjalanan, pengedara disarankan untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat.
    2.Kendaraan
    Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan melakukan pengecekan dan servis rutin di bengkel resmi.
  2. Kelengkapan Berkendara
    Gunakan helm, sepatu, jaket dan sarung tangan untuk melindungi Anda selama perjalanan. Persiapkan juga jas hujan untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu di perjalanan.
  3. Budaya Berkendara
    Taati peraturan lalu lintas, menghargai dan menghormati sesama pengguna jalan serta menahan emosi harus selalu dilakukan agar perjalanan terasa menyenangkan. Pastikan juga membawa kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK kendaraan.
  4. Berdoa
    Selalu awali perjalanan dengan berdoa agar senantiasa memperoleh keselamatan di perjalanan.Untuk mempersiapkan menempuh persiapan jarak jauh menggunakan sepeda motor telah merangkum lima barang yang perlu dibawa saat mudik lebaran sebagai berikut:
    Rompi Dada
    Tidak hanya jaket yang berbahan tebal rompi dada perlu digunakan fungsinya untuk menahan angin dan pelindung paru-paru mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Dengan bahannya yang tebilang cukup tebal dan memiliki pelindung sehingga bisa menjaga badan dari benturan. Untuk mendapat pelindung dada bisa dibeli melalui e-commece atau dipinggir jalan mulai harga Rp 50 ribu hingga ratusan ribu dengan berbagai merek. Namun yang perlu diperhatikan saat menggunakan rompi dada yaitu ukuran harus sesuai dengan postur pengendara dan pilih berbahan kulit.
    Obat-obatan
    Obat-obatan perlu dibawa saat mudik mengingat perubahan cuaca dan untuk menjaga daya tahan fisik karena menempuh jarak yang jauh. Untuk mengantisipasi pemudik perlu membawa minyak kayu putih, balsem untuk masuk angin. Bila anda memiliki penyakit tertentu tips yang diperlukan membawa persediaan lebih untuk berjaga-jaga. Untuk membawa obat-obatan tersebut perlu disediakan kotak khusus supaya memudahkan untuk membawanya.
    Jas Hujan
    Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat pengendara bermotor wajib menyiapkan jas hujan saat melakukan mudik lebaran. Namun untuk jenis jas hujan ponco tidak disarankan karena cukup berbahaya bila tersangkut di jeruji motor. Fungsi lain jas hujan saat mudik lebaran menggunakan sepeda motor untuk melindungi barang elektronik yang dibawa seperti handphone, laptop serta elektronik lainnya.
    Helm Standar
    Helm standar yang dimaskud yaitu memenuhi aturan standar nasional Indonesia (SNI). Untuk mudik lebaran pengendara motor dianjurkan menggunakan helm full face. Helm full face dianjurkan karena bisa melindungi dari benturan hingga seluruh kepala. Selain itu bila tidak menggunakan helm standar SNI bisa ditilang oleh Polisi.
    Sediakan Bekal Yang Cukup
    Untuk mempersingkat waktu tempuh biasanya pemudik membawa bekal saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Untuk bekal yang dianjurkan meliputi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menjaga stamina untuk berkendara. Namun hindari konsumsi makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi seperti nasi. Bila mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang berlebihan bisa menyebabkan cepat lelah saat berkendara.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *