Temu Blogger Kesehatan “Mata Sehat Investasi Bangsa”

Seru! itu yang terlintas dikepala pada saat saya diajak untuk datang ke acara Temu Blogger Kesehatan. Ini bukan sekedar bertemu dengan teman-teman blogger di tempat yang adem tapi masalah ilmu yang akan diserap. Apalagi tema yang diusung mengenai “Upaya Pemerintah dalam Penanggulangan Gangguan Penglihatan”. Selain itu juga ada ada workshop kepenulisan yang bertajuk “Menulis Benar tanpa Takut Hambar”. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 12 Oktober 2017 lalu di Hotel Harris Pontianak seharian, mulai pagi hingga sore.

Temu Blogger Kesehatan 2017
Menkes Nila F Moeloek didampingi Dirjen dan staf mengunjungi Temu Blogger Kesehatan di Pontianak

Setelah semua peserta duduk manis didalam ruangan waktunya kelas dimulai. tapi sebelum semuanya terlanjur serius, ada pelemasan otot dengan melakukan senam germas terlebih dahulu. Senamnya mudah dilakukan dan contoh ada dilayar lebar didepan peserta. Kami yang berjumlah 40 orang bersemangat melakukan berbagai macam gerakan sementara beberapa orang juga sibuk merekam semua aktifitas senam pembuka acara. Badan jadi rileks dan otak siap menerima materi yang diberikan. mari jadi optimal!

 

Menulis Benar Tanpa Takut Hambar

Rupanya untuk membuka acara ini diberikan sebuah permainan yang ingin membuktikan sebuah pernyataan “apakah benar apa yang kita tulis sama dengan apa yang pembaca gambarkan?”. Ini adalah salah satu tantangan bagi seorang penulis. Membuat suatu gambaran dengan menggunakan kalimat dan kata yang tepat bukan hal mudah. Rasa bahasa yang dimiliki oleh pembaca tentu saja jadi pekerjaan berat sang penulis. Kesalahan penulisan seperti tanda baca dan susuanan kata juga kerap jadi masalah yang sering dihadapi. tidak hanya dalam tulisan blog bahkan hingga pesan di media social.

Temu Blogger Kesehatan
Mas Away , Anwar Natari sedang memberikan materi kepada Blogger Kesehatan

Kebiasaan yang sudah mendarah  daging dan campur bahasa juga jadi masalah kekinian. Alih-alih ingin menggunakan bahasa langit malah membuat pembaca kebingungan mengintrepretasikan naskah yang sudah dibuat. Perlu kecerdikan dan keterampilan menulis dan berbahasa jadi kunci sukses bagi blogger jaman sekarang. Tidak bisa ditawar lagi. Harus rajin belajar dan terus mengasah ilmu.

Selanjutnya kami dikejutkan dengan persiapan kunjungan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek yang menyempatkan waktu bertemu dengan blogger di Pontianak. Ini adalah satu-satunya kota dimana Menkes datang di acara Temu Blogger Kesehatan. Kamipun diberi kesempatan untuk bertanya berbagai macam masalah kesehatan yang di hadapi Indonesia. Kita perlu bangga bahwa kesadaran akan perilaku hidup sehat di Indonesia sudah naik lebih dari 60%. Tidak merokok, cukup olahraga dan gunakan jamban merupakan jalan untuk menuju hidup sehat, sudah menerapkan?

Temu Blogger Kesehatan
Menu Makan Siang di Hotel Harris Pontianak
Temu Blogger Kesehatan
Menu Makan Siang di Hotel Harris Pontianak
Temu Blogger Kesehatan
Menu Makan Siang di Hotel Harris Pontianak

Setelah itu semua kegiatan ini ditutup dengan makan siang yang lezat dari Hotel Harris. Semua berjejer rapi dan berbaris bahagia menunggu giliran mengambil makanan pembuka, utama dan penutup. Sisanya menyelesaikan dengan sholat terlebih dahulu. Keakraban ini terus terjalin seru sembari berbincang antar blogger kesehatan.

 

Mata Sehat Investasi Bangsa

Mata merupakan salah satu indra penting bagi manusia untuk dapat terus produktif dan beraktifitas untuk pemenuhan kehidupannya. Ada dr Aldiana Halim, drg Oscar Primadhi dan Hari Agung Tjahyadi, MKes yang memberikan materi tentang kesehatan mata dana pa saja yang sudah dilakukan pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dalam menanggulangi masalah kesehatan mata.

Temu Blogger Kesehatan
Data Masyarakat dengan penyakit Mata di Kalimantan Barat
Temu Blogger Kesehatan
Paradigma Sehat 2017

Dalam kegiatan ini pula dipaparkan bahwa masalah katarak masih menjadi masalah utama dari masyarakat Kalimantan Barat. Dari data yang disajikan terlihat Pemerintah berusaha memberikan penanganan dengan operasi katarak gratis sampai ke daerah terpencil. Tidak hanya menjemput bola, pemerintah juga mengajarkan bahwa penyakit mata dapat dideteksi dini jika masyarakat rajin memeriksakan diri ke puskesmas atau petugas kesehatan. Masyarakat harus ikut berperan serta dalam memperhatikan kesehatannya.

Temu Blogger Kesehatan
Fokus Kegiatan Kesehatan tahun 2017
Temu Blogger Kesehatan
Gerakan Menyukseskan Hidup Sehat

Selain itu pemerintah juga fokus melakukan beberapa hal seperti peningkatan edukasi untuk hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini pencgahan penyakit, persediaan pangan sehat dan persepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat, dan peningkatan aktifitas fisik. Masyarakat diminta untuk mendukung semua program ini dengan makan makanan sehat, cukup berolahraga dan tidak lupa memeriksakan kesehatan fisik secara berkala walau tidak sedang sakit

Temu Blogger Kesehatan
Sehat dimulai dari diri kita sendiri

Blogger Kesehatan, Agen Perubahan

Sebagai blogger, tentu saya sangat bahagia bisa ikut serta dalam kegiatan edukasi kepada masyarakat lewat dunia digital. Semoga informasi yang dibagikan bisa berguna bagi kemajuan kesehatan Indonesia. Kedepannya, temu blogger seperti ini dapat terus berlanjut sehingga taraf hidup sehat masyarakat Indonesia tetap baik dan optimal. Ayo sehat dan jaga terus. Sehat itu berasal dari perilaku kita.

 

 

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

2 thoughts on “Temu Blogger Kesehatan “Mata Sehat Investasi Bangsa”

    Teguh Hariyadi

    (October 16, 2017 - 10:57 am)

    bener banget mas, sebagi blogger kita harus memberikan edukasi bagi para pembaca agar bisa hidup lebih sehat 🙂

    Mugniar

    (October 18, 2017 - 12:04 pm)

    Kayaknya katarak masih masalah besar di Indonesia, deh. Di Makassar saja, sering diadakan operasi katarak gratis dari macam-macam institusi. Wuih keren ya bisa ketemu bu menteri. Acara seperti ini kayaknya belum terselenggara di kota saya. Kapan ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *