USB OTG SanDisk, Solusi Penyimpanan Data Cadangan

Pernahkan melewatkan kesempatan memotret momen penting yang takkan terulang lagi gara gara memori ponsel penuh? Saya pernah! Dongkolnya sampai ke ubun-ubun dan rasanya seperti tak Ikhlas untuk memaafkan kebodohan sendiri. Kesibukan yang terkadang menyita waktu membuat kita lupa memindahkan data yang menumpuk dari ponsel ke laptop lalu ke harddisk eksternal. Bukan tanpa alasan, kerepotan mencolok kabel kesana kemari membuat malas dan akhirnya terlupa.

USB OTG SanDisk, Solusi Penyimpanan Data Cadangan
USB OTG SanDisk, Solusi Penyimpanan Data Cadangan

Jika hanya sekedar even yang ada di sekitar kota tempat tinggal, mungkin masih bisa mengandalkan laptop, hardisk eksternal atau ekstra memory card jika slot tersedia di ponsel. Tapi bagaimana kalau kejadian itu berlangsung saat traveling dalam jangka waktu yang panjang dan lama? Saya sudah pernah membawa semua media penyimpan data tersebut. Tas menjadi berat dan tidak praktis. Harus bongkar, memindahkan, mengatur posisi barang kembali kedalam tas dan begitu seterusnya sepanjang waktu. Sungguh merepotkan.

Survey Terbaru Western Digital Corp

Western Digital baru saja melakukan Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone. dari sana ada beberapa kesimpulan yang penting diketahui bersama. 93% (termasuk saya) menggunakan fitur kamera di ponsel untuk aktifitas mengambil gambar dan 63% mengambil video. Sementara memori yang biasa digunakan oleh mayoritas orang Indonesia sebesar 16-32 GB. Alhasil, ini tidak akan cukup digabungkan dengan penyimpanan lain seperti aplikasi, musik dan data lainnya tentu ini menyebabkan saya, kamu dan kita semua butuh media penyimpanan lebih. Lebih buruk lagi, 67% pernah kehilangan data di smartphone karena harus menghapus data untuk menghemat memori (51%). Bisa juga karena smartphone rusak dan harus install ulang (22%) sampai dengan virus (18%) bahkan tidak sengaja terhapus sehingga data hilang (21%). Tapi kabar baiknya, 80% sudah sadar pentingnya untuk mencadangkan data namun hanya sepertiganya saja yang rutin setiap bulan melakukan back-up

Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.
Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Dari data yang didapat dari survei Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survei maka kita perlu cadangan memori terutama pengguna smartphone yang suka jalan dan makan seperti saya.

Smartphone Sahabat Perjalanan

Sebagai pengguna smartphone aktif, saya banyak mengandalkan alat ini untuk menjadi sahabat saat traveling. Sebenarnya karena lebih ke unsur simpel dan praktis. Sudah hampir dua tahun terakhir ini suka yang ringkas dan ringan. Tak banyak memakan tempat dan gampang digunakan. Smartphone sudah mampu menggantikan mirrorless untuk perjalanan simpel dan tipis-tipis. Lumayan untuk pengambilan gambar buat blog dan media sosial. Ini ada beberapa alasan, mengapa memilih smartphone sebagai teman jalan

Terintergrasi dengan Sosial Media, Blog dan Youtube.

Saya bukan tukang pamer, tapi senang saja untuk berbagi kebahagian dan bercerita tentang perjalanan. Siapa tahu memang ada yang butuh informasi. Zaman sekarang, hampir rata-rata traveler suka sharing pengalaman ke sosial media atau blog untuk memenuhi keingintahuan pengikut sekaligus menjadi diari elektronik. Sekalian juga untuk merekam video yang akan diunggah ke youtube. Beberapa traveler cerdas, sosial media adalah alat komunikasi dengan teman dan keluarga, sekaligus sebagai ladang penghasilan. Saya sendiri menggunakan sosial media, blog, atau YouTube untuk menghasilkan uang dan membiayai traveling lewat beberapa produk yang menyisipkan pesan disetiap postingan.

Alternatif Kamera yang Lebih Praktis

Kamera sangat dibutuhkan bagi traveler yang aktif di sosial media, bahkan yang bukan pengguna sosial media pun pasti ingin mengambil foto atau video sebagai kenang-kenangan dari perjalanan mereka.

Tidak heran jika, jepret-jepret foto adalah hal mutlak bagi traveler. Salah satu fungsi smartphone yang bisa diandalkan adalah kameranya yang sudah cukup mumpuni. Sudah terintegrasi sehingga lebih praktis dan jika dibandingkan dengan kamera digital, tentu harganya lebih murah. Apalagi smartphone sudah dilengkapi foto/video editor yang bisa menggantikan peran laptop. Tidak heran, semua foto atau video yang sudah diambil bisa langsung diolah dan diberi sentuhan ajaib sebelum dipamerkan ke sosial media.

Penyimpan Berbagai Macam Media

Setelah ratusan foto dan puluhan video diambil tentu membutuhkan media penyimpanan. Bagi saya yang sering melakukan perjalanan panjang tentu memori camera saja tidak cukup butuh tambahan memori lainnya. Bahkan itupun tidak cukup karena gambar dan video yang diambil begitu banyak. Sayang rasanya melewatkan berbagai momen apik yang ditemui selama perjalanan. Dulu saya harus bolak balik mengganti memori dan menukarnya dengan yang kosong jika sudah penuh. Sungguh tak praktis karena harus mengeluarmasukkan bagian slot kartu memori. terkadang smarphone malah tak mau bekerja karena kesalahan sistem. Untung saya sudah punya solusi dengan OTG

Berkenalan dengan USB OTG

Tentu saja, handphone saya sudah mendukung perangkat OTG. Lalu apa sebenarnya teknologi ini? USB On-The-Go (OTG) adalah perangkat yang memungkinkan pengguna handphone untuk membaca data tanpa memerlukan PC atau laptop. Ia berbentuk seperti sambungan atau kabel yang memiliki dua ujung. Ujung yang pertama dapat tersambung ke handphone, ujung yang lain bisa disambungkan dengan flashdisk. Jadi penggunaannya tinggal dicolokkan saja ke lubang Usb yang biasa digunakan untuk menusuk kabel pengisi daya.

USB On-The-Go (OTG) Baru milik saya yang dibeli di Shopee
USB On-The-Go (OTG) Baru milik saya yang dibeli di Shopee

Semenjak itu jadilah saya kemana mana mengandalkan kabel berkepala dua sepanjang 10cm an ini kemana-mana. Tapi masalah baru muncul kembali, saya selalu lupa menyelipkannya dimana. Sering tak menemukan dalam tas karena tersembunyi atau bahkan tertinggal, membuat koleksi kabel OTG ini semakin banyak dan mubazir. Semakin lama rasanya semakin merepotkan. membawa dua jenis barang, Kabel OTG dan Flash disk. Apakah tidak ada alat yang sekalian jadi satu?

Dulu saya masih menggunakan kabel OTG yang menghubungkan flashdisk dan smartphone tapi sekarang sudah lebih praktis, ada flashdisk yang sudah memiliki “colokan” OTG. Kemampuan ini merupakan salah satu fitur pada smartphone yang mempunyai suatu kemampuan untuk membaca perangkat flashdisk melalui port USB OTG (Universal Serial BUS).

OTG Flashdisk Sahabat Smartphone

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti smartphone yang kita gunakan sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Sehingga memiliki dual fungsi yang bisa diberdayakan. Dengan perkembangan smartphone yang luar biasa, rata-rata sudah mendukung perangkat flashdisk yang sudah mempunyai dua sisi konektor yang berbeda.

Kemudahan seperti ini membuat saya bisa menyimpan seluruh data ke dalam flashdisk dan saat nanti kembali, tinggal dipindahkan kedalam laptop. Semudah itu kerja alat ini. Bahaimana saya tidak kepincut membelinya dan membawanya dalam perjalanan saya. Lalu produk apa yang saya pilih?

USB OTG SanDisk Ultra® Dual Drive m3.0

Sandisk, Kapasitas besar dan berkualitas bagus

Banyak alasan kenapa harus memilih SanDisk, dari pengalaman saya, sayang rasanya jika tidak dibagikan. Sebagai sahabat perjalanan tentu tidak boleh sembarangan memilih USB OTG. Namanya juga memilih teman baik yang menemani setiap waktu selama perjalanan, tidak boleh coba coba. Beberapa alasan ini mungkin menguatkan kalian yang sedang bingung memilih USB OTG. Kalau dalam perjalanan jauh otomatis saya harus punya cadangan memori yang besar, beberapa pilihan kapasitasnya cukup lengkap

Sementara yang saya beli ini adalah Sandisk Ultra Dual 64GB (micro USB). Kebetulan kualitas bagus, ada promo di Official Store SanDisk di Shopee , saya libas saja sekalian. Kenapa juga berkualitas bagus, ini pengalaman saya menggunakan produk Sandisk yang lain seperti memory card untuk kamera digital dan flashdisk. Sudah lebih dari 3 tahun dan masih bertahan pemakaiannya hingga kini. Semoga USB OTG nya juga awet.

Berlari Kencang,  transfer dari Drive ke Smartphone dan Komputer

Semua orang butuh cepat, sampai sampai transfer data juga butuh cepat. Apalagi kalau sedang dalam perjalanan. rasanya harus segera dipindahkan supaya momen lain bisa terkejar untuk dipotret menggunakan ponsel. Untungnya Transfer dari flash drive dual ke port komputer maupun ponsel sudah mendukung USB 3.0 sehingga memiliki kecepatan hingga 130MB/s. 1MB = 1.000.000 byte. Jadi bisa lebih cepat 4-10x dari USB OTGbiasa atau yang seri 2.0. Kecepatan seperti ini memungkinkan untuk memindahkan seluruh film, buku audio, atau perpustakaan musik hanya dalam hitungan detik. Dan yang membantu membuat smartphone Android on-the-go anda ke perangkat hiburan serta kamera favorit Anda.

Kapasitas hingga 128GB

Menawarkan hingga 128GB Penyimpanan pengguna yang sebenarnya kurang. Penyimpanan, flashdisk OTG SanDisk USB 3.0 memberikan Anda lebih dari kapasitas yang cukup untuk foto atau musik perpustakaan digital besar dan banyak ruang untuk bergerak. Boleh mengambil video lebih banyak menggunakan ponsel. Kamu masih memiliki ruang lega untuk menangkap apa yang terjadi hari ini.

  • Sandisk Ultra Dual 32GB (micro USB)
  • Sandisk Ultra Dual 64GB (micro USB)
  • Sandisk Ultra Dual 128GB (micro USB)
  • Sandisk Ultra Dual 16GB (Type-C)
  • Sandisk Ultra Dual 32GB (Type-C)
  • Sandisk Ultra Dual 64GB (Type-C)

Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan, dulu saya pernah melakukan perjalanan kurang lebih 1 bulan dan berhasil membuat penuh USB OTG 64 GB 1 buah dan flashdisk 128 GB sebanyak 2 buah untuk video dab foto yang diambil selama perjalanan.

SanDisk Sudah ada Aplikasi

Unduh aplikasi SanDisk Memory Zona dari Google play store dan bisa digunakan untuk memantau memori yang tersedia. Aplikasi SanDisk Memory Zona dapat dengan efisien mengelola, mengatur, dan cadangan file yang tersimpan di smartphone Android sehingga kita bisa memantau perkiraan ketersediaan memri dan dapat segera memindahkan jika diperkirakan akan penuh

Langsung “ON” saat Terkoneksi

Tidak perlu install aplikasi tambahan untuk mnggunakan USB OTG ini. Flashdisk OTG Sandisk bersifat “plug and play” flash drive otg secara otomatis terdeteksi ketika terhubung ke sebuah smartphone Android OTG atau tablet. Langsung bisa digunakan saat pertama kali dibeli. Langsung tancap, langsung digunakan.

Garansi dan Kompatibilitas SanDisk

Garansi adalah hal paling penting saat membeli alat elektronik. Pelayanan purna jual Sandisk Flashdrive OTG memberikan garansi lima tahun untuk pemakaiannya. Tapi ingat, harus membeli produk asli ya. Mengapa harus yang asli? klaim garansi akan lebih mudah, karena SanDisk Indonesia memiliki 4 distributor resmi yang sudah terkenal di dunia komputer/mobile/kamera dan didukung oleh SanDisk Indonesia. Jika membeli, pastikan ada Stiker Garansi Distributor Resmi (Astrindo/Datascrip/Indotelekomunikasi Cemerlang/Metro Data) untuk memudahkan proses klaim.

Stiker Garansi SanDisk ada di jari telunjuk saya, DataScript
Stiker Garansi SanDisk ada di jari telunjuk saya, DataScrip

Flashdisk OTG SanDisk Ultra Ganda Drive USB 3.0 juga kompatibel dan bekerja langsung dengan PC dan komputer Mac yang menjalankan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS 10.6. Tak ada masalah bearti pula untuk segala merk smartphone yang sudah mendukung USB OTG.

SanDisk USB OTG Pilihan Saya

Tak berlebihan jika saya merekomendasikan Sandisk sebagai cadangan penyimpanan data, tak hanya OTG USB, penggunaan Flashdisk dan Memory cardnya juga patut diaplikasikan. Dukungan kecepatan, kompatibilitas, kapasitas, aplikasi dan garansi membuat merek SanDisk jadi primadona cadangan memori.

SanDisk USB OTG Pilihan Saya
SanDisk USB OTG Pilihan Saya

Saya sudah berbagi pengalaman, kamu juga bisa melakukannya di media sosial facebook atau instagram dengan hastag #DibuangSayang dan #SanDiskAPAC

SanDisk USB OTG Sahabat ponsel, Sahabat Kamera, Sahabat Komputer, Sahabat Anda, Sahabat Saya dan Sahabat Kita Semua.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *